4 Tips Mudah Merawat Genset Agar Awet



Genset merupakan solusi tepat jika terjadi pemadaman listrik. Alat ini berfungsi sebagai penghasil daya listrik cadangan yang umumnya dijumpai di toko, supermarket, mall, perusahaan, sampai dengan instansi pemerintah. Sayangnya, banyak yang tidak mengetahui cara merawat genset atau melakukan service genset supaya tahan lama.


Padahal, genset merupakan sebuah perangkat yang tidak murah. Sayang sekali jika memiliki tapi tidak mengetahui langkah perawatan yang baik atau cara menggunakan genset yang benar. Semua dilakukan asal-asalan. Dampaknya, genset pun tidak bisa tahan dalam jangka waktu panjang. Nah, guna menghindari hal tersebut, simak kiat mudah merawat genset agar awet berikut ini.


1. Operasikan dengan Benar

Ketika hendak menggunakan genset, pastikan Anda mengetahui cara mengoperasikan dengan baik dan benar. Baca buku petunjuk dengan saksama. Sehingga apabila terdapat kerusakan atau ada hal yang tidak beres dengan benda tersebut sewaktu dijalankan, bukan merupakan kesalahan Anda. Umumnya garansi masih berlaku ketika mesin penghasil daya listrik itu mengalami masalah.

Baca manual agar tidak melakukan kesalahan dalam mengoperasikan

2. Pembersihan Genset

Menjaga kebersihan genset adalah salah satu langkah penting yang wajib Anda lakukan. Pastikan permukaan genset senantiasa bersih, bebas debu, minyak, kotoran, serta air. Periksa pula bagian radiator. Cek spare part, kabel atau instrumen, bagian distilled water, hingga oli mesin.

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, biasanya ada komponen genset yang kinerjanya menurun. Maka penting bagi Anda mengganti spare part yang usang. Tak lupa isi ulang battery distilled supaya kondisinya kembali normal dan bisa bekerja maksimal. Pastikan pula mengganti oli, jangan sampai keruh atau kehitaman.

Membersihkan genset dapat memperpanjang umur barang
 

3. Sirkulasi Udara Baik

Genset harus dioperasikan di lokasi yang memiliki sirkulasi udara normal. Tujuannya agar gas buangan bisa keluar dengan baik, sehingga genset tak mudah panas. Hindarkan mesin penghasil daya listrik tersebut dari sengatan matahari atau air. Perhatikan pula kejanggalan yang mungkin Anda temukan sebagai contoh, getaran yang terlampau kuat atau suara sangat keras. Bila menemukan ketidakberesan pada genset Anda, sebaiknya matikan mesin tersebut secepat mungkin.

Membersihkan genset dapat memperpanjang umur barang


4. Rutin Panaskan Genset

Sama halnya dengan kendaraan bermotor, genset juga perlu dipanaskan secara rutin setidaknya tiga hari sekali selama kurang lebih sepuluh menitan. Hal ini bertujuan agar sirkulasi pelumasan oli pada mesin berjalan normal dan kondisinya tetap awet.
 
Jangan lupa servis genset secara berkala!


Tanpa perawatan yang baik, kinerja genset akan terganggu. Periksa dan panaskan genset secara berkala. Hindarkan dari benda-benda serta keadaan yang bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan atau komponen penting di dalamnya. Demikian tips merawat genset supaya awet. Semoga bermanfaat!

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.