Cegah Anyang-Anyangan dengan Ekstrak Cranberry




Teman-teman tahu istilah anyang-anyangan? Anyang-anyangan merupakan gangguan kesehatan dimana selalu ingin buang air kecil namun volume urin yang dikeluarkan sedikit. Istilah lainnya itu ketika sedang anamnesis, kencingnya tidak puas gitu, kayak ada sisa sehingga pengen kencing lagi (tapi well, keluarnya masih sedikit). Anyang-anyangan merupakan gejala dari infeksi saluran kemih. Infeksi saluran berkemih ini bisa disebabkan adanya infeksi pada saluran berkemih, misalnya ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. 


Salah satu penyebab anyang-anyangan/sakit saat buang air kecil adalah bakteri Escherichia coli atau yang sering disebut E. coli. Kok kayaknya pernah denger ya? Yup, bakteri ini sebenarnya bakteri yang umum ditemukan di usus besar dan anus. Bakteri ini bisa masuk ke saluran kencing lewat kebiasaan toilet yang tidak benar seperti membasuh kemaluan sehabis kencing dengan menyiramnya dari belakang. Jika sudah terinfeksi, maka bukan hanya anyang-anyangan saja gejala yang bisa dialami, tapi juga infeksi lainnya seperti demam, nyeri atau sakit saat buang air kecil, juga urin berbau menyengat. Jika sudah begitu, harus segera konsul ke dokter dan minum antibiotik, duh. 

Infeksi saluran kemih seperti ini lebih rentan diderita wanita. Kenapa? karena secara anatomis, bagian kemih dan anus itu letaknya berdekatan sehingga lebih memungkinkan terjadinya kontak bakteri yang beda fungsi. Bahkan menurut penelitian, 5 dari 10 wanita pernah mengalami infeksi selama hidupnya! Cukup bahaya kan. Penyakit yang sepele namun membuat tidak nyaman ini sebenarnya dapat dicegah. Cara mencegah anyang-anyangan yaitu dengan kebiasaan toilet yang sehat dan menjaga asupan minum (perbanyak air putih dan hindari minuman yang menyebabkan iritasi). 

Nah selain dua cara diatas, ada cara lain yang bisa teman-teman coba untuk mengatasi penyebab sakit saat buang air kecil, yaitu minum ekstrak buah cranberry. Buah cranberry ini diketahui efektif dalam mencegah infeksi saluran kemih karena mengandung Proanthocyanidin yang dapat menghambat perlekatan bakteri E. coli di saluran kemih.

Lihat lebih lengkapnya disini

Nemu buah cranberry dimana? Nggak usah susah-susah bikin ekstrak sendiri (emangnya mau bikin skripsi? hehe), sudah ada sediaan bubuk dan kapsulnya dari Combiphar bernama Prive Uri-Cran. Sediaan bubuk dalam satu sachetnya mengandung 375mg Ekstrak Cranberry, 60mg vitamin C, 0.1mg Lactobacillus achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sementara itu, tersedia juga sediaan kapsul yang memiliki komposisi 250mg ekstrak Cranberry. 


Sediaan Sachet

Aku punya yang sachet, dan kemarin sudah dicoba. Rasanya manis rasa buah (apakah ini rasa cranberry aku ga tau, belum pernah makan buah itu soalnya) kayak strawberry sama blackcurrant? Oh kayaknya pernah sih rasa cranberry ini pas makan yoghurt. Warnanya pink (pewarna alami buahnya kali yaa), pasti ibu-ibu suka nih. Dengan bahan alami Cranberry yang bisa membantu mengatasi susah buang air kecil. Oh iya, realpictnya yang kujadiin header diatas ya :)

Selain buat mencegah anyang-anyangan, Cranberry juga baik buat kesehatan. Soalnya, buah ini mempunyai kadar vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia, yaitu salah satu sumber anti oksidan polifenol sehingga buah cranberry sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.


Untuk pemakaiannya, bisa yang bubuk atau kapsul. Sehari 1-2 sachet untuk bubuk dan 1-2 kapsul untuk sediaan kapsulnya. Harganya 48.500 per 1 box kapsul (30 kapsul), sementara yang sachet 88.500 per 1 box (infonya kuambil dari homepage Uri-cran langsung).

13 comments

  1. Ini rasanya enak banget. Mana khasiatnya berguna sekali untuk cegah anyang-anyangan

    ReplyDelete
  2. Mbak yakin nian kalau yang nulis tentang kesehatan nih Fira hihi. Eh budok, ngapo dak buat blog tentang kesehatan? Kayaknyo bagus tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu blog yang ini rame dulu mbak Zefy, nanti dianak tirikan haha. Blog di wordpress aja udah fira tinggalin dari awal tahun

      Delete
  3. Rasanya enak mirip mirip jus semangka dan kalau dikasih es batu suegerrr pool

    ReplyDelete
  4. Rasanya segar. Enak. Berkhasiat lagi. Mantaplah. Ribet juga kalau kena anyang anyangan soalnya.

    ReplyDelete
  5. Enyak nih dibikin pake air es. Segerrr. Rasanya asem asem manis. :D Untunglah sekarang udah ada yang praktis gini ya Fir, kebayang kalo harus nyari Cranberry langsung. Repotnyaaa

    ReplyDelete
  6. Nice product. Kalo masalah harga gimana ya???. Bersahabat ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya sama deh harganya kayak pop ice atau minuman lain yang biasa diminum kalau jajan, tapi yang ini ada khasiatnya.

      Delete
  7. Aku suka yang kemasan serbuk haha, tapi kalo untuk bepergian lebih praktis yang kapsul sih.

    ReplyDelete
  8. Pokoknya sekarang kalo anyanganyang-an ingetnya sama uricran dah.

    ReplyDelete
  9. aku udah pernah minu, kasih batu es dikit lebih enak loh, hihihi

    ReplyDelete
  10. wah.. anyang-anyangan jangan sampe ya, itu mengganggu banget, apalagi klo lagi traveling untung ada prive uri cran ya kak

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke kolom komentar ini! Aku suuuuuukkaaaaaaa banget kalau ada yang berkomentar. Apa saja. Bilang "Fira Keren" amat disarankan XD karena akan membuatku tersenyum seharian!

Jk. Drop any comment you want :)

Penulis. Powered by Blogger.