Memilih Busana untuk si Tinggi Berisi | Fashion Yang Cocok Untukku


Halo!

Hari ini aku pangen sharing sedikit tips berbusana, terutama yang badannya tinggi tapi tidak kurus-kurus amat sepertiku. Alias berisi, atau yang lebih sering disebut ‘Curvy’.

Eits, Fira sekarang sudah sharing soal fashion? Tempo hari bicarain make-up, sekarang fashion? Yap, aku yang sekarang memang sudah mulai berubah. Fira yang tidak peduli dengan penampilan, setelah ulang tahun ke-21 bulan lalu mulai centil-mantengin aplikasi belanja online untuk memantau perkembangan harga dari brand-brand kosmetik dan fashion yang direkomendasikan teman-teman. Mau coba beli, coba pakai, dan coba apakah cocok untuk kupakai seterusnya, menemaniku melewati masa dewasa muda yang rumit ini.



  Sebelum keluar rumah biasanya gonta ganti baju dulu sampai 3-4x karena tidak percaya diri


Ya, ya, sekarang aku ingin sharing tentang fashion. Tujuannya biar sama-sama belajar, diskusi, karena aku pun bukan seorang fashionista handal. Apalagi aku sudah berhijab dari sekolah dasar, rasanya kesempatan untuk bereksperimen dengan pakaian sempit sekali. Contohnya begini;

*hari ini panas, aku pengen pake baju yang tipis ah
Mama : Ganti baju sana, itu baju apaan tipis banget! PAKE JAKET!!

Atau

*seru nih nonton bareng teman-teman di bioskop. Ah, kalau ke mall biasa ajalah pake jins+kaos
Mama : Baju apa itu pendek banget nanti keliatan pantatnya. Ganti ganti!

Sulit keluar rumah tanpa koreksi dari mama. Kalau bisa yang longgar, yang gelap, dan pakai rok. Kayak mau ke kampus dong?


Saat masih kuliah dan ngampus dari pagi sampai sore banget (kadang nyampe rumah malam, karena jarak kampus-rumah lebih 20 kilometer), aku akhirnya tidak begitu peduli dengan fashion. Tapi sekarang, saat jadwal kampus tidak begitu padat, aku mulai kehilangan arah dan standar berbusana untuk diluar rumah.

Apakah ini saat yang tepat untuk mulai mendandani diri sendiri?

Yap!
 
Memantau e-commerce supaya selalu garcep ambil promo



Aku mulai rajin memantau akun-akun sosial media yang mengkhususkan diri dalam bidang fashion. Mulai dari hijab sampai ke sepatu. Menjelajahi e-commerce dan membandingkan satu  dengan lainnya. Dari hasil pantauan tersebut, aku mendapatkan beberapa tips yang cocok buat orang-orang berbadan tinggi tapi berisi sepertiku.

#1 Pilih warna gelap untuk menyamarkan bentuk tubuh


Kenapa warna gelap baik untuk wanita berisi? Karena saat dilihat dari depan, cahaya terpantul pada bagian depan baju yang lebih banyak terkena cahaya daripada bagian samping (aku mencoba menjelaskan secara fisika ini haha). Dari sudut pandang orang yang melihat jadi lebih fokus ke bagian depan dan memberikan ilusi lebih kurus. Shading gitu loh.
 

#2 Hindari pakaian ngepas atau terlalu longgar

Dengan memakai pakaian yang pas, bentuk tubuh akan lebih enak dilihat. Apalagi untuk orang-orang berisi, idealnya pakaian yang dipakai adalah pakaian yang size-nya tepat. Atau kalau belinya salah, lebih baik di modifikasi dulu sebelum dipakai.

#3 Memakai pola vertikal

Selain untuk menyamarkan bentuk tubuh yang curvy (seperti nomor 1), pola garis vertikal pada baju juga bagus untuk orang-orang yang berbadan tinggi. Pilihlah yang ukuran garisnya tipis, agar terlihat lebih ramping. Bisa juga bagian celananya yang berpola garis vertikal, tapi akan lebih baik jika bagian bawahnya bergaris-bagian atasnya memakai kaos lengan panjang wanita yang polos.

#4 Memakai kardigan/jaket yang panjang menutupi paha

Ini salah satu tips yang cocok buat wanita tinggi berhijab yang ingin tampil lebih stylish. Pemilihan outer ini akan membantumu terlihat lebih ramping sekaligus menutupi lekuk pinggul. Kardigan/jaket panjang cocok dipadukan dengan kaos lengan panjang wanita bermotif/bergambar.

#5 Memilih rok berbentuk A-line

Rok jenis ini bagus untuk orang-orang yang punya badan curvy dan tinggi. Hanya saja prlu diingat agar roknya tidak terlalu panjang-diatas mata kaki. Kaos lengan panjang wanita dapat dipadukan dengan rok ini, lebih baik lagi jika bagian ujung kaosnya dimasukkan kedalam rok sehingga tidak menimbulkan kesan gemuk.

Itu tadi 5 tips memilih pakaian untuk orang-orang berbadan curvy namun berisi. Poin pentingnya adalah jangan sampai terlihat besar dan lebar, jadi kalaupun mau pakai gamis (jika berhijab) pilihlah yang ada pinggangnya.

Akan lebih sempurna lagi jika dipadukan dengan aksesoris seperti kalung atau hijab yang cocok dengan warna dan konsep busananya. Sering-sering latihan dan bagikan konsep OOTD di medsos supaya bisa lebih banyak belajar :D Akupun masih harus berlatih, agar bisa menemukan gaya yang pas buatku.

12 comments

  1. kalau mbak si tidak tinggi tapi berisi Fir heheheee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu lebih bebas pilih fashion tuh mbak :D Kalau berisi agak susah cari baju yang tidak membuat lebar

      Delete
  2. Selamat bereksperimen mbak. Hehee.. Tapi kalau kosmetik hati2 mbak . Nnti nggak cocok wahah kita bisa malah rusak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untuk make up biasanya aku tanya ke teman dulu baru dipake ke muka..

      Delete
  3. Kalau aku badanya gimna yaa?? Beda dech dg mbak . Hehee. . Aku suka wrna apa aja. Nggak cma gelap aja .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling penting sih pakai pakaian yang membuat nyaman. Tapi kalau aku sekarang mikirnya "gimana biar lebih enak dipandang hehe" jadi ya cari-cari tips fashion

      Delete
  4. Wah, saya sih masih gonta ganti baju...dulu pas seusia fira. Kalo skrg ga lageee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang masanya kakak naura tuh mbak gonta ganti baju

      Delete
  5. Kalau aku pake baju warna oranye dongg paling mantap :D Meskipun jadi terlihat semakin berisi... XD

    ReplyDelete
  6. Tips untuk fashion yang tepat memang penting. Warna, bentuk, dan lain-lain membuat efek yang berbeda-beda untuk setiap orang.

    ReplyDelete
  7. Kalo yg gak tinggi tapi bulet, bagusnya pake apa Dek Fir? 😆 Suka envy euy lihat yg tinggi-tinggi kaya Fira gini. Gausah ribet pake heels 😄

    ReplyDelete
  8. fashionable mmg penting Mbk... kalo aku orgnya suka yg simple2 aja tp ttp matching.. he

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.