Membeli Saldo Google Play | Metode Pembayaran Yang Disediakan Google Play


Halo!

Jadi ceritanya beberapa minggu lalu saat ingin mengikuti lomba blog, aku terpikir untuk membuat video penunjang. Yah, supaya lebih jelas gitu kan visualisasinya. Jadi ada tulisan, ada gambar dan ada video lengkap mengenai festival-topik yang ingin kuangkat waktu itu. Salah satu aplikasi untuk edit video yang kusukai karena penggunaannya yang gampang, adalah Kinemaster.

Masalahnya, masa 30-hari trial gratisku sudah habis, dan karena kepengen akses semua fungsi edisi profesional termasuk menghilangkan watermark, akhirnya aku mencoba untuk membeli langganan bulanan.



Opsi langganan kinemaster
Opsi langganan kinemaster
Nah untuk membayar langganan ini, kita bisa memilih metode yang disediakan google play.

Klik metode pembayaran
Biasanya, aku menggunakan metode pembayaran dengan pulsa telkomsel, namun hari itu aku tidak bisa mengaksesnya padahal pulsaku cukup untuk transaksi. Kurasa hal tersebut berhubungan dengan double email yang kugunakan di google play atau double sim-card yang kugunakan. Aku sudah melakukan beberapa cara untuk mengaktifkan kembali pembayaran melalui saldo pulsa namun tetap stuck.

Daripada berhenti karena satu masalah, lebih baik beralih ke metode yang lain bukan? Di google play, ada banyak metode pembayaran lain yang bisa dipilih. 

Metode Pembayaran Google Play

1. Metode Kartu Kredit atau Debit

Metode ini dapat dipakai pemegang kartu kredit/debit Visa, Mastercard dan Visa Electron. Bukan bank-bank yang biasa kita gunakan kan ya hehe. Untuk memakai metode ini cukup simple, tinggal memasukkan nomor kartu. Namun karena aku tidak punya kartu tersebut, opsi ini kutinggalkan dulu.

2. Tagihan Ponsel 

Pada perangkat seluler dan paket layanan tertentu, biaya pembelian dapat dibebankan ke tagihan operator. Jadi tinggal di cut gitu pulsanya sesuai dengan rincian pembelian yang ditagih (termasuk pajak). Ada beberapa operator yang dapat dipilih, yaitu Indosat, Smartfren, Telkomsel, Tri, dan XL/Axis. Sudah mencakup semua operator besar di Indonesia ya?

Metode ini sebenarnya cukup mudah dan cepat. Tidak sampai 15 menit akan datang sms notifikasi kode verifikasi yang harus dimasukkan (untuk mencegah pemotongan pulsa dari oknum tertentu) lalu kemudian pembayaran selesai dilakukan. Aku beberapa kali menggunakan metode ini untuk melakukan pembayaran tagihan aplikasi (mostly buat beli stiker dan tema line hehe). Nah, kemarin entah kenapa akunku tidak bisa connect dengan operator sehingga pembelian tidak bisa dilakukan. Mungkin aku akan membuat postingan berbeda yang membahas masalah ini.

3. Saldo Google Play dan Kartu Hadiah Google Play. 

Sebenarnya, sudah beberapa kali aku tergoda membeli kartu hadiah google play yang dijual di minimarket dekat rumah. Kartunya lebih besar daripada voucher pulsa atau game biasa, lebih ke kartu tebal dengan isi saldo yang berbeda-beda. Nominalnya bervariasi dari 20k sampai 500k.

Kadang aku berpikir, "apa tidak takut kemalingan, kartu hadiahnya dipajang bebas begitu?" namun karena malas bertanya, aku baru tahu kalau ternyata kartu tersebut harus diaktifkan dulu oleh kasir sebelum bisa dipakai. Jadi kalaupun bisa mengambil kartu tersebut (alias mencuri), kartunyapun tidak bisa dipakai! Hehe.

Pengaktifan kartu hadiah ini jugalah yang membuatku gagal membeli kartu hadiah google play. Pasalnya karena internet yang sedang tidak mumpuni di minimarket dekat rumahku, kartu-kartu tersebut tidak bisa kubeli. Lah gimana dong? Akhirnya aku pergi mencari minimarket lain yang menjual kartu tersebut.


Kartu hadiah google play
Kartu hadiah google play
Di minimarket ketiga, kejadian sama terulang, kasirnya berkata "sinyalnya sedang gangguan mbak, kartunya tidak bisa diaktifkan."

Dalam hati aku mengutuk internet minimarket-nya yang selalu gangguan ketika ada pembayaran elektronik yang ingin dilakukan (sebut saja saat membeli pulsa atau pulsa listrik). Namun sebelum aku keluar dengan kecewa, kasirnya berkata, "mbak beli saja saldo google playnya disini mbak."

"Nggak pakai kartu mbak?"

"Nggak. Bisa kok beli saldonya disini, nanti ada kode vouchernya di struk. Sama saja dengan pembelian kartu hadiah."

Bilang dong dari awal, haha.

Singkat cerita, aku berhasil membeli saldo Google play senilai seratus ribu. Struknya seperti yang terlampir dibawah. Ada kode dan nomor serinya dan juga url penunjuk penukaran. Kemudian dirumah, tinggal buka aplikasi google play, klik akun, kemudian klik "tukarkan kode". Masukkan kode dari struk dan kemudian voila! Saldo google play anda sudah terisi.

Tapi lumayan yah, lebih mahal dari membeli pulsa biasa. Saldo seratus ribu harganya 110k. 


Kemudian tinggal kembali ke aplikasi yang butuh pembayaran. Nanti tinggal klik saldo google play kemudian input password. Selesai deh :D


Hasil editan videoku bisa dilihat dalam artikel ini : Nongkrong di Festival Bumi Rafflesia

16 comments

  1. Makasih kak infonya... Baru tau kalau bisa beli saldo google play hehe.. keren keren

    ReplyDelete
  2. Waah dapat informasi keren nih,
    Bolehlah di coba ya..

    ReplyDelete
  3. Jadi nggak ribet lagi deh kalau bisa beli saldonya di minimarket terdekat ya

    ReplyDelete
  4. oh, bisa cak itu yo Fir? mbak belum pernah cubo sih, dulu perasaan yang pernah beli suami mbak

    ReplyDelete
  5. Nah mau coba jg beli di Indomaret fir. Dah bberapa kali coba pake pulsa tri tapi ko ga bisa ya jadi bingung

    ReplyDelete
  6. Oh ya ampun mba kemarin tu juga stuck krn gabisa motong pulsa otomatis. Jadi ga diterusin. Padahal pengen beli ebook. Bolehlah pake cara ini. Makasih dek Fir 😄

    ReplyDelete
  7. Aku malah blm tw lo mbk mengenai pembayarn google ply. Hee.. Kudet

    ReplyDelete
  8. Wah.. Thanks infonya.. Sangat membantu. I like it.

    ReplyDelete
  9. wah informatif bangeet.. mau dong sesekali aku isi saldo googleplay juga... makasih a Mbk infonya...

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah coba beli saldo google play. Kinemaster lumayan juga ya biayabiay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, tapi lumayan kalau beli premium bawaannya udah lengkap mbak dari musik, latar sampai vfx-nya jadi gratis

      Delete
  11. belum pernah pake ini, banyak amat ya skearang layanan praktis dari google

    ReplyDelete
  12. mau juga ah, nyobain ini, mana tahu ada diskon belanja, belanji juga nantinya

    ReplyDelete
  13. Emak cantik, mau beli pulsa bisa juga ga di sana, coba fira isikan dulu deh, hehehe

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.