Review Film Shazam! | Hero DC Comics Yang Lucu Abis!


Apa itu Shazam?


Shazam adalah karakter komik DC yang filmnya akan ditayangkan tanggal 2 April ini. Namanya aneh ya? Hehe. Kalau sudah nonton trailernya, pasti tau kalau Shazam ini adalah nama dewa yang memberikan kekuatan pada si tokoh utama, Billy Batson.




Tapi ternyata, SHAZAM itu sendiri adalah singkatan dari nama-nama dewa yang memberikan tokoh utama kekuatan, yaitu S berarti Solomon, H adalah Hercules, A adalah Atlas, Z adalah Zeus, A lagi adalah Achilles, dan terakhir M adalah Mercury. Keenam nama ini disebutkan oleh SHAZAM terakhir saat memindahkan kekuatannya pada Billy Batson.

Dalam filmnya, nama Shazam ini sering dijadikan lawakan, baik oleh karakter utama maupun pemeran lainnya. Penontonpun jadi tidak gampang lupa dengan nama hero satu ini.


Apa sih UNIK-nya Shazam?

Banyak banget keunikan yang diberikan oleh hero yang satu ini. Baik dari asal usul karakternya sampai ke plot filmnya.

Keunikan pertama yang mau kuceritakan adalah asal-usulnya si Shazam ini. Sebenarnya dia adalah kapten Marvel yang pertama sebelum Captain Marvel yang filmnya muncul beberapa waktu lalu. Surprise! Kalau kata oom-ku yang pemerhati komik, memang dulunya para komikus superhero ini tidak terlalu mementingkan hak cipta dan terus menciptakan karakter-karakter baru supaya mereka dapat uang buat bertahan hidup. Captain Marvel yang namanya diganti jadi Shazam ini pertama kali muncul di Whiz Comics #2. Nah di masa sekarang ketika film superhero ramai diproduksi, Marvel otomatis dapat nama Captain Marvel untuk hero terkuatnya sementara Captain Marvel yang dimiliki DC Comics akhirnya ganti nama jadi Shazam.




Lanjut, keunikan kedua. Ternyata karakter ini adalah karakter terkuat DC comics, lebih kuat daripada karakter lainnya yang sudah diperkenalkan di Justice League. Superman dan Batman kalah! Apalagi Aquaman, yang notabenenya hanya kuat jika ada air, HEHEHEHE *sorry aquaman fan XD* Pada post credit SHAZAM nanti, kalian bakal menyaksikan si SHAZAM mengolok-olok superhero lainnya (yang membuatku jadi ingat karakter Deadpool di Marvel). Pokoknya setelah nonton filmnya jangan langsung keluar dan tunggu 2 post-credit scene, satu ditengah dan satu di akhir sekali. 




Lanjut, keunikan ketiga adalah karakter utama Shazam adalah anak yatim piatu. Ini memang bukan keunikan spesial sih, mengingat Batman, Superman dan Wonder Woman ketiganya tidak punya orang tua lengkap. Tapi cara DC comic mengatur plotnya membuat film ini jadi terasa lebih spesial. Apalagi saat melihat interaksi Billy Batson, kakak-adik dan orang tua angkatnya. Duh heartwarming banget T.T

Kakak-adik angkat Billy Batson (versi komik)

Keunikan keempat, cuma di film ini kita bisa lihat superhero amatir. Yup, meskipun terkuat namun Billy Batson hanyalah anak berusia 14 tahun. Jadi ketika tiba-tiba mendapatkan kekuatan besar, apa yang dia lakukan? Coba tebak XD

Main-main dan menyombongkan kekuatannya! Freddie, saudara angkatnya malah memvideokan aksi Billy dan menguploadnya ke internet, khas remaja zaman now yang pengen viral. Kocak deh suer! Kepolosan ini jugalah yang membuatnya dianggap enteng oleh musuh pertamanya.

Ngakak banget dah. Billy aja pas ditanya apa kemampuan supernya oleh Freddie (pas pertama banget dapat superpower) dia bilang "aku bahkan nggak tau caranya pipis pas pake baju ini!"


Review Film Shazam 

Aku merasa beruntung banget bisa nonton film ini pas premiernya di bioskop Sabtu lalu. Film ini benar-benar mengubah pandanganku terhadap para hero dari DC comic, yang pada film-film sebelumnya membuatku kecewa. Menurut sudut pandangku, ada saja yang kurang. Apalagi film Marvel awal-awal dulu (Iron Man) memang sudah kece abis.

Semua butuh proses, buktinya pada film ini akhirnya aku bisa bilang skornya 9/10. Puas ketawa dan kaget, juga puas banget sama plot ceritanya. Meskipun mungkin pencapaian tadi didukung oleh karakternya dan cerita komiknya yang memang sudah keren, tapi secara keseluruhan udah bagus banget.

Melawan 7 dosa besar tanpa bantuan member Justice League

Skor film ini di IMDb 8,3/10 lho! Di Rotten Tomatoes juga 93%!

Pokoknya jangan sampai ketinggalan deh nonton film ini. Anak-anak juga bisa diajak karena selain ratingnya PG-13, di film ini nggak ada adegan aneh-aneh. Bahkan darah saja cuma kulihat sekali, pas Shazam mimisan karena kena tonjok penjahat. Itu doang. Film ini juga mengajarkan banyak tentang arti keluarga, bahkan untuk sebuah keluarga angkat.

Jangan lupa ya, tanggal 2 April udah tayang di bioskop! Pesan tiket pake Tix_id ada promo tuh 50% sampai tanggal 7. Pengen dapat diskon lagi? Pake kode refferalku 48BD8X

2 comments

  1. Jadi nggak sabar buat nonton buat kedua kalinya haha

    ReplyDelete
  2. pengen nonton nya, penasaran. terima kasih mbak review nyaaa

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke kolom komentar ini! Aku suuuuuukkaaaaaaa banget kalau ada yang berkomentar. Apa saja. Bilang 'Fira Keren' amat disarankan XD karena akan membuatku tersenyum seharian!

Jk. Drop any comment you want :)

Penulis. Powered by Blogger.