Harry Potter Hogwarts Mystery | Nostalgia Ke Hogwarts


Halo!

Akhir-akhir ini, di twitter banyak yang main Harry Potter Hogwarts Mystery. Sebagai salah satu potterhead, aku ikut penasaran kan. Siapa tau asik. Lagipula, siapa sih yang nggak kangen sama Harry Potter dan teman-temannya? 

Game sebelumnya yang lumayan terkenal diantara pecinta Harry Potter adalah Pottermore. Kalau tidak salah dirilisnya setelah buku terakhir di rilis. Game itu bisa diakses lewat komputer. Permainannya simple lebih ke kuis-kuis dan gambar interaktif saja. Yang bikin seru di game itu adalah tes kepribadian untuk menentukan tongkat sihir dan dorm. Selain itu lebih ke mengikuti alur cerita di novel sih, dengan beberapa game tambahan. Aku sempat bermain, tapi belum pernah tamat, haha. Cuma sampai tahun ke-empat. Yah soalnya ceritanya panjang sih. Mau dicari sekarang, webnya sudah berubah. Adanya cuma menjelajah kastil hogwarts. 

Harry Potter Hogwarts Mystery ini adalah game dengan tipe RPG alias role playing game dimana pemain memainkan karakter yang berpengaruh ke alur cerita. Game ini baru aja di rilis tanggal 24 April lalu, jadi buat yang mau main belum ketinggalan jauh deh dari pemain lama. Saat download, game ini membutuhkan sekitar 60-80 mb (lupa, hehe), namun seiring berjalannya alur cerita, game ini akan mengambil lebih banyak lagi memori penyimpanan. Aku sudah main sampai level 10, dan game ini sudah berkembang jadi 634mb, gyahahaa (hp kapasitas kecil menjerit). Yah setidaknya sebanding deh sama kualitas gamenya. 

Pada permulaan game ini, kalian akan ditampilkan surat undangan untuk bersekolah di Hogwarts. Kalian akan menjadi anak baru. Karakter dan nama bisa di kustomisasi. Aku menggunakan nama Lore Niko (as always). Di awal kalian akan bertemu dengan seorang anak bernama Rowan yang akan menjadi sahabat kalian di Hogwarts. Rowan adalah anak yang baik dan sedikit penakut, juga cerdas dan dapat diandalkan. Kayak Ron gabung sama Hermione lah, haha. 



Melalui Rowan, kalian akan dituntun untuk berkeliling diagon alley, untuk membeli perlengkapan sekolah dan tongkat sihir. Aku sedikit kecewa karena disini tidak ada personality test seperti di pottermore, dan tongkat sihir milik kita hanya diberi random saja. Kemudian cerita berlanjut ke Hogwarts dan penerimaan murid baru. Saat sorting hats diletakkan dikepala karakterku, aku ditanyakan 'ingin masuk asrama mana' oleh si topi, seperti di novel. Aku memilih Slytherin setelah berpikir panjang. Sekali-kali coba dari prespektif Slytherin. Mana tau bisa jadi favorit Snape kan hehe (salah besar, si Snape masih sering motong poin dari asrama kami huh. Kepala asrama macam apa).

Ngobrol dengan Rowan di ruang kumpul Sytherin

Setelah masuk asrama, karakter kita diberitahu beberapa hal mengenai back story karakter, yaitu seorang adik dari Jacob Niko (nama belakangnya ngikutin nama karakter) yang terobsesi dengan ruangan-ruangan rahasia Hogwarts, penuh misteri sampai dikeluarkan dari Hogwarts dan menghilang. Karakterku tidak tahu banyak mengenai abangnya, dan berencana untuk mencari tahu tentang hal tersebut. Selagi memecahkan misteri tentang Hogwarts dan si abang, karakter kita juga dituntut untuk belajar di kelas ramuan, mantra dan terbang dengan sapu (khusus kelas satu). Kalau nggak dikerjakan, ceritanya nggak berlanjut hehe.

Belajar di kelas mantra
Hal-hal yang harus dipelajari nggak banyak. Pada tahun pertama hanya ada 4 ramuan (Herbicide, Sleeping draught, Wiggenweld dan Cure for Boils), 7 mantra (Nox, Flipendo, Alohomora, Wingardium Leviosa, Rictusempra, Expelliarmus dan Lumos) dan 3 skill terbang yang harus dipelajari. Untuk 'belajar' dan menjalankan quest, kita tinggal menekan gambar yang bersinar biru. Hal tersebut akan mengurangi energi (hanya ada max 25 energi di bar), dan pengisian ulang energi butuh 4 menit per 1 energi. Lama juga kalau nunggu barnya penuh sebenarnya, butuh 100 menit alias 1 jam 40 menit. Ini adalah satu lagi kekurangan game ini, yang paling banyak dikeluhkan oleh pemainnya, karena kadang 25 poin energi akan habis dalam waktu kurang dari 5 menit. 

Yang ga sabaran, silahkan beli energi dengan menggunakan uang asli.. haha


Beli energi pake diamond
Energi dibeli pake duit asli, wuehehe
Yah menurutku sih, memang game kayak ini serunya kan dimainkan berkala bukannya sekali main langsung tamat, hehe.

Lanjut.

Selain belajar, disini kita juga bisa menjelajahi kastil hogwarts. Beberapa lantai dan tempat terkunci untuk anak-anak tahun pertama, salah satunya hogsmade dan asrama lain. Tidak banyak sih yang bisa diakses anak tahun pertama. Paling cuma koridor tiap lantai, kelas mantra, ramuan dan lapangan, great hall, dan asrama sendiri.

Menara timur






Aku sebenarnya penasaran banget sama asrama lain, apalagi untuk Gryffindor dan Ravenclaw koridornya bagus kan ya. Tapi kekunci :(

Pesan 'Hufflepuff only' muncul jika kita klik asrama orang
Eh ternyata ada kejutan di tahun kedua, ada quest dimana karakter kita akan menyusup ke asrama gryffindor! Haha. Ternyata kuncinya sabar aja, nanti juga kebuka semua rahasia Hogwarts XD

Dalam storyline game ini, kita juga akan berinteraksi dengan beberapa karakter selain Rowan. Ada prefek asrama, teman dari asrama lain, dan musuh dalam selimut alias Merula yang hobi bikin ulah. Ada beberapa game yang bisa dilakukan untuk memperkuat poin persahabatan dan ada juga duel yang bisa dilakukan dengan teman/musuh kayak Merula. Duelnya asik, tapi terakhir aku duel (ini juga termasuk dalam storyline game) ku kena marah proffesor dong :(, dikasih potongan poin asrama pula.

Storylinenya untuk tahun pertama menurutku cukup menarik, duelnya seru dan garis besar ceritanya sudah tergambar. Kekurangannya seperti kapasitasnya yang telalu besar, energi yang cepat habis dan kustomisasi karakter yang mahal menurutku masih bisa di maklumi untuk game yang berumur kurang sebulan ini. Aku yakin para developernya masih mengembangkan game ini agar bisa dinikmati dengan nyaman. Hei, jangan lupa, game ini GRATIS! Jadi jangan banyak ngeluh! Haha. Yang suka misteri dan rindu suasana Hogwarts, bisa ikut main! Aku juga baru tahun kedua kok, belum jauh ketinggalannya!

Bonus : Screenshoot ending tahun pertama

Momen ketika Slytherin memenangkan House Cup! Kekeke
 

Yang sudah main game ini, gimana pendapatnya?











 

No comments

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.