Harry Potter: Wizards Unite | Serunya Jadi Penyihir Lokal



Setelah ditunggu-tunggu oleh potterhead seluruh dunia, game Harry Potter: Wizards Unite akhirnya dirilis pada 21 Juni lalu. Meskipun perilisannya bertahap, mulai dari Amerika, Inggris, Australia dan Selandia Baru pada hari pertama—kemudian menyusul 25 negara berikutnya (termasuk Indonesia) tanggal 23 lalu, game ini disambut baik oleh para pemain. Di google play, game ini menerima skor 4,2 dari 90 ribu suara.

Berbeda dengan game Harry Potter : Hogwarts Mystery yang permainannya berbasis alur cerita murid di Hogwarts, game Wizard Unite ini ceritanya kita sebagai seorang penyihir lokal yang ikut berpartisipasi dalam membantu kementrian sihir membasmi kejahatan dan mengumpulkan potongan potongan misteri dari dunia sihir.

Ahaha penyihir lokal. Kok bisa jadi penyihir lokal? Bukannya ini game harry potter ya? Kenapa ceritanya nggak di Hogwarts atau inggris?

Ahem, let me explain guys, seperti yang kita ketahui dalam dunia harry potter—a.k.a dunia fantasinya J.K Rowling, sebenarnya nggak terbatas pada satu negara saja. Sebenarnya penyihir itu ada di semua negara, hanya saja mereka membuat keberadaan mereka tidak terdeteksi. Seperti dalam franchise film Fantastic Beast, Newt Scamander bertualang keliling dunia untuk mengumpulkan (dalam pengertian yang baik yah) makhluk-makhluk sihir yang ada dimana-mana. Bahkan Nagini—ularnya Voldemort yang jadi Horcrux keenam asalnya dari Indonesia lho!

Nah, mengikuti ide ini, Warner Bros Games berkerjasama dengan Niantic (perusahaan game yang terkenal dengan game POKEMON GO) menciptakan game dunia sihir dengan basis location based augmented reality. Jadi kita bisa jadi penyihir dan menyelesaikan tantangan yang muncul di lokasi dekat kita. Jadi penyihir, tapi wilayah kerjanya sesuai dengan gps-smartphone masing-masing. Bisa ngelafal mantra di Bengkulu, ketemu Hagrid di depan rumah, dan lain-lain.

Gini lho tampilan AR-Wizard Unite

Gimana ya ngejelasin lebih lengkap  ya? Coba liat di dua video ini buat gameplaynya:





(lebih gampang dijelasin pake video yak XD apa aku harus bikin video gameplay juga kah?)

Meskipun kenyataannya sudah dirilis 2 hari lalu di Indonesia, beberapa kali aku tidak bisa mengaksesnya di google play. Tulisannya tetap sama, This item isn't available in your country pake warna merah. Kayak pemberitahuan gagal keterima SNMPTN, hiks. Meskipun sudah putar otak dengan mendownload VPN, ternyata gagal juga haha. Apa yang salah ya? Aku nggak tau. Padahal google playnya udah update. Akhirnya aku coba download lewat mi-apps. Yep, downloader aplikasi dari xiaomi.

Dari google play.. padahal lokasiku kan Indonesia

Yaay, ke download :D

Hal pertama yang kamu temukan adalah seorang auror yang menyampaikan apa yang harus dicapai dari permainan itu-yang kurang lebih kuterjemahkan seperti deskripsi gameplay diatas XD. Pokoknya membantu kementrian sihir untuk melawan makhluk sihir jahat dan membantu para penyihir lain yang terjebak. Setelah dikalahkan, monsternya akan ngedrop beberapa item yang bisa dikumpulkan untuk memecahkan misteri, plus XP.

 (menangkap relik didepan mata)

Disini kita bisa menemukan beberapa fortress alias benteng dibeberapa titik maps. Misal di dekat rumahku titiknya ada di gapura pecinaan dan tugu dekat lapangan golf. Disana bisa mengalahkan beberapa monster dan mengambil reward.

Sejujurnya aku belum ke fortress hehe, lagi mager.

Anyway!

Selain mengalahkan musuh dan mengumpulkan XP, kita juga bisa mempersonalisasikan karakter kita masing-masing. Mulai dari foto profil, tongkat sihir, titel dan lain-lain.

my profile..

Sekarang aku masih level 3. Mau leveling lagi tunggu ada waktu buat jogging deh. Kayak kapan hari main Pokemon Go, aku ngumpulin banyak XP cuma dengan jalan menyisiri pantai (banyak dapat magikrap si). Oh iya, disini juga ada fitur add friend, caranya dengan menginput nomor pemain lain. Yang mau add aku, bisa input nomor ini ya 3146 2941 9286 




Ada banyak banget tantangan dan fitur yang disediakan oleh Wizard Unite. Sebagian besar belum kujelajahi. Mungkin nanti bakal ada review part 2? Tunggu aja yak. Sambil main juga kuy, ayo sama-sama jadi penyihir lokal!

Baca juga : dulu review game ini Harry Potter : Hogwarts Mystery

1 comment

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.