Wanna Rich, Wannable! | Sebuah Opini

Sumber : twitter @ong_d_va

Halo?

Wannable apa kabar? Apa kabar dompetnya, sudah musnah setengah belum populasinya gegara rilisan album preview yang keluar kemarin, buat comeback teranyar Wanna One? Hehe.

Kali ini aku pengen sharing tentang betapa mahal dan buru-burunya agensi grup idola kesayangan kita dalam sebulan terakhir. Benar-benar cobaan seorang fangirl, apalagi buat yang sudah jadi bucin alias budak cinta-nya Wanna One.


Jujur, pada saat akhir Produce101 lalu (aku nonton benar-benar update dari ep 1-11 ga pernah lupa streaming setiap minggu, bahkan sampai nobar buat ep.11) aku berjanji pada diri sendiri untuk berusaha beli album-album Wanna One dan merchnya. Aku juga nulis "aku akan pergi konser jika bias-biasku debut" di diary sebelum episode 11 keluar (orang-orang yang kudukung saat produce101 : Kang Daniel (pink haired boy, 60cm shoulder, rapper yang jadi subvocal), Ong Seungwoo (multi talent boy yang lucu dan ganteng), Yoon Jisung (ketua gossip MMO boys dan pencipta jisung-clap yang disayangi semua trainee), Park Woojin (awalnya pendiam tapi ternyata gokil, gingsul mematikan, Sexy baby oh my lady), dan Kim Jaehwan (dari awal lihat, gemes sama pipinya, absolute main vocal, tawa membahana). Tapi aku tidak bisa menepati janjiku sendiri, dan itu karena..

Aku ga punya duit sebanyak itu buat jadi fans loyal Wanna One. Bahkan buat postingan unboxing ku tak kuasa, jadi bikin postingan kayak gini aja haha...



Bayangkan aja, sebulan ini ada berapa banyak merch yang dijual, dari official Wanna One aja dulu, belum ke brand yang mereka endorse (jangankan yang diendorse Wanna One, yang di endorse Daniel sendiri aja ku ga kuat huhu. Sweater aja harganya sejuta (calon pembeli sweater kw)).

Fans modal kuota cuma bisa masukin meme Wanna One/Produce, dibawah twit orang jualan merch, haha. 

1. Wanna One MD Package 


 
Ini adalah permulaan dari kegilaan barang-barang mahal Wanna One. Soalnya sebelumnya paling cuma album saja, yang mahal itu barang-barang yang di endorse (headset harga sejuta? wkwk). Harga 700k (jangan lupa kalau kita tinggal di Indonesia ya, yang jauh banget dari Korea, haha), kulihat dari list ready stock olshop @kpopsale. Tentu saja harganya bervariasi, tergantung beli dimana karena barang impor ini ada banyak pilihan dan langkah yang bisa diambil.

Isinya : diary 96 halaman, lipcard 1 set isi 11 kartu, 1 tape kaser, 1 keyring boomerang, stiker set random, dan frame foto identitas random salah satu member.

Lipcard ituloh ga nahan banget haha. Padahal kan ya ga mungkin itu diciumin satu-satu kertasnya sama member, paling cium di satu kertas, kemudian di scan lalu dicetak banyak-banyak jadi duit. Agak mesum gimana sih tapi fans suka.

Ada-ada aja nih YMC
 
Karena mahal, banyak orang yang akhirnya beli tapi jual sebagian isi dalam boxnya. Kayak sharing gitu. Paling banyak ya yang jual lipcardnya itu, haha. Lumayan kalau laku satu 30k, 11 aja jadi 330k, dan jangan lupakan kalau ada beberapa member yang fansnya banyak, yang bahkan kalau dijual 60k pun masih disikat, haha. Bisa jadi gratis tuh beli box ini.


2. Photobook Essay Wanna One

Buat teman-teman yang nggak puas dengan photobook yang sudah didapatkan dari album, bisa beli buku ini. Disini YMC sudah kumpulkan foto-foto bagus yang semestinya dimasukkan ke photobook tapi disimpan buat dijual dengan harga yang lebih mahal. Harganya 550k, dapat photobook berwarna 272 lembar, didalamnya ada 36 lembar spesial isi interview member, dapat postcard set 2 pcs yang random, dan paper frame (buat majang gitu photocardnya, padahal bisa beli frame sendiri, hm). Goods buat first press ada bookmark 4 cut member random. 

Yang ini bisa dijual share menurutku, tapi karena random jadi agak sulit juga dapat untungnya. Ralat, barusan aku ketemu orang di shopee yang jual unsealednya Photoessay ini dengan harga 750k karena dapat PC Ong dan bookmark Jihoon. 

Ga berani cari Daniel set. 

3. Wanna One Official Fancon DVD &Bluray



Sebenarnya ini bagus banget buat yang ga bisa ke Seoul/Busan buat nonton Fancon langsung. Pilihan tersedia Blu-ray dan DVD, yang jelas kalau Blu-Ray pasti lebih clear videonya, kalau diputar di TV yang layarnya gede mungkin kerasa duduk di VIP, eh?. Tapi ya, harganya. Untuk DVD harganya 740k, dengan rincian mendapatkan dvd (3 disc), photobook (188 lembar), miniposter dan photocard set. Buat Bluray dapat 2 disc dengan konten yang sama tapi kualitas lebih bagus (dvd nya juga bagus lah ya, mana mungkin isinya video 144p), photobook yang lebih tipis (36 lembar), polaroid set dan poster. Harganya buat bluray 930k

4. Konser Wanna One (ONE: THE WORLD)

 

Sebelumnya aku ada bikin tulisan tentang konser ya, silahkan cek kesini dulu 

Itu tulisan sekitar sebulan lalu. Dalam sebulan itu juga, fans dari berbagai belahan dunia mulai mengumpulkan uang buat beli tiket, sambil berdebar menunggu waktu ticketing. Ketenaran Wanna One yang mendunia membuat semua orang ingin bertemu dengan mereka. Sejauh ini pricelist sudah keluar, termasuk buat Indonesia. 

Penasaran? Intip seatplan terbarunya nih 
Seatplan konser Wanna one di Jakarta
Harganya ga jauh berbeda dari harga tiket konser BTS dari promotor dan lokasi yang sama. Tapi lebih mahal, haha. Yah mungkin karena pengaruh kurs Indonesia yang melemah (jadi fangirl juga harus ngerti tentang perekonomian Indonesia, haha). Ada yang ngeluh kalau tiketnya kemahalan padahal Wanna One rookie. Ya kali disamain dengan harga tiket rookie lain, mereka ini ROOKIE MONSTER dan jangan lupa kalau ini konser bisa jadi yang terakhir sebelum mereka disband dan kembali ke agensi masing-masing.

Sudah-sudah jangan nangis, pesona mereka memang terlalu kuat untuk ditolak, udah terlanjur sayang jadi susah mau keluar fandom. Ya kaaaan.

Liatin aja dulu harga tiketnya, sambil mantau giveaway tiket
Siap-siap ticketing, teman-teman Wannable, kalian punya waktu sampai tanggal 25 Mei untuk mempersiapkan diri (dan rekening). Oh iya, konsernya tanggal 15 Juli lho ya. Ehem, dekat dengan hari ulang tahunku? Ehem.


5. Album Baru Wanna One, Undivided

Wannable Indonesia mengalami cobaan yang berat, dalam hari yang sama, ada pengunguman seatplan dan pengunguman album baru. 

Yup, Wanna One bakal comeback. Bulan Juni.




Dan bakal dirilis 6 versi..

Yes, kalian ga salah dengar. Aku memprediksi bakal 4 aja, karena ada 4 unit di Wanna One, tapi ternyata ada 6. 4 album unit, 1 album grup dan 1 lagi album art. ver. Kacau sudah rencana yang kubuat saat zaman IPU lalu (kutulis dalam postingan ini : unboxing I Promise You). Kacau banget, karena biasku pisah di 3 album unit, meskipun album Triple Position isinya trio biasku. 

Harga album sebenarnya normal aja, 265k, bahkan kalau beli set diskonnya lumayan. Isinya agak lebih rumit daripada 3 album sebelumnya. Misalnya begini, kalian akan dapat box, lyric book, golden ticket da CD, ini sudah jelas. Tapi photobook semua versi berbeda, tergantung judul. Buat artbook, aku yakin 100% isinya gambar seperti karakter yang muncul di tayangan xcon episode 2. Bagus sih, tapi aku kurang puas kalau cuma gambar. 'Perintilan' nya gimana? Nah, pertama ada magnet. 


Random buat album grup+unit, tapi buat art.ver ga ada. Photocardnya untuk artbook dapat 11pcs alias satu set, tapi kuduga pc-nya juga cuma gambar. Untuk PC grup seperti biasa 1pcs member random, dan sati pcs grup. Buat unit, PCnya hanya akan random member yang muncul di unit tersebut. Misalnya kalau triple position, unit Daniel, Woojin dan Jaehwan, jadi kesempatan dapat PC daniel ada 1/3. 1 pcs lagi PC grup unit.


Buat bonus pembelian awal, kemungkinan poster. Tapi yah, tunggu aja kejutannya.




Ribet amat yak, haha. Selamat bergalau ria wannable, mau pilih versi apa. 





Nah, kalau ditotal, sebulan ini seorang wannable bisa menghabiskan 5 juta buat idolanya (tiketnya yang murah gitu, tapi album satu set) jika membeli poin 1-5. Jalan fangirl kita sulit ya? Kalau memang ikhlas buat kehidupan bias yang lebih baik, dan, memang punya modal buat melakukan itu, silahkan saja. Toh dalam 8 bulan kita tidak bisa lagi menikmati kebersamaan ini dengan hype yang sama. Tapi buat kalian yang modal terbatas apalagi masih belum bisa menghasilkan uang sendiri, tolong pertimbangkan matang-matang apa yang akan kalian beli. Jangan sampai menjadi fangirl membuat kita melakukan hal-hal negatif, kasihan imej bias yang kalian sayangi, dipandang sebagai sumber masalah padahal mereka hanya melakukan promosi. 




Aku pribadi juga sebenarnya sedih ga bisa beli barang-barang diatas, terutama konser. Pertimbangannya banyak, dan aku sebagai mahasiswa yang belum berkerja seharusnya sudah bersyukur bisa mengoleksi beberapa album. Gitu aja deh mikirnya kalau tiba-tiba muncul perasaan iri melihat orang lain bisa unboxing photoessay atau bluray fancon. Pengen gitu kan punya banyak uang dan menghabiskannya buat bias, tapi yah Wanna tetap wanna aja kalau ga dilakukan. Dan sayang 'wanna rich'nya sudah terlambat, haha. Semoga dimasa yang akan datang mereka bisa balik jadi satu tim lagi. Semogaaa
  

 

No comments

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.