Promo Beli 1 Tiket Gratis 1 Tiket Tiap Rabu | Perbedaan Aplikasi Tix_Id dan M-Tix


Halo!

Sekali lagi, aku mau posting lagi tentang pengalamanku melakukan transaksi online. Setelah sebelumnya aku mesti bolak balik indomaret-alfamart nyari kartu google play, kali ini aku mau cerita tentang "beli tiket nonton bioskop"

Baca dulu tentang google play disini

"Apaan sih fir, kalau mau nonton kan tinggal beli aja di counternya, gampang."

Iya gampang, tapi pembelian lewat aplikasi ini lebih memudahkan pengunjung. Tidak perlu datang awal dan mengantri, cukup beli lewat aplikasi saja. Biasanya kan, kalau mau nonton bioskop itu tricky banget, datang satu jam sebelum supaya dapat tiket dan kursi yang diinginkan, tapi mesti nunggu dulu satu jam. Atau, datang ketika filmnya sudah mau diputar, tapi dapat kursinya ditengah atau dibawah.



Counter m-tix di beberapa daerah
Percayalah, dua aplikasi ini akan sangat membantu jika kita ingin menonton film hits pada pemutaran hari pertama. Biasanya nih film-film marvel atau disney. Siapa yang mau nonton di hari kedua dan ketiga, spoiler sudah bertebaran XD Apalagi di aplikasi ini kita juga bisa beli pre-order tiket (khusus film hits sih), jadi sebelum kehabisan, sudah mengamankan spot! Hehe.

Nah, untuk memesan tiket online ini ada 2 aplikasinya, yaitu CinemaXXI dan Tix_id. Keduanya ada di google play store. Sebelum bahas perbedaannya, aku mau ceritain dulu kejadian kemarin tentang aplikasi ini XD

"Setiap hari Rabu di bioskop kalau beli 1 ada gratis 1 lho!"

"Ah masa, bukannya itu hari Jumat ya yang beli satu gratis satu?"

"Kudet ah, itu promo provider lain, udah lama berakhir juga. Kalau yang ini tu pake aplikasi tiket online!"

"Oh gitu. Nanti aku coba deh"
Ini loh banner promonya


Itu tadi ilustrasi percakapanku dengan teman. Sudah lumayan lama sih, tapi baru mau kucoba buktikan hari Rabu kemarin. Di hape-ku sudah ada aplikasi Cinema 21, ku install buat memantau film yang ada di bioskop Bengkulu (ingat nggak dulu kalau mau cek film yang lagi tayang mesti liat di koran? ehehe). Di aplikasi itu ada layanan beli tiket, namanya m-tix.

Logo aplikasi Cinema 21 dan Tix ID

Registrasinya gampang, cuma isi beberapa pertanyaan dasar seperti nomor hape, nama lengkap sesuai kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR), email, alamat sesuai KTP, provinsi asal, kota asal, gender, tanggal lahir serta mengisi password dan pertanyaan pemulihan. Jadi pokoknya kalau sudah teregister (dan beli saldo), tinggal bawa hape aja ke bioskop ga usah bawa dompet (ehehe).

Cara mendaftar di m-tix


Untuk isi saldo, ada beberapa pilihan pembayaran yang disediakan, mulai dari BCA, Mandiri, Mandiri e-cash, DBS dan Tokopedia. Bisa juga bayar pake credit card mastercard dan BCA Klik Pay. Karena bank yang kugunakan bukan salah satu diantara yang disebutkan tadi, aku klik pembayaran menggunakan saldo tokopedia. Untuk pembayaran di tokopedia sendiri, bisa lewat berbagai macam bank (termasuk bank saye) dan indomaret. Akupun mencoba top-up saldo 100ribu, nominal paling kecil diantara nominal lainnya.

Opsi pembayaran tersedia di aplikasi Cinema 21


Setelah beres, langsung terisi deh saldo m-tixnya. Lumayan ribet yah. Jadi pengen buka rekening bank baru.

Tapi kemudian aku baru sadar...

*masukkan musik dramatis, pake petir-petir gitu*
jeng jeng jengggggg

..kalau ternyata yang kasih promo beli satu gratis satu itu aplikasi tix_id

Well, di m-tix juga kadang ada promo. Tapi promo yang ada kemarin itu cuma promo cashback beli saldo saja. Bukan gratisan tiket.

On going promo dari m-tix

XD MAKANYA TELITI DULU BACA PROMO FIR! Hehe.

Tapi urung deh beli tiket gratisan. Sayang saldo yang di m-tix hehe.

Anyway, balik ke topik. Jadi apa bedanya m-tix dari aplikasi Cinema 21 dan aplikasi tix ID?

Perbedaan Aplikasi TIX ID dan M-Tix (Cinema 21)

  1. Cinema 21 adalah aplikasi resmi dari keluarga bioskop Cinema XXI, maka dari itu kalau ke bioskop, adanya kounter m-tix bukannya tix_id. TIX ID adalah aplikasi pembelian tiket yang spesifik di tiket film di bioskop. Untuk mendapat tiket fisik, pembelian lewat Tix id bisa mengujungi konter m-tix dan memasukkan nomor telpon/scan kode QR.
  2. Untuk Cinema 21 dari PT. Nusantara Sejahtera Raya sementara TIX ID dari PT Nusantara Elang Sejahtera. Apakah TIX ID anak perusahaan Cinema 21? Mungkin? Hehe
  3. Pembayaran TIX ID melalui Dana. Saldo Dana bisa di top-up mulai dari 10k-2.000k. Kalau aku coba pembayaran lewat tokped untuk m-tix, top upnya cuma bisa kelipatan 100k. Untuk top up dana, pilihan banknya lebih banyak (tapi bank saye masih juga belum terdaftar! Gemesss!)
  4. Beda tampilan aplikasi. Menurutku tampilan Tix Id lebih minimalis dan elegan.
  5. Pendaftaran di Tix id lebih gampang dari pada m-tix. Untuk m-tix harus memasukkan identitas lengkap dari ktp, sementara di m-tix hanya nomor telpon saja. 
  6.  Banyak promo ditawarkan di tix id bukannya aplikasi cinema 21. Ini perbedaan paling bikin gregetan hahahaha 
  7. Perbedaan biaya admin. Sekali pembelian tiket di tix_id ada biaya admin 2.500, sedangkan di mtix hanya 1000 rupiah. 
  8. Di Tix_id terdapat opsi kode referral untuk pengguna yang baru pertama kali menggunakan aplikasi. Contohnya 48BD8X. Nah nomor ini bisa dimasukkan di bagian Akun Saya. Bagi yang menggunakan kode maupun yang memberikan kode mendapatkan promo potongan harga 25.000. Mantap kan? Yuk dicoba :D
TIX_ID koder referral
Menggunakan kode referral di TIX_ID

8 comments

  1. hayo...yang hobi nonton yang hobi nonton. Kalau hobi nonton kayaknya memang harus punya aplikasi-aplikasi itu Fir, mbak dengar teman cerita banyak dapat gretongannya (*tiket). Kalau mbak kebetulan kurang hobi, tapi kalau ada yang ajakin nonton gretong hayuk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya mbak, mantap sekarang banyak gratisan. Tapi fira lebih pengen lagi kalau bioskopny ado sistem pass bulanan, kayak di eropa ehehe

      Delete
  2. Owh, bisa juga pembayaran lewat tokopedia ya. banyak metode pembayaran juga ya

    ReplyDelete
  3. Eh, mba kan pernah ya ngincer promo yg bank anu, beli 1 gratis 1 tiket itu loh. Nyampe di sana, kartu bank anu ga bisa digesek dong. Bisanya bank ini. Gemessss! Tapi yaudah, masa dicancel. Akhirnya tetap bayar 2 dongs dongs. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mbak mesti teliti juga sama promo dan ketersediaannya XD kadang S&Knya bikin ilfil

      Delete
  4. Owalah iya namanya mirip ya.. Saya kira satu perusahaan. Ternyata berbeda pula.. Makasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya satu perusahaan mbak, tix id anaknya cinema 21. Tapi masih perlu diselidiki lagi hehehe

      Delete
  5. Wah... memudahkan sekali ya aplikasi ini. Kita ga perlu antri di bioskop untuk booking tiket. Asyik ya....

    ReplyDelete

Bagaimana pendapat anda?

Penulis. Powered by Blogger.