Jika Ibukota Negara Kita Ada Di Kalimantan



Selalu, saat mengunjungi Jakarta aku dilema. 

Ada keinginan untuk bermukim di kota ini. Apalagi setelah menginjak umur 20, aku merasa banyak sekali kesempatan pekerjaan yang ditawarkan kota metropolitan ini. Dengan statusnya sebagai ibuota negara, sudah pasti pembangunan. Kota sejuta kesempatan, apa saja ada. Bukan cuma cari kerja tapi juga pengalaman hidup.

Tapi ketika mendengar cerita-cerita yang tersiar dari teman-teman yang merantau, kadang mental anak pinggiran sepertiu ciut. Terbiasa tinggal di Bengkulu yang tingkat stressnya masih rendah membuatku selalu bergidik mendengar cerita macet, berita kriminal dan penipuan.. belum lagi saat diberitahu betapa semerawutnya transportasi dan bermacam hal yang harus dilakukan untuk mencapai lokasi atau bangunan tertentu.. Hem.


Akhir-akhir ini, aku sering dengar wacana Jakarta tenggelam. Garis pantai Jakarta semakin pendek, ditambah lagi kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim. Kondisi ini makin mengkhawatirkan karena pembangunan sedang padat-padatnya.. 





Untungnya, kekhawatiran ini bukan di pikiranku saja, tapi juga pemerintah Republik Indonesia. Presiden kita untuk periode 2019-2024 sudah mulai memikirkan isu ini dan nggak cuma sekedar membahas di blog sepertiku, Pak Presiden sudah mulai menginisiasi megaproyek pemerintahan. Megaproyek ini menyangkut pemindahan ibukota negara kita. 

Wow. Akhirnya terjadi juga!
Rencana ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) edisi revisi bulan Juni 2019. Dalam RPJMN ini terdapat proyek Pemindahan Ibukota Negara yang berada dalam program Prioritas Nasional nomor 2 yaitu Mengembangkan Wilayah Untuk Mengurangi Kesenjangan dan Menjamin Pemerataan

Tapi kan ya, ini nggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak yang harus dipertimbangkan, mengenai lokasi, dana, infrastruktur, urusan ini, itu.. Memindahkan ibukota negara juga tidak hanya mengurus kepindahan istana negara kan ya. 

Lokasi ibukota negara baru yang disebut-sebut sebagai kandidat terkuat yaitu di Pulau Kalimantan. Lokasi Kalimantan yang berada di titik tengah Indonesia dirasa strategis untuk menjadi titik baru pembangunan Indonesia. Kemudian kalau melihat peta ring of fire alias peta lingkaran api pasifik, Kalimantan bisa dibilang satu-satunya Pulau besar di Indonesia yang aman dari alur tersebut. Kondisi ini bisa dibilang menguntungkan, karena sekitar 90% dari gempa bumi yang terjadi dan 81% dari gempa bumi terbesar terjadi di sepanjang Cincin Api ini.

Hasil gambar untuk peta indonesia ring of fire
Ring of fire di Indonesia

Jika ibukota negara ada di Kalimantan, laju pembangunan bisa dipusatkan ke Kalimantan. Pulau Jawa menurutku sudah terlalu over-populasi dan over-rated, dan ini sudah saatnya untuk memindahkan pusat pemerintahan ke daerah lain agar bisa lebih terpantau dan terurus oleh pemerintah negara. Selain itu agar terjadi pemerataan populasi, pemindahan ke Pulau Kalimantan dirasa tepat karena masih banyak lahan yang tersedia. 

Meskipun sebenarnya aku yang tinggal di Pulau Sumatera.. di Bengkulu pula, tidak akan merasakan banyak perubahan langsung dari proyek ini, tapi aku optimis perubahan ini bisa membawa banyak keuntungan dan manfaat bagi kemajuan negeri kita.



Seperti kataku tadi, proyek ini bukan sehari dua hari saja. Proyek ini akan di-keroyok berbagai lembaga pemerintah, seperti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Perhubungan, Agraria dan Tata Ruang, PUPR, Koordinasi Bidang Perekonomian, Koordinasi Bidang Politik Hukum dan HAM, Lingkungan Hidup, PAN/RB, Pertahanan dan Keamanan. Tak ketinggalan juga TNI dan Polri sebagai badan pertahanan Negara. Sebagai warga negara yang baik, kita juga tidak boleh ketinggalan mendukung proyek ini. Terutama karena ini menyangkut masa depan negara Indonesia. Semangat!!

.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Kementerian PPN/Bappenas. Semoga menang yak. Lumayan kan kalau dapat kesempatan magang di Kantor Staf Presiden.

Poster lomba artikel dan vlog dari Bappenas

Info lomba selengkapnya ada di: ibukotabaru.bappenas.go.id

Kepoin juga nih akunnya Bappenas supaya tetap update tentang info pemindahan ibu kota negara: 
Facebook : Kementrian PPN/Bappenas
Instagram : @BappenasRI
Twitter : @BappenasRI
Youtube : @BappenasRI
Website : www.bappenas.go.id

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Usulan_pemindahan_ibu_kota_Indonesia
https://www.cnbcindonesia.com/news/20190725112526-4-87481/jokowi-tak-main-main-ibu-kota-bakal-pindah
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190725100507-20-415320/kenaikan-air-laut-jakarta-2050-hingga-50-cm-pesisir-terendam
https://id.wikipedia.org/wiki/Cincin_Api_Pasifik

5 comments

  1. dimanapun ibu kota yg baru semoga membawa banyak manfaat bagi kemajuan negara dan bangsa ya

    ReplyDelete
  2. Kalau ibukota pindah ke Bengkulu gimana Fir? hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah iya ya, kalau dilihat dari peta ring of fire, kalimantan aman dari ketakutan akan bencana alam tersebut

    ReplyDelete
  4. Tepat banget sih emang menurutku kalau dipindah ke Kalimantan. Bakal ada pertumbuhan ekonomi juga yang terjadi di luar Jawa dan bikin pembangunan jadi merata

    ReplyDelete
  5. Setuju banget dong. Memang harus pindah, apalagi visi misinya jelas ingin menghapus kesenjangan pembangunan. Kalau bisa bukan hanya pembangunan tapi juga pemerataan pendidikan dan kesehatan di semua penjuru negeri.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.