Cara Refund Uang dari Toko Buku Online (bukabuku.com)



Saat membeli buku The Naked Traveler 8-nya Mbak Trinity, sebenarnya aku juga beli buku 'Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang' karya Fumio Sasaki. Buku ini sudah direview banyak influencer dan bahasannya menarik buat dibaca. Sayang, toko buku satu-satunya di kotaku sedang renovasi pasca kebakaran beberapa minggu lalu. Tokonya pindah ke lantai atas dengan space yang lebih kecil, dan tidak semua buku diangkut keatas.

Padahal aku sudah pernah liat bukunya tahun lalu, namun ketika pramuniaganya kutanyai stok buku tersebut, alih-alih mencarikan stok di komputer, dia menjawab,

Sepertinya tidak ada mbak, saya belum pernah liat.

Duh.

Kecewa sekali perasaanku mendengar jawaban tersebut. Akhirnya aku beralih ke toko buku online, yang sudah sering kupercaya untuk pembelian bukuku selama ini.

Yes, ada nih bukunya, tapi di gudang supplier. Langsung deh checkout bareng buku TNT 8. FYI, buku TNT8 ada di urutan pertama best-seller travel, sementara Goodbye things ada di urutan 10 best seller buku non-fiksi, memang buku terkenal pokoknya.

goodbye things fumio sasaki
Ada, tapi di gudang supplier.
Cari tahu tentang Goodbye things disini (goodreads review)

Setelah check-out dan bayar bukunya, aku dapat email konfirmasi pembayaran dan proses. Oh iya, meskipun kedua buku ini beratnya tidak lebih dari 1 kg, aku membayar ongkir untuk 2kg. Ternyata hal tersebut dikarenakan pengirimannya dipisah, agar aku bisa mendapat bukunya lebih cepat.

Buku TNT8 dikirim segera, bahkan sampai sebelum launching bukunya. Goodbye, things masih nyangkut.

Seminggu kemudian aku dapat email ini dari bukabuku.com

Proses refund bukabuku.com

Heu, stoknya kosong bro. Awalnya aku optimis bukunya masih bisa didapatkan dari toko buku online ini. Jadilah dari 3 pilihan, tunggu, ganti, batal aku memilih opsi tunggu. Namun ternyata seminggu kemudian aku kembali mendapat email berisi jawaban mengecewakan. Kali ini aku malah tidak mendapatkan opsi tunggu. Hanya ada ganti atau batal.

Ya sudah, kalau begini caranya harus cari dari tempat lain. Oh iya, bagaimana dengan uang yang sudah ditransfer dong? Secara nih, sebelumnya aku sudah pernah deposit 28 ribu.

Ah ternyata ada bisa refund! 

Pertama klik menu My bukabuku, kemudian di Menu anggota pilih Deposit dan Refund.

refund dari bukabuku.com
Kemudian klik Refund Deposit dan masukkan informasi bank, nomor dan nama rekening.
 
Refund Uang dari Toko Buku Online

Selesai deh. Gampang banget ternyata.

Refund Uang dari Toko Buku Online
Jadi gimana buku yang mau dibeli tadi? Well, aku jadinya beli di Shopee, ada online shop buku yang punya stok buku tersebut. Harganya sama aja dengan yang di bukabuku.com, plusnya lagi ada diskon gratis ongkir dari shopee jadi aku cuma nambah 8 ribu saja buat ongkir. Lumayan hemat dong, maklum, aku tidak tinggal di pusat kota jadi ongkos kirim kesini agak mahal.

Toko buku online besar harus hati-hati nih dengan toko buku online kecil yang berkerjasama dengan e-commerce terkenal. 

Sampai jumpa di review buku Goodbye Things yak!

UPDATE 12 MARET 2018 : UANG REFUND BELUM JUGA KUTERIMA. YANG PENGEN BELI BUKU LEWAT BUKABUKU.COM KAYAKNYA HARUS BERPIKIR 2-3 KALI DEH, SOALNYA KALAU STOKNYA NGGAK ADA DAN HARUS REFUND, PROSESNYA JADI SUSAH BANGET!

Baca dulu Review Buku The Naked Traveler 8 disini

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.