Haruskah Obat Hipertensi Diminum Setiap Hari?


Malam kemarin, aku ngantarin abah ke dokter buat kontrol hipertensinya. Hipertensi atau yang disebut dengan tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesegaran dari tekanan darah yang tidak terkontrol. Jika tekanan darah tidak terkontrol, maka seseorang yang memiliki hipertensi berisiko terkena stroke, serangan jantung bahkan kematian.


Penyakit hipertensi itu seperti bom waktu, sehingga seseorang yang memiliki hipertensi diharuskan Minum Obat Hipertensi. Jadi ketergantungan terhadap obat, karena kalau tidak maka tekanan darahnya akan kembali seperti semula.

Karena itu jika kalian memiliki kerabat yang punya riwayat hipertensi maka penting untuk mengingatkan orang tersebut untuk mengendalikan emosinya supaya tekanan darahnya tetap stabil dan memodifikasi gaya hidup. Ya seperti berolahraga minimal 3 kali seminggu, jauhi makanan fast food, rokok, alkohol dan istirahat yang cukup. Juga mengontrol asupan makanan terutama Makanan Berkalori Mengandung Garam harus dihindari karena dapat memicu tekanan darah tinggi yang lebih parah lagi. Selektif dalam memilih makanan itu penting bagi penderita hipertensi supaya mereka tidak terkena penyakit yang lebih serius. 

Kenapa Obat Hipertensi Harus Diminum Tiap Hari?

Karena hipertensi adalah keadaan kronik yang tidak dapat disembuhkan namun dapat di kontrol. Untuk orang-orang yang baru terdiagnosa hipertensi, sebenarnya bisa mencoba memodifikasi gaya hidup terlebih dahulu.


Namun, pada beberapa studi, orang dengan hipertensi stage 2 (TD >160/90 mmHg) meskipun melakukan modifikasi gaya hidup, tidak begitu membantu menurunkan tekanan darah ke normal lagi. Karena itu, dibutuhkan obat untuk mengontrolnya.

Obat anti hipertensi dirancang khusus untuk mengendalikan tekanan darah tinggi yang diderita seseorang, apalagi pada saat siang hari yang banyak aktivitas harus selalu sedia obat tersebut untuk mewaspadai tekanan darah tidak stabil. Jika Anda melewatkan minum obat hipertensi adalah akan mempengaruhi kerja jantung dan juga pembuluh darah. Pembuluh darah akan tersumbat serta jantung pun kelelahan akibat beban kerjanya yang sangat berat dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi seperti ini dapat mengakibatkan serangan jantung, gagal ginjal hingga kematian. 

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.