Waspada, Ternyata Ini yang Mengakibatkan Infeksi Luka Bekas Operasi!



Orang yang mengalami masalah kesehatan dan harus menjalankan operasi memang cukup pesat, bukan rasa sakit pada saat dilakukan operasi tetapi luka yang bisa saja muncul akibat proses tersebut. Kebanyakan dari orang memang lebih fokus pada keberhasilan operasi saja, tetapi mereka jarang untuk memperhatikan cara melakukan perawatan seperti apa pasca operasi. Ini tentu saja perlu untuk diketahui, karena perawatan luka yang salah ternyata bisa berakibat buruk pada tubuh Anda. Infeksi luka operasi sering terjadi pada beberapa orang akibat luka bekas sayatan dari operasi yang telah dilakukan.

Setelah operasi dan masih berada dirumah sakit mungkin seseorang tidak perlu khawatir karena semua perawatan masih menjadi tanggung jawab dari pihak rumah sakit tersebut. Mulai dari perawatan rutin sampai dengan obat luka operasi seperti apa yang digunakan. Tetapi hal itu akan membuat kebingungan ketika harus melakukan perawatan sendiri dirumah. Secara umum ILO atau infeksi luka operasi bisa kemungkinan terjadi pada:

  1. Infeksi yang hanya pada bagian sayatan bekas operasi tersebut, ini umumnya memang terlihat biasa.
  2. Lalu infeksi yang terjadi pada saluran dibagian otot tubuh Anda, ini juga cukup berbahaya.
  3. Lalu infeksi yang ada pada organ atau rongga operasi.
Secara umum memang ada beberapa penyebab dari terjadinya infeksi pada bekas luka, salah satunya akibat bakteri seperti Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus rhamnosus yang kurang dalam tubuh. Lalu luka bekas operasi sendiri dapat terjadi akibat beberapa interaksi seperti kuman yang ada pada kulit, kuman yang ada pada udara, kuman yang ada pada tubuh dan organ lainnya. Ditambah lagi perawatan atau prosedur untuk perawatan bekas operasi tidak sesuai dengan apa yang dikatakan oleh dokter ahli.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai apa saja yang bisa terjadi dan mengakibatkan infeksi pada kulit yang terluka akibat operasi. Sebagai pasien dan orang awam tentu saja akan merasakan kesulitan seperti apa cara untuk merawat. Tetapi dengan panduan dan bimbingan dari dokter tentu semuanya akan lebih mudah. Jika memang dalam perawatan sendiri dirumah mengalami masalah bisa langsung konsultasikan kepada dokter ahli.

2 comments

  1. ngeri-ngeri dengan urusan ginian fir, ingat dulu temen kantor ada yang bolak balik RS gara-gara luka bekas operasi caesar nya infeksi, kasihan deh

    ReplyDelete
  2. Memang harus diawasi banget ya kalau lagi ada luka.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke kolom komentar ini! Aku suuuuuukkaaaaaaa banget kalau ada yang berkomentar. Apa saja. Bilang 'Fira Keren' amat disarankan XD karena akan membuatku tersenyum seharian!

Jk. Drop any comment you want :)

Penulis. Powered by Blogger.