Re-Charge Semangat Skripsi dengan Secangkir Jahe



Halo! 

Kangen banget update di blog ini. Dari awal Oktober baru bisa posting sekarang. Yah namanya juga mahasiswa semester akhir yang lagi memperjuangkan skripsi, haha. SEMANGAT! Para pejuang tugas akhir diluar sana, pokoknya tetap semangat ya! Tinggal sedikit lagi nih selesai masa perjuangan di S1. 


Proposal penelitianku!
Aku mau cerita sedikit tentang tugas akhirku. Siapa tahu kamu kepo sama skripsinya anak kedokteran, hehe. 

Jadi di kampusku, ada beberapa lingkup penelitian yang bisa diambil, seperti biomedik, klinik, komunitas atau pendididkan kedokteran. 

Nggak bahas penyakit melulu ya anak FK. Hihi. Bisa bikin penelitian ke obat, bisa bikin penelitian dengan melihat perilaku masyarakat, bisa juga malah tentang metode pembelajaran di FK. Bervariasi banget pokoknya ruang lingkupnya. 

Biomedik itu adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan pengetahuan dasar ilmu pengetahuan alam untuk menjelaskan fenomena pada makhluk hidup dan mencari hubungannya dengan masalah kesehatan. Sederhananya, diantara lingkup penelitian yang lain, bidang biomedik ini kerjanya lebih ke eksperimen. 

Aku salah adalah salah satu orang yang memilih bidang ini daripada bidang lainnya, kerena aku lebih tertarik ke uji bahan alam sebagai  obat. 

Aku ingin coba menguji manfaat bahan alami yang ada di Indonesia sebagai terapi untuk penyakit diabetes mellitus (DM). Tau kan diabetes? Itu loh kencing manis. Zaman sekarang, penderitanya makin banyak. Bahkan, menurut International Diabetes Federation (IDF, 2014) Indonesia sekarang berada di urutan ke-5 penderita DM terbanyak di dunia. 


Bahan alami yang kupakai itu daun beluntas, daun ini banyak tumbuh sebagai semak  yang bercabang banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter jika tidak dipangkas. Air rebusannya punya efek antinyeri. Dari beberapa jurnal, didapatkan ekstrak tumbuhan ini memiliki senyawa aktif yang dapat memberi efek terapi pada kadar gula dalam darah.

Daun beluntas
Wheee jadi panjang banget ngejelasin skripsi. Ini kayaknya baru bagian latar belakang aja, belum metodologi, haha. Untuk melakukan penelitian ini, banyak banget proses yang harus ditempuh. Butuh energi ekstra lah pokoknya XD Apalagi proposalku sedikit mengalami hambatan internal, hmm, jadi sekarang harus dikebut agar bisa lulus secepatnya. 

Tapi tau sendiri lah ya perjuangan TA, bukan tugas sehari semalam, tapi bisa bermalam-malam. Baca jurnal, edit proposal, maju proposal, ngurusin etik dan lain-lain. Capek banget, tiap malam mikir, "kapan kelarnya yak?" haha. Kalau udah begitu, aku bangkit dari kursi dan cari sesuatu buat nge-refresh semangat. Di dapur banyak minuman sachet herbadrink, mama yang nyetok supaya kalau lagi capek atau baru pulang habis dari hujan-hujanan, bisa langsung seduh sendiri. 

Re-charge semangat skripsi!
Oh iya, herbadrink itu minuman herbal alami yang dibuat berdasarkan resep tradisional Indonesia. Variannya ada banyak banget, mulai dari sari jahe, sari temulawak, lidah buaya, chrysanthemum (seruni), kunyit asam, kunyit asam sirih plus madu, beras kencur, kopi gingseng dan wedang uwuh. Melihat varian yang sebanyak itu, aku jadi kepikiran, apakah suatu saat nanti ekstrak bahan alami yang kuteliti ini bisa dijadikan minuman sachet yang praktis XD Semoga saja ya. 

Makanya fir, lebih semangat lagi dong penelitiannya! Berikan kontribusi terbaik untuk bangsa!

Sari jahe dari herbadrink
Lanjut kerja lagi hayuk
Jahe yang punya nama latin Zingiber officinale ini punya banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya menghangatkan serta membuat tubuh nyaman sehingga memberikan efek relaksasi. Kalau sudah lebih rileks kan badan jadi lebih fresh dan semangat naik lagi tuh :D makanya kalau habis suntuk, enaknya minum jahe. Bisa seduh dengan air hangat atau air dingin. 

Pokoknya semangat deh bagi para pejuang skripsi diluar sana. Kita sekarang sedang melalui tahap yang sama, saling menguatkan dan membantu yak! Semoga masa-masa ini cepat berakhir dengan bahagia :D

Bye!

11 comments

  1. Wah pejuang skripsi, semangat Fir. Siapa tahu annti bisa jadi dokter pakar obat-obatan herbal kan, semangat!!!!

    ReplyDelete
  2. Semangat ya kak Fira. Aku tau rasanya jadi pejuang skripsi. Jangan lupa jaga kesehatan ya

    ReplyDelete
  3. Semangat yang sama2 pejuang skripsi :D kesehatan harus di utamakan

    ReplyDelete
  4. Pejuang skripsi,,semangat ya Fira.. Semoga Allah mudahkan.. Btw,, jahe memberikan efek relaksasi ya.. Pantes aja nyaman kalau minum jahe..

    ReplyDelete
  5. Pas bangt ni mbak. Aku juga mulai bergelut dg dunia skripsi. Wkwk

    ReplyDelete
  6. Ternyata banyak penggemar herbadrink rasa dari jahe yaa,
    Waah yg lagi berjuang di skripsi, srmoga lancar dan dimudahkan yaaa...

    ReplyDelete
  7. Semangat kakak dokter. Habis ini mau lanjut spesialis apa fira

    ReplyDelete
  8. pasca minum herbadrink jahenya, semoga skripsiannya jadi tambah semngat ya Fir.

    ReplyDelete
  9. Semangat kak.. Ditemani herbadrink biar tambah semangat ngegarap skripsinya

    ReplyDelete
  10. Kok aku jadi makin tertarik sama skripsinya Fira. Secara banyak krluakel yang kena diabetes ��

    ReplyDelete
  11. Minum wedang jahe pas lagi mumet atau kecapekan memang enak. Sukses untuk skripsinya, mba. Oh ya, sekedar saran nih, kalau dilihat dari laptop foto-foto yang dilampirkan di postingan ini terlalu kecil. Mungkin bisa diatur settingnya sehingga lebih enak dilihat ^_^

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke kolom komentar ini! Aku suuuuuukkaaaaaaa banget kalau ada yang berkomentar. Apa saja. Bilang 'Fira Keren' amat disarankan XD karena akan membuatku tersenyum seharian!

Jk. Drop any comment you want :)

Penulis. Powered by Blogger.