Review Buku 69 Cara Traveling Gratis | Setiap Orang Pasti Bisa Traveling!




Halo!

Kemarin ada paket buku nyampe kerumah. Tipis sih, cuma satu buku. Aku langsung tahu kalau yang datang adalah buku 69 Cara Traveling Gratis edisi pre-order yang bonusnya tanda tangan penulis, Kak Trinity dan sahabatnya, Kak Yasmin. 

Buku ini baru banget rilis, tanggal 14 Mei 2018. Karena pre-order, aku udah pesan dari tanggal 10. Lama di kurir sih, karena daerahku jauh dari ibukota, jadi pesan pake jasa termurah, jiaah. Yang penting dah sampai nih bukunya.



Sinopsis;

Siapa yang suka traveling? Banyak!

Siapa yang mau traveling GRATIS? Mau!

Emang bisa?

Bisa! Kamu baca, nih, caranya di buku ini!

Trinity—penulis buku travel terlaris seru “The Naked Traveler”—dan sahabatnya Yasmin, yang udah sering traveling keliling dunia tanpa pusing kantong bakal bolong, membagi 69 cara untuk traveling gratis. Dari profesi apa aja yang bisa kamu jalani, hingga siapa yang wajib kamu dekati!
Jangan khawatir, buku ini nggak menjerumuskanmu untuk ikut hal yang aneh-aneh. Satu yang pasti, buku ini akan menjerumuskanmu untuk semakin cinta traveling, sesering mungkin secara gratis!


Sebenarnya pas tahu Kak Trinity mau rilis buku baru, aku agak bingung. Pertama, ini bukan lanjutan TNT series, dan yang kedua, kenapa 69? Apakah ini semacam buku paduan traveling gratis? Meskipun sebenarnya aku sudah pernah baca tulisan Trinity tentang topik ini, aku tetap pengen mengoleksi, juga buat tambah-tambah semangat buat 'keluar' dari comfort zone.

Bukunya tipis dan full-colour. Semua halaman ada ilustrasinya. Malah kupikir lebih banyak ilustrasi daripada tulisan, hehe. Kemudian, untuk font juga agak berbeda daripada buku-buku sebelumnya. Seperti paduan bergambar yang sengaja dibuat agar disukai anak remaja, menurutku.

Pada halaman pertama, tulisan yang pertama ditemukan adalah 'Kenapa 69?'. Kak Trinity menjelaskan bahwa mereka membuat buku ini memang ditujukan untuk generasi milenial, yang sekarang lebih banyak menggunakan gadget daripada membaca buku. Topik yang dibahas juga seputar pertanyaan klasik seperti, "Gimana sih, caranya supaya bisa jalan-jalan terus?" yang biasa ditanyakan ke mereka. Pas banget kan, buat jadi buku paduan awal/starter pack buat orang yang baru punya keinginan buat jalan-jalan (dan gratis) hehe.

Didalam buku ini ada 69 cara. Kalau kata Kak Trinity sih, karena memang adanya segitu, kalau kedikitan ya ketipisan, dan kalau kebanyakan jadi mengada-ada. Aku sih, merasa mereka memang sengaja memilih angka itu karena unik (dan agak nyeleneh), bukan buat menyesuaikan ketebalan buku. Membaca buku ini tak perlu waktu yang lama, 30 menit selesai. Aku sedikit kecewa karena buku ini tidak membahas mendalam mengenai 'cara-cara' yang mereka tulis, tapi lebih seperti mendaftar nama pekerjaan yang berpotensi membuatmu mendapat kesempatan traveling. Bukan juga kiat traveling ala Trinity dan Yasmin tapi hanya sebatas jika kamu jadi ini, kamu bisa kesitu. 

Ada banyak 'cara' yang ditulis disini, dari yang paling gampang dan biasa kita tahu seperti travel blogger, youtuber, pertukaran pelajar, TKI/TKW sampai beberapa 'cara' yang aku baru dengar seperti ahli agama, auditor, dan TNI. Tapi kebanyakan yang udah tahu sih, haha. Memang benar ini ditujukan buat generasi milenial, yang sekarang mungkin baru mau masuk kuliah. Bagus untuk mereka, agar bisa memilih pekerjaan yang tepat agar bisa banyak traveling. Kalau angkatan 90'an keatas sih, rasanya sudah terlambat buat alih pekerjaan, haha. Tapi ada juga sih yang masih bisa diusahakan, seperti cari side job atau ikut program sekolah/organisasi/kantor, hehe. Yang jelas, kalau ada niat, pasti ada jalan! Sampai ikut undian juga mesti diikutin deh kalau emang kepingin!




Aku kasih rating 3 lah buat buku ini. Buat ilustrasinya dan 69 caranya. Tapi aku kurang puas dengan jumlah dan penjelasannya yang terkesan terlalu umum. Kurekomendasikan buat anak-anak milenial banget, kayak adekku tuh yang lagi libur sebelum masuk universitas, supaya ada pencerahan dikit buat traveling gratis, hehe. Buat kakak-kakak yang udah kerja, mungkin cari buku paduan yang lain atau baca TNT series.


Baca review buku yang lain disini:

Review Buku The Naked Traveler 7
Review Buku This Book Loves You


12 comments

  1. Wah mantap ya. Ada begitu banyak cara traveling gratis. Sampe 69 cara. Luar biasa pengalaman penulisnya.

    ReplyDelete
  2. hmm....ternyata bukunya ga sesuai perkiraan ya Fir, tapi bagus tuh, sebagai motivasi untuk menjelajahi dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, setuju. Pekerjaan apapun, kalau ketemu celahnya pasti bisa jalan-jalan juga :D

      Delete
  3. Wah, berarti aku udah telat dong kalo mau baca buku ini Fir? Secara, generasi 90an dan gak mungkin (ato udah tipis kemungkinan) buat ganti pekerjaan xD

    ReplyDelete
  4. Jadi gak penasaran lagi sama isi bukunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha, iya mbak. Buat mbak yang udah pro, buku ini skip aja dulu mbak

      Delete
  5. Tipiiss tapi colorfull. Bener kata Fira. Ini pasti targetnya dedek-dedek gemay. :D

    ReplyDelete
  6. Buku yang unik memang, soal isi mungkin soal selera ya kak ad yang suka hanya goresan umum ada pula yang detail mendalam

    ReplyDelete
  7. Dri judulny akunjuga berfikir ini ttg cara jalan2 gratis yg d bahas scra gamblang. Trnyta enggak y mbx. Hehe..

    ReplyDelete
  8. recomended untuk yang travelling nihh

    ReplyDelete
  9. Jalan gratis siapa yang ga mau dong

    ReplyDelete
  10. Kalo saya traveller bakalan keluar modal gede. Soalnya Bawak keluarga. Kalo dibayarin mau juga dong

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.