Kisahnya Gita | Review Buku Youtuber Indonesia di Jerman


Pertama kali kenal yang namanya Gita Savitri Devi, itu pas lihat vlog temannya dan diayang sedang mengunggu boyband yang akan tampil di jalanan Jerman. Memoriku tentang video itu sudah banyak terhapus, tapi aku nggak lupa dengan wajah mbak-mbak cantik yang ada di vlog tersebut. Akhirnya aku berakhir di laman youtubenya dia, dan mengetahui bahwa Gita adalah orang Indonesia yang sedang kuliah di Jerman. Wae, keren banget la. Aku kala itu hanya mensubscribe channel youtube orang luar negeri (karena waktu itu dari segi konten dan kamera masih menang banyak youtuber luar, dan pada saat itu juga belum banyak orang Indonesia yang ngeh dengan istilah youtuber) langsung subscribe channelnya Kak Gita :D

Entah itu dari tahun berapa, pokoknya sampai sekarang masih terus nonton videonya kak Gita meskipun nggak setiap notif langsung komen pertamax hehe. Terakhir kali kutonton sebelum berangkat KKN di pulau, aku lihat dia pulang ke Indonesia. Waee, pengen dong ketemu sama kak Gita, tapi apalah daya anak dari provinsi terpencil sepertiku. Setelah pulang KKN, ada kabar bahwa kak Gita menerbitkan buku pertamanya. Tanpa pikir panjang, aku langsung ikut pre-order. Biarin deh nggak bisa ikut talkshow bukunya, pegang bukunya dan liat ada tulisan tangan kak Gita aja sudah membuatku merasa dekat dengan orang-orang yang kukagumi.

Cah, pembukaannya panjang amat ya?

Oh ya, satu lagi sebelum masuk ke review bukunya, PO buku ini dibuka setelah bukunya di launching, bahkan setelah bukunya masuk ke beberapa toko buku (aku lihat dari instagram penerbitnya), tidak seperti buku-buku pre-order dari penulis lainnya yang membuat para pemesan pre-order mendapat kesempatan lebih dulu untuk membaca bukunya terlebih dahulu dan memberikan review. Mungkin, karena jadwal kak Gita yang begitu ketat sehingga mepet waktunya. Tidak tahu deh. Meskipun begitu, belum banyak yang membocorkan eh mereview tentang apa sih buku ini. Apa mungkin karena aku kurang banyak mencari, atau tidak baca caption dengan sungguh-sungguh, jadi setiap orang yang bertanya "buku apa yang kau pesan tu fir?" aku jawab tidak tahu. Kubeli karena youtuber favoritku buat buku, kubilang.

IMG_20170917_153059_010.jpg
Daan, buku yang di pre-orderin tanggal 12 lalu akhirnya datang juga :D

Tidak memerlukan waktu lama untuk melahap buku ini. Gaya bahasanya asik, ringan dan gaul. Tapi isinya padat dengan pemikiran-pemikiran Gita. Ini termasuk salah-satu buku yang sepertinya akan kubaca berulang-ulang. Dari kisahnya sebelum kuliah di Jerman, suka duka yang terjadi sebelum gita menjadi Gita yang kita kenal sebagai youtuber + influencer, juga opini-opininya yang lugas dan to the point. Ada banyak pengalaman yang bisa kita petik jadi motivasi diri, seperti yang sedang kualami sekarang. Bosan kuliah, bosan muter muter kota, bukan, provinsi yang (mungkin) tingkat stress-nya paling rendah se-Sumatera karena disini semua berjalan lambat dan terkesan tak-kan-pernah-bisa-menjadi-kota-maju. Belum lagi angan-angan untuk sekolah diluar negeri muncul kembali, padahal lulus s.ked saja belum.

Tapi kemudian dengan baca bukunya kak Gita, aku jadi bisa berpikir ulang dengan kepala yang lebih dingin. Semua itu ada prosesnya. Why can't I just get what I want? judul bab yang satu ini bikin aku membuka mata, mungkin selama ini dibutakan dengan perjalanan orang lain yang terlihat mulus-mulus saja tanpa halangan, melihat orang lain sudah mulai lulus dari kuliah masing-masing dan mulai menghasilkan yang, melihat orang lain dapat kesempatan belajar diluar negeri, tanpa berpikir bahwa seharusnya ikhlas dan berprasangka baik dengan Allah. Dibalik senyuman dan kehidupan Gita yang kelihatan asyik di channel youtubenya, itu semua merupakan hasil kerja keras dia, hasil trial and errornya, perjuangannya. Tidak percaya? baca sendiri bukunya Rentang Kisah :D.
Whatever that may come, you and I just need to do well, be nice to ourselves, to people around us. Because we are given only once chance. We only live once.
The key to live a happy life is to always be grateful and don't forget the magic word: ikhlas, ikhlas, ikhlas - Rentang Kisah hlm. 160, Gita Savitri Devi.

Bisa dibilang ini adalah review tercepat yang aku buat lho, dari bukunya diantarkan pak pos jam 2 siang, lalu setengah 5 sudah selesai saja tulisan blognya. Bukunya memang worth it sekali dibaca, terutama untuk orang-orang yang menurut CDC umurnya sudah dewasa, tapi masih belum ingin menerima kenyataan bahwa dia sudah harus dewasa. Siapa tahu buku ini bisa membantumu berpikir, merenung, dan dapat mengambil keputusan dengan lebih bijaksana.



P. S : setelah dicari di google dengan kata kunci review buku rentang kisah Gita Savitri Devi, ternyata sudah lumayan banyak reviewnya. Salut deh sama Kak Gita :D

Semoga makin banyak yang beli bukunya ya kak :D terima kasih sudah banyak menginspirasi kami.
Baca blog kak Gita di http://gitasavitri.blogspot.co.id/

 IMG_20170917_163053_549.jpg

Pernah diposting di blog Diatas Jam 11 www.firafirdaus.wordpress.com

No comments

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.