Ongniel is BEAUTIFUL | MV Review Beautiful Album Nothing Without You




Sudah nonton MV terbaru Wanna One? Yang Movie ver.?
Judulnya Beautiful, dari album 1-1=0 Nothing Without You 

Kalau belum, nonton dulu sana! Baru balik lagi kesini untuk review MV-nya sama aku hehe. 

Di comeback kali ini, WannaOne kembali dengan konsep yang berbeda daripada lagu debut mereka, Energetic. Mulai dari konsep film dengan alur cerita, casting little wanna one, lagu yang lebih mellow yang dilengkapi dengan modern dance yang sesuai dengan lagu. 
Mulai dari mana nih? Dari little WannaOne dong. Setelah casting dan audisi yang cuplikannya disiarkan di variety Wanna One Go Season 2 Zero Base, terpilihlah 11 anak yang tidak hanya mirip dengan member Wanna One tapi juga bertalenta. Kesebelas anak-anak tersebut ambil bagian di story filmnya, ada yang memerankan para member yang masih kecil dengan latar belakang anak-anak panti asuhan, ada juga yang memerankan jadi Ong kecil yang terpisah dari Daniel. Sayangnya dari 11 anak ini, little Minhyun mendapatkan bagian paling sedikit dan hanya sekilas saja terlihat, bahkan tidak ada dalam foto bersama anak-anak panti lainnya (daniel + 8 member lainnya). Ada yang bilang, little minhyunnya diadopsi jadi tidak menghabiskan waktu tumbuh dewasa bersama member lain. 

Anak panti asuhan (little wanna one dan wanna one)



Dari 11 anak itu, ada beberapa yang wajahnya tidak asing lagi karena cut audisinya disiarkan oleh mnet. Seperti little Jihoon dan little minhyun yang wajahnya sangat sangat mirip dengan minhyun dan Jihoon yang asli, little jaehwan dan little daehwi yang meskipun tidak begitu mirip tapi perilakunya mirip (yang little jaehwan pas audisi dari masuk aja sudah bikin member Wanna one ketawa-tawa karena cara berjalannya mirip dengan Jaehwan asli, mana pas disuruh akting malah kayak ngajak berantem Jisung haha!) 

Kalau yang jadi Little Daniel, meskipun pas di Zero Base aku nggak ngeh kalau mirip Daniel, tapi kemampuan aktingnya bisa dibilang yang paling mantap. Dia membawakan satu bait surat pada Ayah sambil menangis, membuat Daehwi juga ikut nangis!

Satu lagi yang paling keren itu little Woojin. Anak ini jauh-jauh dari Jepang untuk ikut audisi sekalian ketemu dengan biasnya yaitu Woojin. Sousuke (Cuma yang ini aku ingat namanya hehe) bisa menarikan lagu Nayana dengan lancar, juga saat diminta duet menari dengan Woojin lagu Energetic. Widih. Ditambah lagi pas ditanya Minhyun, “apa mimpi Sousuke?” dianya jawab mau dance bareng Wanna One. Langsung dikabulkan deh, jadi center pula!

Karena kepandaiannya dance itulah, akhirnya dia juga dapat shoot khusus di VCR Wanna One. Sayangnya yang jadi tokoh utama bukan Woojin, jadi si Sousuke di movie ver hanya sebagai figuran saja, bermain bola dengan little Wanna One lainnya di lapangan.

Lanjut ke.. Review MV-nya?

Sebelum MV-nya keluar, dua hari sebelumnya CJ&EM ent merilis prolog dulu di akun youtubenya. Prolog yang mengagetkan karena ternyata ceritanya tentang ONG DAN DANIEL YANG MERUPAKAN KAKAK ADIK YANG TERPISAH. Si Ong dan Daniel yang akan pindah rumah sedang bermain dengan bola mereka diatas mobil kompong. Ketika mobil sudah akan berangkat, Daniel kecil turun untuk mengejar bola di turunan. Ong tidak berhasil mengentikan mobil, sehingga ketika mereka kembali, Daniel sudah tersesat dan tidak dapat ditemukan. 

Tanggapan pertamaku saat melihat prolog mv dan teasernya?

..apakah ini sinetron?

Bahkan di sinetron Indonesia, anaknya yang hilang itu pake ditambah hilang ingatan pula (biasanya sih sekalian kecelakaan haha). Nah ini? Si Daniel kecil berjalan sendiri di lingkungan yang seharusnya familier (kan masih didepan rumah lama mereka seharusnya tadi?) kemudian nyasar sampai rel kereta api? How? Sama si bapak pake ditinggal pula. Terpisah deh kakak adik ongniel kita.
Tapi tenang saudara-saudara, di MV akhirnya mereka dipertemukan kembali! Meskipun setelah melewati beberapa drama yang bikin greget (benar-benar ala sinetron) seperti Sungwoon yang menempelkan pengunguman 'mencari Ong' (daniel mencari ong dan ong masih mencari daniel) diatas selebaran yang ditempelkan Ong! Haha. 

Sungwoon biang kerok


Untunglah saat menunggu hujan reda, secara tak sengaja Daniel dan Ong bertemu (karena waktu itu sama-sama lagi bawa selebaran yang ingin dibagikan). Akhirnya si kakak beradik ini dapat bertemu kembali dan menghabiskan waktu-waktu bersama. Si Ong dan Minhyun yang keterima jadi polisi merayakan kelulusan mereka bersama Daniel dan 8 anak panti lainnya. 

ketemu dihari hujan



Konfliknya datang lagi saat Jisung tak sengaja dapat masalah karena menyenggol seorang gangster di biliar. Jihoon yang tidak terima perlakuan gangster terhadap Jisung memukul si gangster (di MV diceritakan bahwa Jihoon adalah seorang petinju). Rombongan gangster malah terpicu rasa marahnya dan mengejar anak-anak panti yang melarikan diri. 


I'm 19, you fight me? - quote terkenal Jihoon setelah catchphrase cutenya

Singkat cerita, anak-anak panti akhirnya berkelahi dengan gengster itu. Daniel yang terlambat datang juga terlibat perkelahian (malah lebih beringas daripada Jihoon, yang saat Daniel datang sudah dikeroyok dan luka-luka). Ong datang tak lama kemudian, dengan latar belakang suara sirine polisi. Saat itu dia mungkin sedang tidak bertugas, dan agar anak-anak panti selamat, dia mengorbankan dirinya untuk ditangkap, sementara yang lain pergi menyelamatkan diri. 



minhyun keren pake seragam haha, sementara yang lainnya jadi anak jalanan semua

Pada saat menonton bagian ini aku jadi : whaaat?
 
Kenapa Ong tidak ikutan lari saja? Lalu kenapa Daniel malah datang ke kantor polisi setelah Ong ditangkap? Ingin menyerahkan diri? Too late Dan. Ong setelah dikeluarkan (Daniel menjual motor barunya untuk membayar uang damai ke gengster tersebut) dari kepolisian diceritakan menjadi kuli bangunan. Sementara itu live goes on bagi anak-anak panti, mereka menghadapi masalah baru dimana Jihoon yang seharusnya ikut kejuaraan tapi cidera. Daniel akhirnya menggantikan Jihoon ikut kejuaraan. Disaat Daniel bertanding, Ong tidak hadir, sibuk bekerja di konstruksi bangunan. Ending yang diceritakan disini menggantung sekali, karena Daniel sedang terbaring K.O setelah dihajar lawannya, sedangkan Ong JATUH DARI ENTAH LANTAI BERAPA, MELAYANG DIUDARA. Mesti pakai capslock, karena sampai sekarang aku masih tidak terima karakter Cha Seung Woo dimatikan dalam MV ini. 



Jalur ceritanya agak membingungkan, terlalu sinetron dan memiliki ending yang tidak dapat diterima oleh banyak wannable (meskipun tidak digambarkan mati, saat fansigning Ong berkata pada fans bahwa karakternya mati di MV). Banyak wannable yang protes ke sutradaranya, sampai-sampai sutradaranya minta maaf dan memprivate akun instagramnya (karena terlalu banyak komentar negatif). 

Aku juga pengen protes karena.. jangankan little wanna one, member wannaone sendiri saja banyak yang tidak dapat screentime. Sudah susah-susah dicasting cuma muncul di prolog. Sudah susah-susah masuk wannaone, eh cuma ditampilkan 7 detik di MV, haha. Yah maklum sih inikan MV movie ver. Jadi yang dipilih buat tampil pasti member yang punya pengalaman akting. Ong dan Jihoon punya pengalaman ini, karena itu porsi role mereka lebih banyak dari member lain. Kalau Daniel, karena dia center! Padahal kalau dilihat-lihat, Daniel dan Ong itu miripnya dilihat dari manaaaaa ya? Haha

Sebenarnya, kalau didengarkan baik-baik lagunya dan liriknya ditelaah, mvnya jadi cocok. Awal liriknya yaitu lagu bodoh, untuk mencapai langit.. dalam tangis aku berdoa sepanjang malam, untuk mencapai hatimu. Kalau diresapi, mungkin maknanya "ingin menyampaikan lagu untuk seseorang yang dirindukan, yang ada dilangit?" untuk orang yang sudah meninggal? Dalam lirik lagu tidak disebut untuk siapa lagu itu diberikan, perempuan atau laki-laki. Hanya mendeskripsikan bahwa 'you' yang dimaksud sungguh beautiful. Beautiful kan tidak terbatas pada perempuan, kan? Di MV kan dikisahkan si adek, Daniel merindukan saudaranya yang terpisah, yang kemudian meskipun telah bertemu harus kembali berpisah karena Ong meninggal.

Hmm, make sense.

Ada orang korea yang bikin teori tentang wanna one di youtube. Teorinya Ong tidak mati, karena di Energetic Ong ada (lagu beautiful adalah repackage tapi ceritanya prequel album sebelumnya).

Selama mendalami arti ini, aku juga menemukan beberapa jawaban atas pertanyaanku tentang MV ini. Pertama, diaman little minhyun? Di foto 8 anak panti dia tidak ada. Ternyata anak itu ada dimunculkan sedikit saat Daniel pertama kali datang ke panti. Saat di foto tidak ada, bisa jadi sudah diadopsi sebelum mereka dewasa, tapi apakah Minhyun dewasa adalah anak panti juga, itu masih dipertanyakan. Satu lagi, Daniel yang seorang anak panti dan kerja part time hanya menjadi kasir dan tukang bersih-bersih di tempat latihan boxing, bisa beli motor sport?! Yang satu ini ternyata bukan karena dia mengumpulkan uang, tapi Daniel dapat hadiah lotre. Di MV sekilas diperlihatkan dua kakak beradik itu menggosok beberapa kupon. Haha ada-ada saja.

 

Begitulah review MV kali ini. Seharusnya dipostkan 11 hari lalu, tapi karena lagi ujian jadi nggak sempat nulisnya. Semoga bermanfaat ya, wannable! Kalau ada yang salah boleh tolong dikoreksi!  Saat aku tulis ini, wanna one sudah dapat tropi ke-3 untuk lagu comeback ini! Yay! Tetap dukung Wanna One ya!!





No comments

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.