My Thoughts on Produce 48..


Halo!


This is Fira~ Seseorang yang sedang sangat kecewa dengan Produce 48 sekarang.

Seperti yang kalian tau, Mei lalu aku sangat hype dengan yang namanya Produce48. Sebuah program survival campuran dari produce 101 yang terkenal di Korea dan 48 family. Sebenarnya belum mau menguji hati lagi dengan program survival, produce 101 season 2 saja sudah cukup berat haha.

TAPI! Kali ini ada oshiku, Takeuchi Miyu yang mencoba untuk re-debut di Korea. Aku sebenarnya kurang mengenal Miyu di AKB, dia jarang terlihat di MV title track, satu-satunya MV dimana Miyu punya screentime lebih banyak yaitu MV 'Eien Preassure'. Tapi aku kemudian kenal dia lewat youtube channelnya. Cover lagu 'Better'-AKB48 adalah yang membuka mataku pada gadis bertalenta ini. Kebetulan lagu itu adalah lagu kelulusan oshiku sebelumnya, Shimazaki Haruka/Paruru. Jadi saat Paruru lulus, aku mulai mendukung Miyu sebagai oshiku di 48 family.


Baca juga My 2 Pick For Produce48

Miyu adalah member akb48 yang unik. Daripada variety dan akting, Miyu lebih fokus pada proses pembuatan musik dan video. Dia bernyanyi, mengaransemen musik, melakukan composing, merekam video dan mengedit video untuk youtube channel-nya sendiri. Dan gayanya bukan pop kebanyakan, lebih ke retro style atau klasik.

Ditambah lagi ada trainee starship yang bernama An Yujin. Yujin ini beberapa kali dimunculkan di comeback-nya Jeong Sewoon, peserta produce101 season lalu. Karena aku adalah seorang produce fan, mustahil untuk tidak mengenal An Yujin XD apalagi saat comeback Sewoon kedua dengan lagu Baby It's You, Yujin menjadi backdancer wanita yang membuat kameramen gagal fokus, haha. Karismanya itu loh, dewasa banget untuk anak usia 15 tahun (yup!!! seumuran dengan adik bungsuku). Apalagi karena badannya yang tinggi proporsional, sulit untuk tidak melihat potensi bintangnya.

Kedua orang ini langsung menjadi 2 pick-ku, bahkan sebelum show-nya dimulai. Banyak yang mengatakan mereka mirip, jadi aku membuat akun instagram @miyujin_pd48, khusus untuk mendukung mereka berdua yang punya wajah yang mirip.

 Produce 48 An Yujin and Takeuchi Miyu
Foto masa kecilnya siapa hayooo~

 Produce 48 An Yujin and Takeuchi Miyu
Serupa tapi beda kebangsaan :D


Kemudian episode satu dimulai. Miyu dan Yujin ditampilkan dengan kharisma yang berbeda. Yujin bersama geng dari starship adalah trainee yang berisik dan tidak bisa diam. Penampilan mereka dengan lagu Butterfly dari Little Mix sangat fresh dan menyenangkan. Miyu juga tampil mengesankan dengan lagu 'Eat You Up' dari lagu lama Jepang yang di remake di Korea oleh Celeb Five. Miyu juga menjadi trainee Jepang pertama yang mendapat kelas A.

Sayang sekali, di beberapa episode selanjutnya Miyu jarang mendapat screentime, kontras dengan Yujin yang mendapat banyak screentime karena karakternya yang cerah dan ceria. Miyu memimpin tim dengan bijak dan terkesan lebih kalem.

Rank mereka awalnya selaras di 12 besar. Namun di eliminasi kedua, terjadi kecelakaan besar dimana vote Miyu jatuh hingga hampir tidak bisa melanjutkan acara. Tidak bisa dimengerti mengapa rank Miyu jatuh, padahal dia tidak melakukan kesalahan besar. Di eliminasi berikutnya ranking Miyu naik drastis ke 6, sementara Yujin turun ke rank 14, kemungkinan besar karena banyak yang kecewa dengan pidatonya dan karena Yujin dianggap mengambil posisi center Kaeun. Hal-hal tersebut juga sebenarnya bukan masalah besar.

Lepas eleminasi ketiga, hanya tersisa satu episode. Lagi-lagi bias-ku kena evil edit, kali ini Miyu. Dia yang rankingnya naik drastis menuju rank 6, diperlihatkan bersifat arogan dan ingin menang sendiri, saat dia mengambil posisi main-vocal yang sebelumnya diisi Park Haeyoon dari FNC. Seperti yang semua fans produce 48 tahu, Park Haeyoon ini punya vokal kuat dan stabil, sehingga keputusan Miyu menggeser Haeyoon yang paling pantas di main-vokal sangatlah egois. Padahal Miyu-pun pantas mendapatkan posisi itu, dan ia jarang mendapat kesempatan menjadi main-vokal.

Dalam seminggu yang krusial, kukira posisi Miyu dan Yujin sudah aman di 12 besar. Namun sayang takdir berkata lain. Setelah Yujin diumumkan sebagai orang ke-7 yang bisa debut di grup IZONE (nama grup debut yang diusung mnet), nama Miyu tak kunjung diumumkan, bahkan saat pengunguman kandidat rank 12, nama Miyu bersama Juri, Haeyoon, Miru, dan Miu tidak ada disana. Selepas acara, barulah aku tahu (dari update web produce48) bahwa Miyu berakhir di posisi 17.

Sedih, kecewa. Itulah yang aku rasakan. Banyak orang lain yang juga kecewa dengan hasil ini, sebut saja fans Kaeun dan Miho. Miho pernah dapat rank 2 dan Kaeun pernah dapat rank 1 pada eliminasi kedua. Tambah kecewa karena dalam 12 besar banyak yang talent-less seperti rank nomor 8 yang penampilannya selalu mengecewakan.

Beberapa orang berkata bahwa line-upnya masuk akal, karena mnet ingin menyasar pasar dua negara sekaligus. Jepang terutama, jika ingin sukses seperti 48 family maka majukan gadis-gadis belia yang imut. Center yang terpilih di produce48 adalah Jang Wooyoung, yang baru berumur 15 tahun namun memiliki badan yang super sexy, sangat cocok dengan keinginan pasar. Yah meskipun begitu aku tetap tidak habis pikir kenapa mereka mengadakan survival-show, sama seperti ketika aku menonton Sixteen dari JYP. Line-up debut pun dapat berubah diakhir waktu, entah karena fansnya yang kabur dan tak acuh, atau memang sudah settingan dari awal.

Well, memang tidak seharusnya aku menonton show ini dari awal. Kukira mnet akan mendebutkan grup yang serupa dengan wanna one, yang berisi banyak talent dan memiliki karakter yang berbeda-beda. Tapi ternyata mereka hanya menggunakan 'cetakan wanna one' namun memilih gadis yang bahkan tidak bisa apa-apa karena mementingkan 'visual'-nya.

Selamat tinggal Yujin, selamat debut di Izone.

Untuk sekarang sepertinya aku akan mendukung Miyu sampai karirnya jelas dulu, hehe. Nanti kalau keduanya sudah debut, baru aku kembali menghidupkan akun @miyujin_pd48

No comments

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.