Blogger Itu PASPAMPRES Media Online| Flash Blogging Bengkulu 2018


Hari ini, ada acara Flash Blogging dengan topik "Menuju Indonesia Maju". Acara ini dilaksanakan di Hotel Amaris Bengkulu, hasil Kerjasama Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu dan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik. Sebelum Bengkulu, rupanya acara ini sudah pernah dilaksanakan dikota-kota lain. Awalnya aku masih bertanya-tanya, nanti bakal ngapain ya? Apa bakal kebut-kebutan nulis di blog? Flash kan artinya kilat. 

Yup, nulis on the spot dengan timer yang ditayangkan didepan ruangan. Membuat gugup sekali, tapi adrenalinku jadi terpacu untuk menulis secepat kilat, otakku rasanya sedang memuntahkan materi yang kami dapatkan 4 jam terakhir.

Flash blogging itu tidak sesimple menulis berita dari pemateri seperti press confrence, tapi juga mengolahnya. Nah, meskipun mungkin aku tak pandai merangkum materi hari ini, aku ingin mencoba menyampaikannya ke kalian agar lebih mudah dipahami.

Ada dua pemateri flash blogging hari ini. Pak Andoko Sudarta dari Tim Komunikasi Presiden (TKP) dan Mbak Mira Sahid seorang blogger senior yang juga founder Kumpulan Emak Blogger.
  



Pak Andoko memberi materi mengenai Hoax dan program pemerintah negara Indonesia. Penyampaiannya melalui media video, yang diambil dari youtube Sudut Istana. Zaman sekarang kan banyak sekali hoax yang beredar, paling banyak adalah orang yang mengkritisi tanpa memikirkan sudut pandang dan keberagaman Indonesia yang begitu luas. "Hoax itu dari orang pintar yang jahat, kemudian disebarkan oleh orang baik yang kurang pintar," kata Pak Andoko.

Penting untuk memperhatikan keberagaman, agar bisa menilai dari sudut pandang berbeda dan dapat lebih bijak menghargai kebijakan pusat.


"Pemerataan dapat dicapai dengan kesamaan perlakuan.." kata Pak Handoko. Benarkah? pikirku

"..Tapi itu salah." lanjut Pak Andoko.  "Keadilanlah yang dapat mendorong pemerataan."

Ada satu video yang kusukai, tentang PASPAMPRES. Tahu kan ya kepanjangannya. Video kali ini membuatku bergidik ngeri dengan kesiapan dan kecepatan tim pengawal presiden. "Disaat terasa aman, disitulah bahaya mengancam."

Pasukan PASPAMPRES ini pasti sibuk banget ya, Pak Presiden kan hobi banget blusukan, hehe. "Batas kenyamanan bergesekan dengan batas keamanan" Bagaimanapun, keselamatan orang nomor satu adalah prioritas utama para PASPAMPRES. Swafoto dengan presiden yang jadi hobi masyarakat kalau ketemu presiden juga jadi pekerjaan tambahan PASPAMPRES. PASPAMPRES ada yang bercerita dengan Pak Handoko, kalau ibu-ibu itu banyak banget akalnya untuk swafoto dengan pak presiden. Padahal kan ya ada protokol tertentu yang harus ditaati paspampres

Setelah menyampaikan tentang PASPAMPRES, pak Andoko memutar video dari salah seorang staf kepresidenan yang tidak bisa hadi ke Bengkulu. Kemudian juga ada kuis berhadiah payung.

Materi selanjutnya dari Mbak Mira. Mbak Mira ini udah ngeblog sejak 2008 lho! Orangnya cantik, dan sangat aktif apalagi didunia blogging. Dia adalah founder Kumpulan Emak Blogger yang masih eksis sampai sekarang. Mantap banget, yang emak-emak blogger diajak kopdar tuh! *colek-colek mak-mak BOBE.


"Sosial media itu pasar?"  kata Mbak Mira.

"Kenapa? Karena didalamnya ramai ada berbagai kalangan orang dengan berbagai status. Juga tidak menutup kemungkinan berbagai sifat, baik dan buruk" jelasnya. Terang saja, laju pertumbuhan digital di Indonesia, percepatannya tinggi banget lho. Ada sekitar 130 juta aktivitas sosial di media sosial!
Rasanya setiap ketemu orang kalau nanya akun sosmed semuanya pasti udah lengkap kan ya wkwk

"Di media online, kita dikenal dari tulisan kita, status kita" kata mbak  Kamu user yang seperti apa? jelas Mbak Mira. Ibaratnya bukan cuma kelakuan di dunia nyata aja yang dicatat oleh malaikat, tapi di dunia maya juga. Hayo refleksi diri. Apakah kamu memperkeruh atau menjernihkan media sosial?


Tren blog, menurut teman mbak Mira yang merupakan digital marketer masih akan eksis sampai 10 tahun kedepan. Karena itu sudah tugas blogger untuk membangun konten positif untuk melawan hoax. Apalagi kalau dengar kutipan ini, your blog is your unedited version of yourself. Bener nggak nih, teman-teman blogger?

Selain membahas tren blog, Mbak Mira juga menjelaskan mengenai pengalaman bloggingnya dan apa saja yang bisa digali dari aktivitas ngeblog.

Manfaat ngeblog
1. Hobi/passion
2. Rekam jejak digital
3. Media informasi
4. Personal Branding
5. Engagement
6. Peluang

Bermanfaat bagi diri sendiri juga masyarakat. "Menjadi blogger untuk Indonesia." kalau kata Mbak Mira. Jadi blogger untuk ikut membangun Indonesia. Membantu mengawal perkembangan konten dan melawan hoax.

Blogger itu PASPAMPRES dong di media online?

Untuk masalah penghasilan dari ngeblog ya, prinsipnya "Yang didapat dari dunia blogger adalah hasil dari yang kita tanam" kata mbak Mira. Menulis konten yang bagus dan membiarkan pembaca larut dalam tulisan kita. Barulah mulai memanen manfaat.


Mbak Mira juga memaparkan tentang ini : dear Blogger and netizen, THINK!

Apa itu?

T : Is it trus?
H : Is it hurtful? Apakah menyakiti orang lain?
I : Is it illegal? Hati-hati ada UU ITE dong ya, jangan sampai mencemarkan nama baik orang lain
N : Is it necessary? Apakah penting ngoceh topik-topik tertentu? Jangan sok-sokan dong ya. Harus bijak
K : Is it kind? Santunkah? Jangan pikir norma yang berlaku di media online itu berbeda dengan media offline (kehidupan nyata)

Menurutku THINK ini beneran mesti dipegang erat oleh para blogger, yang dari tulisannya punya pengaruh bagi masyarakat luas. Pokoknya, saring sebelum sharing!

Pesan dari @mirasahid terakhir "Tetaplah menulis maka kamu akan tahu siapa dirimu"

 "your blog is your unedited version of yourself"
Selesai materi dari Mbak Mira, aku merenung sebentar mencerna kata-kata para pemateri. Materi kali ini bukan hanya buat ditulis ternyata, tapi juga diterapkan dalam kehidupan kami sehari-hari sebagai blogger.

Bonus : Foto-foto kegiatan Flash Blogging Bengkulu 2018!!

Selesai acara pasti nggak lupa buat swafoto bersama ya, kaum hawa langsung menyerbu mbak Mira untuk foto bersama hihi.


Kalau di foto ini, mbak Mira jadi yang paling cantik diantara para peserta flash blogging ya

 

Selain blogger dari komintas Blogger Bengkulu, aku juga berhasil mengajak 2 orang teman dekatku untuk hadir diacara ini.



Baca juga tulisan flashblogging dari blog Uni Tya >> Flash Blogging : Menuju Indonesia Maju | bersama Kemkominfo


17 comments

  1. Wah keren kak, pasti orang2 ahli jurnalis semua yang datang

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama foto dan cara penulisannya. Keren bakal betah mampir nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh terima kasih bang pujiannya :D

      Delete
  3. Keuntungan nya itu loh, biar anak laki-laki agak berkurang dla menulisnya hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semestinya ada tambahan waktu buat peserta laki-laki, atau diadakannya hari Sabtu gitu biar adil.

      Delete
  4. manfaat gan, sukses terus, btw tema nya bagus

    ReplyDelete
  5. Boleh dunk kita bangga sebagai blogger, jadi PASPAMPRES walaupun cuma lewat media online.

    ReplyDelete
  6. Setiap jalan-jalan di artikelnya flash blogger, aku jadi ngiri abisss..keren acaranya. huahhhh

    ReplyDelete
  7. Wah seneng ya di bengkulu bisa ada flash blogging juga.. Btw bagian foto2nya yg paling seru hehe

    ReplyDelete
  8. Muantepp sekali kak acaranyaa

    ReplyDelete
  9. Rame dan seru ya. Dapat merchandise pula.. hohoho

    ReplyDelete
  10. Lihat foto bak2 itu kecuali yang Mak Mira yang siap. Yg lainnya ga sadar

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.