Agar Tagihan Listrik Usaha Anda Tetap Aman



Ngomongin tentang usaha mandiri memang selalu asyik di zaman serba canggih ini. Kemudahan teknologi yang memudahkan kita buat berpromosi dan mengakses trik jitu untuk membangun usaha sendiri memang membuat semua tergiur. Siapa yang nggak mau dapat penghasilan sekian banyak cuma dengan jadi reseller? cuma dengan jadi content creator youtube yang keliatannya kerja dirumah doang?

Tadi malam kulihat sebuah akun edukasi finansial di instagram membagikan beberapa nama pekerjaan yang penghasilannya 10-50 juta. Gile banyak bener. Sebagian besar malah profesi yang millenial banget, kayak youtuber, pendiri startup, jualan sneakers, owner akun publik yang nerima paid promote, fashion stylist. Jadi pengen ketawa sendiri pas nyadar nggak ada orang yang profesinya dokter yang pamer pekerjaan disana. Bisa dipahami sih, pertama‒dokter kalau cuma dokter umum doang penghasilannya nggak seberapa. Kedua‒dokter yang udah spesialis dan gajinya gede, nggak punya waktu buat buka akun medsos.

Karena itulah, makin banyak orang yang pengen bikin usaha sendiri. Baik buat jadi penghasilan utama, maupun penghasilan sampingan. Ketika menjadi karyawan tak lagi menjamin keamanan finansial dalam jangka waktu lama, banyak yang kemudian melirik beberapa kesempatan usaha sampingan.



Banyak karyawan di zaman sekarang, bahkan karyawan negara alias PNS membuka bisnis sampingan untuk mencukupi kebutuhan bulanan yang semakin tinggi. Bisnis sampingan tersebut seringkali dijadikan sebagai cadangan pendapatan, untuk mengantisipasi jika keuangan perusahaan sedang tidak baik. Atau mengantisipasi stagnan gaji, yang ga naik-naik padahal nilai mata uang terus naik 😁

Tak jarang, jika usaha sampingan tersebut mampu berkembang dengan baik, karyawan perusahaan tak akan segan meninggalkan perusahaan dan beralih sebagai wirausahawan. Keberanian meninggalkan zona nyaman ini bukanlah tanpa sebab, karena banyak usaha sampingan yang justru menghasilkan pendapatan yang jauh lebih tinggi dibanding gaji bulanan sebagai karyawan.

happy resign hehe

Usaha sampingan bisa mulai dari mana aja (minjem kata-kata salah satu e-commerce haha). Mulai dari rumah, ruko kecil, atau menyewa lahan tertentu. Tapi dimanapun mulainya tidak masalah. Tak perlu malu juga jika pun harus berlokasi di pinggir jalan dengan bermodalkan gerobak, atau di ruko kecil, karena lokasi kecil bukanlah patokan besarnya pendapatan yang diperoleh. Yang penting adalah usaha dan tekad!

Tapi yang paling penting nih, terutama jika usahanya menggeluti dunia online dan butuh wifi dan listrik tiap waktu, pasti dibutuhkan pasokan listrik yang cukup. Ga lucu dong kehilangan order cuma karena mati lampu?

Atau buat orang yang usaha sampingannya mencakupi produk produksi rumahan seperti makanan atau baju atau aksesori? Butuh banget tuh pasokan listrik yang cukup untuk menyalakan alat-alat kerja. Ketika lahan usaha yang digunakan belum menyediakan pasokan listrik yang cukup untuk menampung penggunaan listrik, maka tak perlu cemas. Usaha Anda tetap bisa berjalan dengan bantuan genset.

Genset dizaman sekarang udah banyak ukurannya.. tinggal pilih


Banyak orang beranggapan bahwa genset akan semakin membebani biaya tagihan bulanan. Namun, jika tak ada listrik, genset akan sangat mampu mengcover operasi produksi usaha. Kan banyak tuh, kejadian yang tidak terduga yang bisa mengganggu produksi usaha.  Sayang banget kalau terhenti cuma karena listrik.

Karena itu, genset bisa jadi salah satu pertimbangan untuk menjaga stabilitas usaha. Di kalkulasikan dulu sebelum membeli ataupun menyewa, seberapa besar pemasukan yang diperoleh dari usaha tersebut, kemudian dibandingkan dengan pengeluaran produksinya, termasuk dari penggunaan genset itu sendiri. Jika selisih keduanya masih cukup besar dan tetap mampu memberikan pendapatan yang menggiurkan bagi Anda, tentu tak jadi masalah menggunakan genset sebagai pendukung ketersediaan listrik tempat usaha Anda.

Agar biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat, dapat menggabungkan genset dengan alat penghemat listrik terbaik yang bisa disandingkan penggunaannya dengan generator kelistrikan yang Anda pakai. Gunakan teknologi sebaik mungkin agar usaha juga bisa maju dan jaya!

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.