Aneka Resep Sederhana Yang Membuat Sarapan Terkesan Mewah | Harga Keju Cheddar



Siapa yang tidak suka keju? Salah satu produk susu yang punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Dari bentuk susu diubah menjadi keju balok dengan cara pengentalan atau koagulasi dengan menggunakan bantuan bakteri dan enzim tertentu sehingga menjadi lebih padat dan lebih kaya nutrisi. Selain itu keju memiliki kandungan laktosa lebih sedikit daripada susu sehingga lebih aman dikonsumsi orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa atau diabetes.




Cita rasa keju yang unik membuatnya digemari banyak orang. Keju punya rasa gurih dan asin yang membuatnya menjadi salah satu rasa yang banyak disukai di Indonesia. Meskipun kebanyakan makanan tradisional Indonesia tidak memakai keju sebagai bahan dasar, tapi saat ini keju lazim dijumpai di buku menu restoran. Ada banyak jenis keju yang beredar saat ini, namun yang paling populer adalah keju cheddar atau keju balok. Daftar harga keju cheddar cukup bervariasi tergantung dari kemasan dan bentuk kejunya. 
Pizza kekinian dengan keju mozarella sebagai isian

Personally, aku suka banget sama keju. Nggak pernah lupa nyetok keju cheddar batang atau mozarella didalam kulkas supaya nanti pas mau masak bisa nambahin potongan keju. Atau kalau lagi bokek, beli keju cheddar yang bentuknya lembaran tipis, makannya tinggal diselipin di roti hehe. Memasukkan keju kedalam masakan terbukti menambahkan kesan mewah pada resep yang sederhana sekalipun. Apalagi kalau pakai keju leleh, uhh liat kejunya melar gitu jadi gemes!!

Ini ada beberapa resep sederhana yang mungkin bisa kamu praktekan dirumah. Gampang, murah dan yang pastinya enak hoho. 

1. Sandwich Keju

Sandwich artinya roti lapis. Menu ini populer untuk menu sarapan pagi karena cara pembuatannya yang cukup mudah. Kalau yang ala fira sih, sediakan 2 tangkup roti tawar, telur yang sudah didadar, potongn sosis, keju cheddar, mayo/saos, timun dan tomat. Oh iya kadang pake potongan bawang bombay yang udah ditumis, tapi ya masukkan sesuai selera aja lah ya.

Tumpuk begini ya

Setelah semua bahan siap, tinggal dipanaskan bentar diatas wajan. Pake wajan karena aku nggak punya toaster atau microwave buat masak rotinya hehe. Untuk bahan keju, kalian bisa memakai keju balok yang diparut ataupun keju slices yang bisa dipakai satu per satu. Untuk harganya, keju balok memiliki kisaran harga dari Rp. 17 ribuan hingga Rp. 25 ribuan sedangkan harga keju cheddar slice memiliki harga dari Rp. 10 ribuan hingga Rp. 20 ribuan tergantung banyaknya slice dalam kemasan.

Setelah itu selesai deh. Sederhana tapi sedap dan praktis!


2. Nasi Goreng Keju Leleh


Menu sarapan sehat lainnya adalah nasi goreng dengan toping lelehan keju cheddar. Untuk makanan ini Anda juga bisa menggunakan keju cheddar balok yang diparut ataupun keju slice. Caranya adalah dengan memasak nasi goreng seperti biasa kemudian saat nasi sudah matang dan panas, tambahkan taburan keju parut di atasnya. Keju akan meleleh perlahan yang akan meningkatkan selera makan.

Sumber : dapur raffly (blog)

3. Omelet Keju 

Ini adalah salah satu menu andalanku kalau sarapan. Gampang bangen tinggal bikin adonan dadar telur seperti biasa, tambahkan susu sedikit dan bahan-bahan pelengkapnya sesuai selera. Kalau aku selalu masukin potongan bawang merah, daun seledri, cabe, daun bawang dan  potongan keju. Kejunya mozarella hehe. Jangan lupa masukin garam dan lada secukupnya. Terus digoreng deh adonannya. Dijamin sedap deh, apalagi pas makan telurnya ada keju yang udah leleh. Mantap!

-

Bahan-bahannya sederhana, resepnya pun resep yang standar banget. Tapi dengan adanya keju, rasanya jadi lebih kaya dan kayak makan di restoran hehe. Buat harga keju cheddar sendiri sangat dipengaruhi oleh merk keju tersebut. Semakin populer merknya maka harganya pun bisa semakin mahal. Jadi harus pilih-pilih dulu, yang cocok harga dan rasa yang kalian suka. Lebih hemat lagi jika kalian yang ingin membeli keju cheddar berbelanja kebutuhan tersebut secara online. Jadi pilihannya bisa lebih banyak daripada yang tersedia di minimarket dekat rumah dan bisa memilih sesuai keinginan.

7 comments

  1. Nanti pas ada duit cair beli keju mozarella lagi em di BIM XD

    ReplyDelete
  2. nasi goreng keju leleh? waduh, gimana itu rasa nasi goreng pake keju..? hmm, kayaknya rasanya aneh, tapi penasaran nih

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah makan nasi goreng keju . Kyknya enak banget ya

    ReplyDelete
  4. But, for now cheese is overrated I think. Apa apa dikasih keju, sampe kadang banyak juga makanan yang ga cocok dikasih keju, dipaksain dikasih keju.

    ReplyDelete
  5. 3 dari 2 rekomendasi sarapan udah dicoba nanti akan aku coba yang nasi goreng keju

    ReplyDelete
  6. Ye... resepnya keren bunda suka, selama ini bunda selalu buat sandwich, nasi goreng dan omlet tapi gak pakai keju mau coba ah, mksh yach resepnya

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.