Tips Menaikkan Berat Badan Untuk Kamu Yang Bertubuh Kurus!



Bentuk tubuh adalah salah satu poin utama yang diperhatian orang selain wajah. Memiliki berat badan berlebih atau kurang dapat membuat seseorang terlihat kurang menarik. Memang konteksnya tidak begitu signifikan dalam kehidupan sehari-hari, namun pada kondisi khusus seperti ketika melamar pekerjaan atau mengikuti tes PASKIBRAKA, tentu berat badan menjadi poin utama.

Aku ingat banget pas tes PASKIBRAKA 7 tahun yang lalu. Pada waktu itu kami para junior dibagi menjadi 2 kategori; kurus atau gemuk. Bukan buat body shaming tapi supaya porsi latihannya bisa disesuaikan dengan bentuk badan. Supaya pas tes seleksi PASKIBRAKA kota dan provinsi, badan kami sudah ideal.



Pada saat itu aku lumayan yakin aku akan masuk kategori gemuk. Soalnya postur badanku lumayan besar (tinggiku 167cm) dan aku punya lemak perut yang lumayan hehe. Eh ternyata, setelah ditimbang aku dimasukkan dalam kategori kurus!

Menurut kakak senior, tubuhku masih kurang berisi dan berat badanku belum ideal. Punya badan ideal amat disarankan sebelum mengikuti seleksi, karena selain terlihat kurang menarik, orang-orang yang terlalu kurus juga tergolong lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, alih-alih lari keliling lapangan saat tengah hari, aku disuruh meningkatkan porsi makan hehe. Aku bersyukur sih, dikategorikan kurus karena temanku yang masuk kategori gemuk harus menempuh latihan yang lebih keras daripada kami yang masuk kategori kurus.

Paskibraka Kota Bengkulu 2012

Dan yah, setelah mengikuti latihan dan mengubah pola makan sesuai anjuran senior, aku bisa mendapatkan tubuh ideal dan menjadi salah satu PASKIBRAKA tahun 2012 :D

Di postingan kali ini, aku ingin bagi-bagi tips untuk menaikkan berat badan. Berikut ini beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk mencapai kondisi berat badan ideal :

1. Membatasi Kardio



Memilih tipe olahraga adalah hal yang paling penting untuk membentuk badan. Jika selama ini kita sering olahraga sembarangan dan berpikir kalau olahraga itu yang penting keluar keringat! maka kita nggak akan bisa mencapai bentuk badan yang ideal. Apalagi jika orang yang ingin menaikkan berat badan, tapi malah memilih olahraga kardio yang notabene membakar lebih banyak kalori.

Apa saja sih yang termasuk olahraga kardio? Banyak, seperti lari, berenang dan bersepeda. Lalu olahraga yang bagaimana dong yang bisa dilakukan orang-orang yang ingin mengemukkan badan? Kalian bisa memilih olahraga yoga dan latihan kekuatan otot. Kedua latihan ini memang belum banyak diketahui oleh orang-orang, apalagi dengan sistem pendidikan olahraga saat sekolah yang hanya berfokus pada olahraga kardio. Kedua latihan tersebut bisa dilakukan di tempat latihan seperti gym atau kelas yoga.

Tidak disarankan ya, untuk tidak berolahraga saat ingin menaikkan berat badan. Jika kalian berpresepsi bahwa untuk menaikkan berat badan hanya butuh tidur yang cukup dan makan yang banyak, itu salah. Selain tidak baik buat kesehatan, makan+tidur saja berpotensi penumpukan lemak di beberapa bagian tubuh seperti bagian perut dan paha. Nggak bagus dong buat postur, hehe.


2. Mengonsumsi karbohidrat lebih banyak



Jika ingin meningkatkan berat badan dalam waktu singkat, maka kalian perlu mengonsumsi karbohidrat lebih banyak dari biasa. Makanan dengan karbohidrat tinggi seperti nasi bisa membuat berat badan lebih cepat meningkat dibandingkan sebelumnya. Karbohidrat yang Anda konsumsi setiap kali makan akan berubah menjadi lemak yang akan membuat bobot tubuh meningkat lebih cepat. Selain itu, karbohidrat juga dapat meningkatkan tenaga kalian untuk menjalani aktivitas sehari-hari (dan olahraga, hehe).

Yang perlu diperhatikan disini adalah, dengan mengonsumsi banyak makanan bisa berakibat pada peningkatan kolesterol juga. Karena itu penting untuk memilih jenis makanan yang akan dimakan dan mempertimbangkan angka kecukupan gizi masing-masing. Cari tahu juga cara menurunkan kolestrol agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Semoga infonya bermanfaat.

Have a great day, fellas!

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.