Menjadi Blogger Beneran | Workshop Nge-Blog Asik Zaman Now

 Halo! 

Akhirnya kesampaian juga nulis tentang acara Workshop Nge-Blog Asik Zaman Now Sabtu lalu, 21 April 2018. Di kesempatan kali ini, aku bukan jadi peserta seperti acara-acara blogger sebelumnya. Tapi jadi pembicara. Asikk, hehe. Meskipun skill belum sekeren para master dan suhu diluar sana, aku harap aku bisa menyampaikan apa-apa yang penting diketahui mahasiswa yang pengen mulai ngeblog. Salah satunya tentang monetize. Bicarain duit emang selalu paling asik kan yaaa.

Jauh sebelum acara, aku sempat di interview singkat dengan Mbak Milda, Mak-nya Blogger Bengkulu (BOBE). Aku jawab aja sesuai yang aku tahu, tentang blog. Kemudian Mbak Milda menawarkan buat jadi pembicara. Uh oh, pantaskah aku ngoceh didepan manusia banyak? *krisis percaya diri akibat terlalu lama diam dirumah* Meskipun dalam hati masih ragu, tapi jari ini langsung aja menyambut baik. "Ok mbak"- kata-kata itu meluncur aja dari keypad. Emang dari sononya jarinya lebih pandai mengungkapkan isi hati daripada mulut ya? Haha.

Kesempatan bagus lho, ngomong di publik. Selain melatih public speaking dan mental (yang sudah lama bersembunyi di pojokan sejak September lalu), juga buat mengajak lebih banyak lagi orang buat ngeblog dan menulis. Karena masih mahasiswa, harusnya akulah yang paling mengerti jeritan hati sesama mahasiswa lain, bagaimana galaunya pas akhir bulan, galau karena mau mandiri tapi masih nunggu uang jajan dari orang tuaa (ego sudah diubun-ubun apa daya masih ada tuntutan kuliah dan nggak berani ambil kerja part-time). Jika dikumpulkan lebih banyak alasan galau lainnya, aku rasa sudah cukup untuk mengisi satu blog haha.

Jadi mahasiswa memang serba salah, ide dan kreatifitas sedang ada di puncak tapi ga punya wadah buat merealisasikan. Terlebih masalah modal, dukungan dan kesempatan. Aku juga sebagai mahasiswa sering berpikir begini, "ah kuliah di fk ini masih lama banget. Setelah pre-klinik lanjut klinik. Setelah itu koas pula. Kapan ya bisa mandiri, ngumpulin duit sendiri, paling nggak buat jajan sama nabung lah..." 

Pas maba sih nggak terlalu kepikiran. Tapi seiring bertambahnya usia, lama kelamaan keinginan untuk mandiri semakin kuat. Dan yah akhirnya aku memberanikan diri untuk menjadi blogger beneran yang domainnya TLD. 

Kenapa kubilang blogger beneran, apa blogger dengan hosting .blogspot/ .wordpress bukan blogger beneran? Yah menurutku untuk jadi blogger beneran/sesungguhnya harus rela berkorban untuk hal yang ia lakukan dengan sungguh-sungguh. Apakah itu dengan membeli domain atau dengan menghabiskan banyak waktunya untuk riset demi kualitas konten, keduanya tidak masalah tapi karena aku sadar diri tidak punya banyak waktu untuk ngeblog akhirnya aku mencoba membeli domain sebagai bukti keseriusanku untuk menjadi blogger. 

Menjadi blogger beneran. Serius dengan konten yang bermanfaat, baru setelah itu berpikir untuk monetize. 

Kurang lebih itu yang ingin kusampaikan. Aku sudah bertahun-tahun menulis, 4 tahun menulis di blog, dan baru 4 bulan aku jadi blogger beneran. Barulah aku mencoba cari peluang kerjasama yang bisa membuatku mendapatkan uang. 
Apalagi audiens-nya  itu kebanyakan mahasiswanya abah mahasiswa jurnalistik. Kurasa tidak akan susah jika dipersuasi untuk bisa mandiri dengan portal online sendiri. 





Tibalah hari H. Presentasi sudah kusiapkan, latihan juga sudah. Tapi pas lihat audiensnya jadi ciut lagi (ya aku memang suka menciut. Dan berharap bisa menciut dikit lah dari badan raksasa ini wkwk) karena... banyak cowok. Di FK populasi adam dikit sih kan ya, ehem. Posisi audiensnya juga bertingkat-tingkat gitu kan supaya semua bisa kelihatan pemateri (and I also can see all of you). Adalah ya yang mabar. *ngaku kalian yang mabar dan berisik pas acara! Hahaha. 

Lanjut saja ke acaranya. Acara ini diselenggarakan dari S1 Jurnalistik FISIP UNIB berkerjasama dengan Blogger Bengkulu. Acara dimulai jam 9.30, agak terlambat sedikit dari jadwal sebenarnya. MC mengarahkan audiens untuk mengisi kursi depan, tapi banyak yang menolak (padahal bukan kuliah kan ya :/). Acara dibuka oleh wakil dekan III FISIP UNIB Dr. Suparman, M.Si, kemudian MC membeberkan rules acara hari ini. Ada live event berhadiah, peserta hanya diminta untuk mengambil foto kegiatan hari ini dan posting ke media sosial dengan hastag tertentu. Aku ikutan dong ya (meramaikan) haha. 

Workshop Nge-Blog Asik Zaman Now

Segera setelah MC memperkenalkan Mbak Ika Pasca sebagai moderator, sesi pembicara dimulai. Pertama kak Junita menyampaikan pengalaman ngeblognya, dan apa saja dasar-dasar ngeblog itu. Ada banyak dong ya, yang pertama mesti punya akun dulu, haha. Akun email saja dulu, kemudian mendaftar di blogger/wordpress jika kalian benar-benar pemula. Gratis kok. Kemudian isi dengan tulisan yang menurut kalian bermanfaat dan kalian kuasai. Setalah itu mempertahankan page view atau pengunjung blog sehingga nilai DA/PA naik. Ngeblog itu bukan usaha instan, tapi butuh kerja keras dan konsistensi dalam menulis.

Kak Ika sebagai moderator memperkenalkan para pembicara.
Selesai Kak Junita, giliran aku pula yang menyampaikan materi. Yah kurang lebih miriplah dengan penjelasanku diatas (lah sudah spoiler wkwk) ditambah tentang monetisasi. Meskipun masih bisa dibilang newbie juga, tapi aku sudah sedikit banyak berguru dan membaca pada sumber yang terpercaya. Untuk adsense juga baru jalan beberapa bulan, tapi aku harap bisa menginspirasi teman-teman untuk memulai blog dan berpikir kreatif memanfaatkan internet dan fasilitas teknologi yang dimiliki.

20 menit penyampaian materi yang kurasa terlalu singkat. Bahkan ada dua slide yang kulewati demi menyampaikan kata-kata terakhir (daripada kebablasan dan miknya harus direbut panitia). Semoga bisa ketemu di lain waktu dan belajar monetisasi bersama hehe. 

Credit: IG | @mutiarasyaflina
Selanjutnya materi dari Mbak Milda. Mak BOBE ini langsung memancing peserta dengan meminta mereka praktek dengan media sosial masing-masing. Optimalisasi media sosial yang dimiliki agar bisa menghasilkan. Tidak perlu jadi selebgram atau selebtwit, tapi jika kamu punya pengaruh terhadap orang-orang dilingkunganmu, itu saja sudah cukup untuk bisa menjadi buzzer. Selanjutnya banyak yang disampaikan Mbak Milda, termasuk tentang komunitas kami, Blogger Bengkulu yang tahun ini memasuki tahun kedua. Asikk.

Hari semakin siang, waktunya sesi diskusi dan penutupan. Pemenang live event,  penanya beruntung dan lucky chair diumumkan. Penyerahan plakat dilakukan simbolis pada para pemateri dan moderator dari ketua panitia. Aih senangnyaa.

cr | @unibkita, edited by me

Terakhir, tentu saja foto ramai-ramai. Semoga ilmunya bermanfaat ya!

cr : @unibkita, edited by me
(Bonus)

Thank you Uni Tya dan Lia yang sudah ikutan acara workshop juga, hehe. Semoga terus jadi blogger beneran ya :D


Credit: IG | @mutiarasyaflina
Sampai ketemu diacara berikutnya!

18 comments

  1. Menyenangkan sekali ya Fir bisa berbagi dengan banyak orang..mantap.

    ReplyDelete
  2. wih.. seru ya kegiatannya. Pengalaman yang berharga ya ini Fir ^^
    Semoga bisa ketemu di acara selanjutnya ya

    ReplyDelete
  3. Seru banget bisa dapat banyak ilmu dan yang lebih penting Fotonya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang itu juga esensial hehe. Apalagi panitianya baik mau kasih banyak dokumentasi

      Delete
  4. Keren y kak.. Kita jdi tambah kluarga baru d bobe..

    ReplyDelete
  5. Pengalaman baru juga ya bisa jadi pembicara

    ReplyDelete
  6. btw itu kapan fira nyelfie ama peserta, seru ya gabung ama anak muda. jadi berasa muda terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhir acara mbak, kebetulan mereka teman-teman seangkatan fira yang tertarik dengan dunia blogging juga

      Delete
  7. Insyaallah terimakasih sudah menebar banyak manfaat ke orang banyak dek, apalagi buat kawula muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga mbak kemarin fira sudah diberi kesempatan jadi pemateri hehe

      Delete
  8. wahh,, rame ya yang dateng.. muantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, keren banget lah panitia sama pesertanya

      Delete
  9. Pengalaman baru yang seru ya Fir. Emang sih nyali kadang menciut kalo lihat manusia rameeee banget, tapi yaudahlah ya sudah kepalang basah, kenapa gak mandi aja sekalian? *cem lirik lagu dangdut gak sih? haha

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.