4 Cara Menghasilkan Penghasilan Tambahan


Punya pekerjaan tetap dan memiliki gaji bulanan mungkin jadi impian setiap orang, termasuk aku. Bekerja menjadi pilihan banyak orang karena bisa memberikan kepastian penghasilan setiap bulannya. Dengan mendapatkan gaji, kita bisa menggunakannya untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup, mulai dari yang primer sampai yang tersier.

Tapi bagaimana jika gaji yang didapat kurang memuaskan? Tak jarang karyawan mencari pekerjaan sambilan agar bisa menghasilkan penghasilan tambahan. Mamaku misalnya, meskipun beliau sudah PNS tapi tetap terima orderan menjahit pouch atau jilbab.

Memilih pekerjaan tambahan yang cocok memang agak sulit mengingat pekerjaan utama saja kadang sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Apalagi di Indonesia, masih sedikit lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang ingin bekerja sambilan. Padahal di luar negeri, jika memiliki waktu lowong bisa menjadi part-timer di cafe atau restoran, atau menjadi kasir malam hari.

Karena itu, beberapa pekerjaan tambahan yang ingin kusampaikan adalah pekerjaan yang gampang dilakukan, tidak menyita waktu dan bisa dilakukan dari rumah, sebuah privilege menguntungkan karena kerjanya bisa sambil santai.

Langsung aja yuk, 4 Cara Menghasilkan Penghasilan Tambahan;

1. Jadi Blogger



Menjadi blogger-atau content creator untuk platform lainnya-sudah banyak membantu banyak pekerja di zaman teknologi ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Membuat konten dan mempublikasikannya dalam platform digital dapat menghasilkan uang, jika tahu bagaimana caranya.

Misalnya dari blog, kalian bisa menjual beberapa space dari laman blog untuk iklan. Bisa lewat adsense atau langsung menerima permintaan iklan dari agensi. Bisa juga dengan menulis postingan yang berisi iklan. Agar bisa mendapat iklan, tentu saja lamanmu harus menarik dan memiliki ciri khas sendiri. Traffik blog dan beberapa aspek lain juga penting, jadi pastikan bahwa blogmu layak  terlebih dahulu sebelum mencari penghasilan :)

Platform lainnya selain blog bisa di youtube, instagram dan juga facebook. Temukan tempat yang paling nyaman buatmu untuk mendapatkan penghasilan tambahan.


2. Bisnis Dropship




Bisnis dropship bisa menjadi salah satu pilihan yang perlu kamu coba jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Saat ini, apalagi dengan gencarnya berbagai platform marketplace memasarkan produk mereka. Promo yang disediakan makin banyak, memungkinkan orang-orang untuk menjual kembali barang-barang yang didapat dari platform tersebut.

Bisnis yang satu ini tidak mengharuskanmu untuk mengeluarkan banyak waktu dan modal sekalipun. Sebagai dropshipper, kamu bisa bekerja sama dengan penyedia barang untuk memasarkannya. Kamu bisa memasarkannya secara online melalui platform e-commerce yang banyak tersedia saat ini. Sehingga, kamu hanya cukup memanfaatkan gadget yang kamu miliki dan menghasilkan penghasilan tambahan lewat bisnis yang satu ini. Asik banget kan?


3. Investasi Emas





Salah satu skema investasi yang telah lama digunakan oleh orang-orang terdahulu adalah emas. Emas menjadi pilihan investasi yang menjanjikan karena harga emas yang cenderung naik setiap tahunnya. Tak hanya itu, harga emas juga cenderung stabil dan bisa melindungi nilai uang yang kamu miliki. Hal inilah yang membuatmu perlu melakukan investasi emas agar dapat memiliki penghasilan tambahan. Selain itu, kamu juga bisa memperjualbelikan emas tersebut dan menghasilkan keuntungan tambahan dari margin harga yang didapat.

Pun, kalau kamu kurang tertarik untuk memperjualbelikan emas, kamu bisa membeli emas untuk disimpan. Harganya stabil, jadi jikalau harus dijual suatu saat nanti, tidak akan rugi. Selain itu dengan menyimpan uang dalam bentuk emas, kamu bisa terhindar dari nafsu untuk menghabiskan uang-hehe. Seperti yang sering terjadi padaku yang tidak bisa menabung, bawaannya pengen belanja terus gitu, jadi lebih baik uangnya disimpan dalam bentuk emas.  


4. Investasi Peer To Peer Lending


Jika investasi emas merupakan pilihan investasi yang cukup kuno, maka ada pula skema investasi jangka panjang yang bisa kamu pilih saat ini. Ya, skema tersebut adalah skema investasi peer to peer lending. Bahasa lokalnya rentenir gitu, tapi kalau sekarang uangnya diurus dengan perusahaan kredibel yang diawasi OJK. Jadi nggak kayak yang di ftv gitu ya, mak-mak yang pegang buku hutang terus berkeliaran menagih hutang sambil teriak-teriak hehe.

Sebagai investor, kamu bisa meminjamkan uang secara online kepada para lender atau peminjam. Nantinya, pihak lender akan memberikan imbal hasil dengan persentase yang pasti dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sehingga, sebagai investor kamu bisa menghasilkan keuntungan secara pasti dan dalam jangka waktu yang pasti pula.

.

Bagaimana, tertarik menjadikan salah satu dari 4 jenis pekerjaan ini menjadi pekerjaan tambahanmu?

Good luck guys, Be Rich!




8 comments

  1. Bu dokter satu ini, ternyata masih juga mikirin uang tambahan heheeee....
    semangat bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya belum jadi dokter mbak XD dan biaya sekolah mahal..

      Delete
  2. Kayaknya pilih yang nomor 1 aja aku fir, lebih low risk.

    ReplyDelete
  3. luar biasa yang muda yang semangat, sangat penting kita merancang masa depan, ini sangat bagus buat yang lainnya

    ReplyDelete
  4. Kalo saya bru jadi blogger aja Fir. Heee
    Tapi Fira keren loh, walaupun sudah hampir calon dokter tetap mau berbisnis dari yg receh. Heee

    ReplyDelete
  5. Be blogger dan dropship ,aku tu mbak. Hehe

    ReplyDelete
  6. No 1 dan 2 alhamdulillah sdh saya jalani fir. Walau sekarang lagi mangeg krn kondisi. Tapi memang asik punya simber duit tambahan.

    ReplyDelete
  7. Makasih sudah mau berbagi, di era saat ini, kreatifitas memang diperlukan

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.