Numpang Nampang di RRI Pro 2 Bengkulu!


Hi! I'm back.

He-he.

Padahal kupikir bakal fokus di wordpress aja dulu untuk sementara waktu, tapi ternyata ada hal yang harus diposting dan ada update yang sayang buat dilewatkan.

Aku diundang ngobrol di RRI lagi yey! 

Hari Rabu, Kak Intan bertanya padaku apakah aku sibuk besok sore (14 feb). Kujawab tidak ada kegiatan. Rupanya Pro 2 RRI ingin mengundang perwakilan dari Blogger Bengkulu untuk ngobrol sore santai. Aku dan Nengsih dipilih, mungkin karena kami sama-sama masih mahasiswa jadi lebih gampang nyesuain jadwal kali ya.


Dibikinin posternya XD aku bingung mau share dimana, soalnya lagi program social media detox. 


Long story short, jam 4 sore aku nyampe di gedung RRI. Aku masuk lewat pintu samping, dan mendapati bagian tengah gedung sedang direnovasi. Daripada nyasar, aku bertanya pada bapak-bapak berbaju batik yang kemudian mengarahkanku untuk menuju bagian depan gedung. Oh ternyata semua studio (pro 1, pro 2 dan pro 4) pindah ke bagian depan. Studionya jadi lebih visible karena sebagian besar dindingnya adalah kaca. Aku segera masuk ke studio dan duduk disebelah Nengsih yang sudah datang lebih awal.

Pewara acara kali ini adalah Mbak Vidya. Aku merasa familiar dengan wajahnya dan baru ingat (pas ngetik postingan ini) kalau Mbak Vidya juga pewara acara saat aku diundang bicara tahun lalu. Kalau tahun lalu segmennya gabungan dengan daerah lain (dan dari Bengkulupun sesi bicaranya dibagi keempat orang), maka kali ini aku dan Nengsih benar-benar dapat waktu 1 jam buat sharing soal dunia blogging dengan para pendengar RRI pro 2

Standby nunggu acaranya mulai.
Awal sesi aku dan Nengsih diminta untuk memperkenalkan diri. Kemudian kami mulai membahas awal mula mulai ngeblog dan bergabung dikomunitas. Ngobrolnya jadi makin seru ketika membahas blogging di era sekarang, dimana masyarakat lebih meminati konten gambar dan video daripada tulisan. Mau tidak mau blogger harus serba bisa dalam mempromosikan konten blog-nya, selain menulis juga harus promosi di media sosial. Menulis konten di blog juga tidak bisa hanya kata-kata semata tapi juga menyelipkan gambar, infografis dan bahkan video jika perlu.

Mbak Vidya juga sempat menanyakan tips supaya bisa semangat buat ngeblog dan bagaimana supaya konsisten. Aku dan Nengsih sepakat bahwa untuk bisa terus produktif ngeblog, masing-masing harus punya target tulisan sendiri dan yang lebih penting punya komunitas. Komunitas sangat membantu dalam menaikkan mood, terutama buat blog pemula yang jarang dikunjungi. Tidak seperti media sosial dimana kita bisa dengan mudah mengupdate dan mendapat update secara reguler dari orang lain, blog harus punya kelebihan diberbagai sisi dulu, seperti tampilan menarik, page-one google, konten ber'isi' dulu, hingga akhirnya blognya punya pembaca reguler.

Ada juga pertanyaan soal pendapatan dari blog yang diutarakan Mbak Vidya. Aku agak kebingungan menjawab karena kalau berharap dari adsense, aku belum pernah dapat payout sekalipun-haha *ketawa nervous*. Tapi kalau untuk campaign kecil-kecilan, kerjasama dengan brand buat ngereview produk, adalah uangnya sedikit-cukup buat beli kuota. Ukuran pendapatan bervariasi, tergantung pengalaman (of course say) dan skill. Bisa dibilang aku dan Nengsih masih ditahap pemula, kami baru aktif tahun 2017 akhir dan belum maksimal fokusnya ke blog (masih mahasiswa kan ya) jadi pendapatan kami belum bisa dibandingkan dengan para senior blogger.

Last but not least, sebelum ditutup Mbak Vidya bertanya padaku tips buat pemula yang ingin ngeblog. Kubilang ya pertama sign-up dulu, atur tema blog yang nyaman dilihat dan mulai menulis. Tulis apa saja dulu sampai terbiasa, karena orang yang belum pernah menulis untuk publik (nulis status tidak termasuk pengalaman nulis di publik XD) pasti masih kaku dan insecure dengan tulisannya sendiri. Ada baiknya untuk menemukan gaya menulis dan tema yang 'gue banget' supaya lebih nyaman menulisnya. Selain itu coba untuk bergabung di komunitas blogger, karena belajar di lingkungan yang tepat bisa nge-boost kemampuanmu. Bisa belajar dari para senior sambil menerima bimbingan cuma-cuma.

Sesi ngobrol asik itu berakhir jam 5. Mbak Vidya kemudian menutup diskusi dan memberitahukan pendengar bahwa radio pro2 akan bergabung ke pro 1 untuk mendengarkan berita daerah sore. Setelah itu kami foto-foto dulu buat kenang-kenangan :D

Terima kasih Mbak Vidya udah diundang ngobrol di pro2 :D
Sebenarnya latar hijau ini adalah latar dari studio pro 4, hehe. Mbak Intan mengizinkan kami masuk ruang kerjanya buat foto-foto (dan jadi tukang foto dadakan hehe. Makasih Mbaaa~)

Last, aku dan Nengsih foto bareng Mbak Intan. Trio gadis Blogger Bengkulu, hehe. Sudah lama nggak bersua, akhirnya kami ngobrol bareng didepan studio sambil makan pempek (karena nggak boleh makan didalam ruangan!) tentang komunitas dan tentang... SAHAM! XD

 

9 comments

  1. Dah lama pake banget ga baca tulisan bu dokter, kirain dah keluar dari dunia blogging

    ReplyDelete
  2. Duh ileeehhh aku mah berasa jadi penyiar yg apalah2 jadinyaaa haha.
    Sukses buat blognya..mudah2an bisa dapet doku2 lebih ya di blog hehehe. Btw, thank tips ngblognya buat fira & nengsih 😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Vidya ya? Hehe. Mbak keren kok XD aku kagum sama mbak.
      Iya sama-sama mbak :)

      Delete
  3. keren deh.. semoga sukses terus dunia blogging dan kuliah nya ya mbak hehe.. mantap...

    ReplyDelete
  4. Slnjutnya kmna lg kta mbak? Hihii

    ReplyDelete
  5. Aku juga mau dong ngerasain gimana siaran. Dek Ntaan! Undang akuuuh

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.