Suara Kreatifitas Muda Bengkulu | Diundang Siaran di RRI Pro 2 FM


Hari Kamis kemarin, ada yang spesial dari jadwal si mahasiswa yang kelamaan libur saya. Diundang Pro 2 RRI untuk jadi narasumber acara "Suara Kreatifitas Muda". Uwoooh, dari namanya aja udah keren, lha sekeren apa sih aku sampai diundang?

Malam sebelumnya, mbak Milda nanya di grup BOBE. Apaan tuh BOBE? Bobe itu Blogger Bengkulu, buat kamu yang belum tahu, ini adalah komunitas kece yang dibentuk pada Juli 2016 lalu. Komunitas ini diikuti oleh berbagai golongan manusia, mulai dari yang memang jurnalis, emak-emak, guru, pegawai asuransi dan lainnya, semuanya boleh ikut dengan syarat punya minat di bidang blog dan punya blog. Kembali ke cerita, mbak Milda tiba-tiba nanyain umur. "Yang dibawah 25 tahun mana suaranyaa!!" gitu. *ga kek gitu juga sih tapi pokoknya jadi muncul orang-orang yang berusia dibawah 25 dan mengaku dibawah 25.

Kemudian aku di pm, dan dibilanglah bahwa dari Pro 2 minta perwakilan BOBE buat jadi narasumber. Aku.. MAU SIH tapi yang lebih senior dan lebih pandai mempromosikan BOBE kan lebih banyak. Mbak Milda sendiri salah satu co-founder komunitas, ada juga mbak Ria Fasha yang mantan penyiar. Aku mah apa atuh, blog yang ini aja belum ada rankingnya di Alexa *curhat*. Tapi karena acaranya juga punya "persyaratan umur" jadilah aku yang ditunjuk.

Iya, ini bukan karena aku yang keren, tapi karena perwakilan, huehehehe.


Akhirnya sampailah di depan gedung RRI Pro 2 FM satu-satunya radio yang menjadikan anak muda sebagai headline (itu taglinenya kalau ga salah, gini-gini aku dengerin radio setiap nebeng mobil abah). Tapi nggak langsung masuk, sebab nunggu Alfa. Dia adalah.. anak BOBE yang tidak pernah kukenal sebelumnya...

*whushhhh*
*backsound angin gitu, karena pas nunggu didepan lobby anginnya lagi kencang kayak mau ujan gitu*

Setelah menunggu beberapa puluh menit, akhirnya Alfa datang juga. Katanya dia naik angkot. Wah angkoters juga rupanya. Kami dipersilahkan masuk dan menunggu jam siarannya bersama dua orang bapak-bapak. Aku mewawancarai Alfa, kok bisa sampai ga keliatan selama ini. Lalu kenapa bisa ikut siaran juga. Alasannya... yah begitulah. Rahasia dong hihi. Yang jelas dia bilang lagi mau naikkan semangatnya buat ngeblog lagi. Yah baguslah. Jangan lupa buat sering-sering ikut acara BOBE ya, kan udah jadi perwakilannya :P

Jam 2, kami dipersilahkan masuk ke ruang siaran dengan Mbak Vidya, pemandu acara ini. Katanya, acara ini berlangsung selama 1 jam, disiarkan langsung ke seluruh Indonesia *uwaaah jadi gugup*. Dalam satu acara, yang disiarkan jam 14.00 setiap Kamis, ada 3 segmen yang diisi oleh 3 daerah. Kali ini Bengkulu, Fak-fak dan Bogor. Karena ada sekitar 60-an stasiun RRI yang punya Pro2, jadi Bengkulu dapat giliran yah kira-kira 3 bulan sekali. Acaranya membahas soal kegiatan anak muda kreatif yang menginspirasi. Setelah memberikan brief singkat, Mbak Vidya keluar dari ruang siaran dan meninggalkan aku dan Alfa dengan 2 orang bapak-bapak pemuda lain yang ternyata juga diundang untuk acara ini.

*Whuush*
Padahal dalam ruangan semi kedap suara, tapi sengaja kukasih backsound karena suasana didalam ternyata lebih dingin dari diluar.

Karena awkward, akhirnya kami ber4 saling memperkenalkan diri. Pembawaan mereka yang serius ternyata karena membawa selempang "duta" di dada. Mereka adalah Adit dan Pasinggih (benar nggak nih namanya). Keduanya dari UNIB juga, tapi beda jurusan.  

Sambil menunggu, narsis dulu :D


Setelah 45 menit menunggu, akhirnya mbak Vidya masuk lagi dan meminta kami stand by. Aku dan Alfa gugup, tapi kami tetap diam saja. Aku mencoba mendengar suara narasumber daerah lain dan buru-buru menulis beberapa hal. Takut lupa ngomongin hal paling penting! Misalnya lupa kalau diundang kesini untuk mewakili Bobe. Ya kali aja kan, yang ditanyain kenapa ngeblog dkk, tapi jawabannya simple kayak mahasiswa lain yang ngeblog. Karena ga ada kertas, aku nulis di halaman paling belakang novel Agatha Christie yang kubawa (kebiasaan buruk emang, wkwk)

Akhirnya tiba juga giliran Bengkulu. Mbak Vidya membawakan acara dengan sangat baik. Yang pertama diberi kesempatan adalah Alfa, kemudian aku. Untung sudah nge-draft tadi, jadi ga sempat gagap lah :D (Apalagi untuk satu orang waktunya cuma 15 menit dibagi ber-4). Mbak Vidya bertanya seputar kegiatan nge-blog, komunitas, adsense dan motivasi. Kepada kedua duta, yang ditanyakan tentu misi dan prestasi yang sudah diraih. Harapan dari acara ini, semoga kami ber-4 bisa menginspirasi anak-anak muda Bengkulu dan juga semua yang sedang mendengarkan pro-2 pada saat itu. Sip lah.

Sebelum jam 2 berakhir, Mbak Vidya  mengakhiri wawancara dengan bertanya apa yang akan dilakukan selanjutnya pada kami ber-4 secara bergiliran. Buatku (yang sekarang posisinya sebagai mahasiswa tingkat akhir), kedepannya akan mencoba lebih giat lagi menulis tentang Bengkulu dan bidang lain yang kusukai. Lebih produktif lagi dalam menulis (dan semoga kedua blog saya terurus, hehe). Setelah mendapatkan jawaban kami, Mbak Vidya akhirnya mengembalikan saluran ke pusat, dan berterima kasih atas kehadiran kami pada hari itu.

Mantaplah, tambah satu lagi pengalaman bicara di radio. Sebelumnya pernah di RRI sekali pas SMP dan sekali lagi di Swara Unib pas kuliah. Dua-duanya karena nerbitin buku. Baru kali ini diundang yang ngomongin komunitas, hehe.

Foto bersama

29 comments

  1. Keren mba fira, moga nanti di undang ke talkshow2 di tv juga. aamiin. hehe

    ReplyDelete
  2. mantab Fir, mbak mewakili kaum 25 tahun ke atas kasi acungan jempol hehe

    ReplyDelete
  3. nice, lebih baik sedikit nfe draft daripada kacau semua. langkah bagus tuh buat yang gampang grogi atau panik.

    ReplyDelete
  4. Ketjeee Fir :) hitung-hitung latihan public speaking ya Fir hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia kekurangan fira, hehe. Ngomong sering nggak jelas.
      Jadi pengalaman berharga lah pokoknya

      Delete
  5. kereennn euy... semangat memotivasi buat anak-anak muda Bengkulu nih

    ReplyDelete
  6. keren.. emang anak muda musti kreatif, salut nih sama mahasiswa kedokteran satu ini, makin tenar aja hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan sesuai dengan eventnya kak. Terima kasih

      Delete
  7. Keren kak.. Makasih lo dah mewakili bobe, semoga anak2 muda bobe makin banyak dikenal karena Prestasi nya

    ReplyDelete
  8. Luar biasalah pokoknya, masih muda sudah bisa menginspirasi banyak orang,,lanjutkan!

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. We Ou We
    Keren tetap semangat Fira..

    Sukses selalu Aamiin

    ReplyDelete
  11. Top markotop! Lanjutkan bakat nyiarnya mbak fira

    ReplyDelete
  12. Nah yang ngaku umur 25 mau ngasih selamat dulu Fira. Semoga makin jaya di udara *ga nyambung biarin 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kita jayanya di internet aja lah mbak, masih jauh kalau mau jadi penyiar hihi

      Delete
  13. Yeey! Cakep. Next time kalo Fira punya buku baru lagi, kayaknya bakal diundang lagi tuh :D

    ReplyDelete
  14. mantap, pengen juga jadi penyiar radio, tapi suara kasar wkwk

    ReplyDelete
  15. Mantap kak, jdi kpengen ikutan denger backsound asli nya :D

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.