Ikutan Lomba Lari 10K Festival Pesisir Pantai Panjang Bengkulu

BENGKULU RUN 10K bulan Maret 2017
Minggu lalu (19/11) aku ikutan lomba lari 10K lagi. Kali ini agak berbeda dengan event lari 10K sport center (SC) pantai panjang, event Maret lalu rutenya melewati BIM dan daerah penurunan. Kali ini lebih menyusuri pesisir, jadi setelah start dari SC, peserta berlari kearah yang berbeda yaitu ke arah Anggut. Kemudian melewati simpang lima dan suprapto sampai ke SMP7, lalu baru berbelok ke pantai, sehingga kalau dihitung-hitung lebih banyak lari di pantainya. Sebelumnya larinya hanya sampai benteng malborough.
Maret lalu, dari rute dan kategori lombanya. Meskipun startnya sama-sama dari

Katergorinya juga lebih sedikit, hanya kategori putra nasional dan daerah, sedangkan kategori putri nasional dan daerah juga. Meskipun kata panitia pesertanya 607 orang, pagi itu mungkin hanya ada 200 kurang. Berbeda dengan bulan maret lalu, pesertanya ramai bukan hanya pelari profesional yang serius-serius memecahkan rekor, tapi pelari amatir sepertiku juga banyak. Belum lagi ada banyak pelajar dari berbagai sekolah memperebutkan juara untuk kategori pelajar.

Aku mendengar adanya event ini dari teman yang mengikuti komunitas lari Bengkulu. Langsung deh daftar, biar termotivasi buat olahraga lagi. Habisnya, setelah KKN berat badanku sudah naik lagi, jadi malas olahraga tuh. Kalau kata dwiki, "kemalasan sudah beranak pinak" haha. Padahal pas maret lalu, saat persiapan saja total lariku sampai 40K lho!

Sayangnya untuk persiapan event ini, aku tidak punya waktu untuk berlatih. Habisnya waktunya pas sekali saat modul EBM, mau tidur saja nggak sempat, sibuk baca jurnal. Cuma dapat 1 kali lari seminggu. Itu juga ngos-ngosan! Haha


Meskipun begitu, untuk event ini aku bersemangat karena ada 2 orang teman sekelasku yang ikut lari juga! Mereka belum pernah ikut event seperti ini, lari sejauh itu juga belum. Ingin menantang diri sendiri. Jadilah kami ber-4 berjanji untuk berlari bersama. Rencananya sih lari santai, tapi aku agak pesimis sampai finish tepat waktu kalau caranya begitu haha.

Hari-H! HUJAN DERAS 

Subuh-subuh terbangun, hujan deras sekali, membuatku hampir menarik kembali selimut. Dari ruang tengah aku sudah ditanya oleh Mama, jadi nggak larinya? Duh batal dong kalau begini caranya? Di Line teman-teman juga kebingungan. Padahal sudah semangat, eh hujan. Padahal startnya dari jam 6 pagi, kalau begini gimana dong?

Amatiran yang ikut-ikutan lomba :D

Untungnya mendekati jam enam, hujannya mulai reda. Dan akhirnya kami jadi berangkat. Sesampainya di SC, aku terkejut melihat jumlah pelarinya yang amat sedikit. Juga semua kelihatan serius, meskipun dibawah guyuran hujan rintik-rintik yang tersisa. Padahal maret lalu ada banyak ibu-ibu yang ikutan (maksudnya nyari yang kecepatan larinya sama hehe). Start dilakukan tak lama kemudian, oleh plt Gubernur Bengkulu. Aku dan dua orang temanku (yang baru pertama kali ikut event lari), start belakangan bersama anak-anak SMP. Baru 100 meter dari garis start, hujan deras kembali turun sehingga aku memutuskan untuk neduh haha. Kocak kan? kami bertiga juga sempat-sempatnya kembali ke mobil dulu untuk menaruh handphone (takut basah) baru melanjutkan lari. Duh terlambat sekali. Aku dan 1 temanku terus lari sementara temanku yang satu lagi memutuskan untuk jalan biasa saja.

Saat berlari, kami hanya bisa menyalip anak-anak SMP saja. Di suprapto juga tidak kelihatan peserta lain kecuali anak-anak SMP yang jalan santai. Tiba-tiba ada yang berlari dibelakang kami, seorang anak SMA dari Seluma. Dia memberitahu kalau dia juga sudah ketinggalan jauh dari teman-temannya.

Karena tidak kelihatan panitia di arah manapun (satu lagi perbedaan dari event sebelumnya, yang memantau rute lari peserta dan mendokumentasi tidak ada. Atau mungkin kami yang terlalu lambat?) aku jadi pesimis untuk meneruskan perlombaan. Yang penting lari! Akhirnya aku mengambil inisiatif untuk memotong jalur lari, yang seharusnya berbelok ke SMP 7, aku mengajak temanku dan anak SMA tadi untuk berbelok ke arah kebun geran, lalu ke arah berkas, dan berakhir di pantai. Barulah kami bertemu dengan para pelari lainnya disana! Haha. Kami memotong sekitar 3K ketika sampai ke finish.

Ini rute lari buatan kami yang terekam di aplikasi Endomondo yang kuaktifkan saat lari

 Lucunya, karena memotong jalur, aku tidak tahu kalau ternyata dibeberapa checkpoint panitia memberi pita. Pantas tidak ada yang memantau di 4 kilo pertama! Saat aku dan tim potong jalur sampai di pantai, kami hanya melewati pos pita hijau! Meskipun ditawari, kami akhirnya tidak mengambil pita itu.

Ternyata dari kami ber4, hanya aku dan temanku yang lari sampai 7k. Satu temanku yang sudah berlari lebih dahulu ternyata finish dibonceng motor (aku tidak tahu ceritanya kenapa sampai begitu) sedangkan temanku yang terpaksa ditinggal karena terlalu lama larinya, dia malah putar balik sebelum sampai simpang lima, haha. Yah apa boleh buat. Tahu batas masing-masing lah, jangan sampai cidera! Aku dan temanku sebenarnya menyesal karena sudah memotong jalur, tapi kalau kami lanjutkan dengan jalur awal, pasti finsihnya terlambat banget.

tim FKIK! gatot ya kita di event ini!

Pemenang lomba lari kategori nasional putra dari Sumatera Utara finish dengan waktu 33,24 menit. Yang kategori putri finishnya 42,31 menit. Wuah, kami yang cuma 7 kilo saja 1 jam lebih 7 menit! Haha. Selamat buat para pemenang! 

Asiknya event kali ini, para peserta diminta mengumpulkan nomor dada yang kami pakai (makanya di foto sebelumnya kami sudah tidak pakai nomor lagi). Jadi setelah pembagian hadiah pada para pemenang di tenda utama Festival Pesisir Bengkulu, ada pengundian doorprize untuk 50 orang! 25 putri dan 25 putra!

Sambil menunggu pengunguman, kulihat-lihat peserta putrinya tidak begitu banyak. Mungkin hanya 50 orang, soalnya anak-anak SMP yang ikut lari juga tidak punya nomor lari. Wah, besar dong peluang buat dapat hadiah hiburan?

Benar saja, tak lama kemudian aku dan seorang temanku dipanggil untuk maju kedepan! Wah lucky! Anak SMA yang lari bersamaku juga ternyata naik keatas panggung! Lumayanlah, meskipun pulang tidak dengan rekor baru, tapi ada hadiah hiburan!

Secara keseluruhan, meskipun agak berantakan karena hujan deras acaranya berjalan lancar. Sebelum ditutup, penyelenggara acara mengingatkan bahwa tanggal 3 Desember nanti akan ada acara serupa dengan hadiah yang lebih besar! Wuah, ikut lagi dong!? Siapa tahu ada hadiah hiburannya lagi, kan? Hihi. Sekaligus menambah catatan lariku untuk tahun ini. Sampai saat ini, aku baru sampai pada 75k. Masih 25k lagi agar genap 100k selama 2017!


Sampai jumpa di event lari berikutnya!!

4 comments

  1. Replies
    1. thanks can :D

      P.S : namanya amb sensor ajo yo can hehe, biar di DJ11 ajo yang ado namo anak2 BEYOND hehe

      Delete
  2. Mantap, inget dulu ikut kompetisi waktu SD lari 5k juara 3 hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat banget mas, ikut lagi dong yang 10k

      Delete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.