5 Podcast Rekomendasi Fira | English version



Good afternoon fellas!

Udah kenal dengan yang namanya podcast? Podcast adalah rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak ramai. Formatnya seperti percakapan radio, dan rekamannya dapat didengarkan kapan saja, berbeda dengan radio yang biasanya siaran langsung dan tidak bisa didengarkan lagi di hari berikutnya.

Awalnya podcast ini adalah produk brand Apple, terlihat dari namanya yang merupakan gabungan dari iPod dan broadcasting. Mungkin saat ini podcast belum terlalu populer di Indonesia, karena disini kebanyakan android user hehe. Podcast makin booming karena banyaknya media yang mulai membangun channel podcastnya sendiri, bukan hanya media formal seperti TED, Medscape namun juga para announcer, pewara acara dan youtuber.

Aku pun pertama kali terpapar podcast karena penasaran dengan podcast Abroad in Japan. Youtuber berkebangsaan Inggris yang menetap di Jepang itu memberitahukan bahwa ia memulai podcast (2018) dan update setiap hari rabu. Asyik juga ternyata, mendengarkan percakapan berbahasa inggris dengan topik yang disukai. Bisa sambil melakukan perkerjaan pula (seperti yang kulakukan pada saat ini hehe). Oh iya waktu itu aku mendengarkan podcast-nya melalui website khusus untuk podcast, jadi mesti ngebookmark url-nya supaya nggak lupa buat balik lagi minggu depan.

kunjungi youtube channelnya disini

Caranya berhasil beberapa waktu, tapi aku merasa kurang fleksibel aja, kalau mendengarkan podcast dari laptop. Kan kalau mau sambil tiduran, susah dong mesti narik earphone dulu ke kasur. Eh taunya di spotify ada tuh lengkap podcastnya. Kan asyik tuh.

Kelebihan Podcast :

  1. Bisa didengarkan dimana saja dan kapan saja 
  2. Ada banyak pilihan. Mau podcast dalam negeri atau luar negeri? Mau topik tentang lifestyle atau tentang kesehatan? 
  3. Tidak ada iklan seperti di radio. Meskipun ada juga beberapa podcast yang menyediakan space untuk iklan dalam kontennya, namun tidak sebanyak dan sekomersial radio.
  4. File audio yang lebih ringan.
  5. Belajar listening bahasa inggris lebih gampang.

Aku paling suka dengar podcast bahasa asing, karena bisa belajar bahasa inggris sekaligus memahami pola pikir orang luar negeri. Juga jadi bisa mengerti jokes dan isu terkini yang lagi hot disana. Podcaster Indonesia juga keren-keren kok :D

Up next, list 5 podcast rekomendasi Fira.

1. Abroad in Japan 

Hasil gambar untuk chris abroad podcast

Podcast satu ini adalah podcast pertama yang kudengar, sekaligus yang membuatku jatuh cinta dengan dunia podcast. Bukan cuma karena Chris Abroad itu youtuber favoritku, tapi karena isinya yang lebih luas daripada satu konten video saja. Obrolannya panjang, kebanyakan tentang lifestyle di Jepang dan tips travelling. Di media ini, mereka juga membuka kesempatan untuk pendengar berpartisipasi dengan cara mengirimkan pesan melalui email. 

2. The GaryVee Audio Experience 


Kenal GaryVee? Seorang pengusaha sukses yang terkenal dengan konten-konten motivasinya di sosial media. Pria ini adalah penggagas moto Hustle, alias gesit. Ia memang orang yang sangat gesit, saking gesitnya, dia selalu up to date dengan media sosial. Setiap hari selalu posting, entah itu di instagram, twitter, facebook, youtube bahkan podcast. Ia berprinsip untuk mendokumentasikan hidupnya di setiap kesempatan, dan agar selalu mengikuti perkembangan zaman.  

3. Ted Talks Daily 


TED berasal dari kata Technology, Entertaiment and Design). TED merupakan perusahaan media yang mengunggah presentasi secara gratis di beberapa media seperti aplikasi TED, youtube dan Spotify. Slogannya ideas worth spreading, yang memang sejalan dengan apa yang mereka lakukan, menyebarkan ide dari narasumber pada para pendengar. Pembicara di TED berbeda-beda, tergantung dengan topik yang akan dibawakan. Dalam TED talks daily, biasanya kontennya sepanjang 15-30 menit, dengan nama pembicara dan topik yang berbeda setiap harinya.

4. The Minimalist Podcast


The Minimalist podcast adalah podcast yang dibawakan oleh Joshua dan Ryan dari the minimalist (blog). Kedua orang ini kukenal pertama kali saat mencari-cari topik minimalisme di google. Pas baru-baru mulai menerapkan hidup minimalis. Tidak ingin ketinggalan arus teknologi, The Minimalist melebarkan penyebaran ide mereka dengan bentuk podcast. Satu topik tiap minggu, kadang mengundang narasumber lain ke podcast mereka. Topiknya seputar minimalisme dan lifestyle pada umumnya. 

5. The Ground Up Show 


The Groud Up Show adalah podcast dari Matt D'Avelia, seorang youtuber dan film-maker. Kalau The Minimalist kutemukan di top page google untuk pencarian minimalisme, maka channel Matt D'Avelia kutemukan di top page youtube. Videonya tentang minimalisme membuatku tambah jatuh cinta dengan lifestyle ini. Untuk podcastnya, dia tidak melulu membicarakan tentang minimalisme seperti the minimalist, tapi lebih ke mewawancarai para orang-orang kreatif. Bisa youtuber, bisa sesama film-maker, graphic desainer, pendiri start-up dan lainnya. Karena narasumbernya selalu berbeda setiap minggu, podcast ini tidak pernah membosankan.


Segitu dulu kali ya. Rekomendasi ini kubuat berdasarkan frekuensi pemutaran podcastku, hehe. Favoritku The Ground Up Show, tapi sayang updatenya cuma seminggu sekali. Semoga rekomendasiku bisa membantu kalian mencari podcaster berbobot.

Have a great day, fellas!

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.