Beautiful Pain - BTOB MV Theory

 
Comeback BTOB minggu ini adalah comeback yang benar-benar kutunggu-tunggu. Apalagi semenjak sang leader Seo Eunkwang wamil, aku benar-benar penasaran dengan apa yang akan dilakukan grup. Seingatku hampir tidak pernah BTOB hadir disuatu acara tanpa Eunkwang.

Apalagi, seperti yang dikatakan 1thek dalam caption MV Beautiful Pain yang mereka posting, This special album has the voices of the entire members of BTOB, who will be difficult to meet for a while menyiratkan bahwa lagu dan album ini amat spesial. Changsub, Minhyuk akan segera menjalankan wajib militer dalam beberapa bulan, dan akan makan waktu yang amat lama sampai mereka semua bisa bernyanyi bersama, karena saat Eunkwang keluar wajib militer, sudah saatnya bagi Ilhoon dan Sungjae untuk berangkat pula.

Aih :'(



Lagu Beautiful Pain adalah lagu ballad (dan sepertinya satu album isinya lagu ballad hehe) dengan medium tempo yang liriknya sangat indah (Baca Lirik Lagu Beautiful Pain disini) tentang bagaimana indahnya dan menyakitkannya waktu yang akan berlalu. Moodnya bagus banget buat lagu dimusim hujan begini, dingin... tapi musiknya menghangatkan.

MV BTOB kali ini sesuai banget dengan seleraku yang selalu mencari cerita dibalik sebuah music video. Well, hampir semua MV punya pesan yang ingin disampaikan, namun caranya selalu berbeda-beda. BTOB kali ini diberi scene yang berbeda-beda, tidak seperti MV Only One For Me dimana mereka nampak bersenang-senang bersama. Dalam teaser yang diberikan BTOB official, ada tangan perempuan mengancingkan baju Hyunsik, dan ternyata benar masing-masing beradu peran dengan seorang aktris (yang sepertinya trainee cube?).. kecuali lawan main Sungjae, wajah aktris nampak jelas.

Nonton dulu MV-nya supaya ngerti apa yang mau kubahas dibawah ahaha (link)

Cukup mengejutkan saat menonton MV-nya. Garis besarnya adalah bagaimana kesedihan para member saat mengingat masa-masa indah bersama. Flashback yang menyakitkan untuk diingat, namun indah. Satu yang membuatku kaget adalah saat-saat dimna pesawat yang dinaiki Changsub mengalami turbulensi dan kertas-kertas mulai berterbangan sementara Changsub berteriak.

Aku ikutan teriak dong haha

Liat MV Reactionku untuk lagu Beautiful Pain disini

Teoriku dalam MV ini mentok ke Changsub, Ilhoon, Minhyuk dan Peniel yang mati. Changsub karena kecelakaan pesawat, Ilhoon karena sakit, Peniel tidak dijelaskan mengalami sesuatu tapi dia datang ke set pesawat untuk membalikkan dua sandglass berisi minyak (apakah namanya jadi oil glass? haha) sementara Minhyuk kunyatakan begitu karena ada scene ia tertabrak kereta mainan.

Lol fir XD betapa dangkalnya. Namun ada satu MV theory dari seseorang di twitter @zalddowed yang pengen kubahas dalam postingan ini. Threadnya dalam bahasa inggris, yang mau liat di sumber asli silahkan kesini

Hyunsik 


Pertama, untuk Hyunsik. Diawal MV dia memakai baju cokelat namun saat scene berganti ia mengenakan baju biru, menyiratkan bahwa ia sedang mengingat kembali masa-masa indahnya bersama pacar yang amat menyayanginya. Pacarnya Hyunsik punya senyum yang cantik, dan ia mengurusi Hyunsik dengan baik namun Hyunsik tidak begitu menghargai perhatian wanita itu sehingga wanita itu pergi.

Tinggalan Hyunsik sendiri, mengingat dan menyesali keputusannya. Di bagian ini bisa dilihat bahwa kamar Hyunsik benar-benar berantakan dan tidak terurus.

Ilhoon 

Meskipun tidak terlihat jelas, banyak fans yang berspekulasi bahwa Ilhoon sedang sakit. Didukung dengan baju putih dan lampu operasi diatas tempat duduknya. Kemudian Ilhoon mengingat masa-masa bersama pacarnya dulu yang sering merekam momen mereka bersama.

Ilhoon kemudian marah dengan waktu dan ingin memutarnya kembali. Tv dibelakangnya menandakan hour glass, yang semakin habis waktunya. Scene Ilhoon terakhir terjadi disebuah ruangan remang dengan lampu berwarna merah. Ilhoon hampir mencium gadis yang ia cintai namun ia kemudian berjalan mundur dan hilang diantara asap. Menyiratkan bahwa ia sudah harus pergi.


Changsub

Hhhhh.. sebenarnya aku nggak mau bahas yang Changsub. Idk, Bagian Changsub masih membingungkan buatku. Dalam teori @zalddowed, Changsub yang sedang berada di pesawat mengingat kembali saat-saat berpergian bersama kekasihnya (ditandai dengan gelas yang tertumpah kembali naik dan setelah itu scene kembali dimasa dimana kekasihnya masih dalam jangkauannya) namun ketika ia ingin menggenggam tangan kekasihnya, hanya ada pasir.

@zalddowed menebak bahwa Changsub dan kekasihnya terlibat dalam kecelakaan pesawat namun hanya Changsub yang selamat. Trauma tersebut membuat Changsub merasakan hal yang sama tiap kali menaiki pesawat.. rasa ketakutan dan kehilangan memenuhinya.

Well, meskipun aku berkeras kalau Changsub yang akan mati namun teori barusan masuk akal juga. Apalagi karena aku kurang memperhatikan keberadaan pasir yang digenggamnya... sama dengan bagian Sungjae saat berusaha meraih kekasihnya.

Sungjae 

Sungjae merindukan sentuhan dan kehangatan kekasihnya yang biasa bersamanya. Seperti Changsub, kekasihnya Sungjae juga berubah menjadi pasir. Entah kenapa aku jadi punya imajinasi liar.. kalau thanos sudah menjentikkan jarinya dan membuat kekasih Changsub dan Sungjae berubah jadi pasir......

...AHAHAHHAHA

Ok hajima XD

Cara Sungjae mengekspresikan kehilangan adalah dengan bersembunyi dibalik selimut. Entah kenapa jadi pengen ketawa melihatnya menangis dibawah selimut (?)

Peniel 

Untuk bagian Peniel, jelas bahwa mereka berdua terlibat dalam perseteruan dan kekasihnya meninggalkan Peniel tanpa berbalik. Kemudian scene berganti dan Peniel terlihat membalikkan hour glass dan ingin memutar waktu kembali. Ia ingin waktu kembali seperti sebelum ia dan kekasihnya berkelahi.

Scene Peniel adalah yang paling singkat.. Ekspresinya daripada sedih lebih terlihat kesal. Ia juga jadi satu-satunya yang tampak berusaha membalikkan jam pasir. Dan entah kenapa, saat membalikkan jam pasir tadi dia berada didalam pesawat tanpa kursi.. Ini jadi salah satu bagian dari MV yang tidak kuketahui maksudnya.



Minhyuk

Seperti Sungjae, scene Minhyuk cukup simple. Ia digambarkan tinggal bersama dengan kekasihnya. Namun hari demi hari hubungan mereka mulai terasa hambar dan sang kekasih meninggalkan Minhyuk. Minhyuk yang tidak bisa hidup tanpa kekasihnya mulai menangis sendiri dalam rumahnya dan sedikit tertawa... apa mulai gila... Kemudian dia berbaring diantara rel kereta api mainan.. mengibaratkan bahwa ia ingin mengakhiri semuanya.. dengan bunuh diri? Namun hal yang terjadi selanjutnya tidak diperlihatkan dalam MV sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa ia hanya kehilangan kekasihnya saja.

Kesimpulannya, BTOB dalam MV ini ingin memperlihatkan bagaimana cinta itu bisa terasa indah namun juga menyakitkan. Dan menurut sudut pandangku sebagai fans, MV ini benar-benar menyedihkan. Terutama bagian Changsub karena aku nggak rela dia dapat scene kecelakaan pesawat. Its too hearbreaking hiks

So.. Which story is your favourite?

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke kolom komentar ini! Aku suuuuuukkaaaaaaa banget kalau ada yang berkomentar. Apa saja. Bilang "Fira Keren" amat disarankan XD karena akan membuatku tersenyum seharian!

Jk. Drop any comment you want :)

Penulis. Powered by Blogger.