Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Diare Pada Anak


Anak-anak adalah masa yang paling rentan terhadap penyakit diare. Kenapa? Selain dari faktor anatomi dan fisiologinya yang masih dalam masa perkembangan sehingga sensitif, faktor eksternal seperti pola makan yang tidak teratur serta kebersihan yang kurang dijaga juga menjadi penyebab utamanya.

Kalau sudah diare, anak bisa kehilangan banyak cairan yang nantinya akan berdampak ke dehidrasi. Anak yang sudah diare parah dapat menjadi situasi yang berbahaya dan mengharuskan anak dirawat di rumah sakit.


Ibu-ibu pasti sangat bingung jika anak kena diare. Anak biasanya akan menjadi rewel dan sering menangis. Anak yang terkena diare, tidak bisa sembarangan diberi obat diare alami untuk dewasa yang biasanya dijual bebas karena obat-obat tersebut tidak cocok bila digunakan oleh anak.

Karena itulah, dalam menangani diare, lebih baik jika anak dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebab diare pada anak. Dilihat dari gejala yang nampak dan biasanya dilakukan pemeriksaan feses.

Penyebab Diare Pada Anak

Diare pada anak umumnya disebabkan oleh beberapa hal yaitu virus atau bakteri yang ikut tertelan karena penyajian/persiapan/pemberian makanan/minum yang tidak bersih. Penyebab ini akan berkembang dalam perut dan mengganggu pencernaan anak.  

Karena itulah, orang tua harus selalu menjaga kebersihan sehingga dapat mencegah diare pada anak. Jangan sampai karena kelalaian orang tua, malas mencuci tangan sebelum menyuapi anak misalnya, menyebabkan anak menderita karena sakit diare. 

Infografis dari www.qiahladkiya.com

Jangan sampai diare anak semakin parah dan baru diketahui saat sudah kronis (lebih dari 2 minggu). Anak yang terkena diare biasanya susah makan, mual, dan raut wajah yang tidak sehat. Pada batita atau bayi mungkin terlihat rewel dan tangisannya kencang. Selain itu juga saat kotorannya diperiksa, biasanya lebih encer dan membentuk konsistensi yang tidak biasa.

Cara Mengobati Diare Anak

Saat anda sudah mengetahui bahwa anak sedang terkena diare, segeralah obati dengan cara yang bisa anda lakukan di rumah. Anda bisa memberinya obat diare yang beredar di pasaran atau membuat obat alami seperti teh hangat, jahe hangat, ataupun dengan memberi buah pisang.

Bila anda sudah melakukan cara tersebut namun tetap tidak berhasil, bahkan anak sampai mual dan muntah maka segeralah bawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan info kesehatan yang lebih lengkap. Agar nantinya anak anda bisa ditangani sesuai dengan anjuran ataupun secara medis.

Selain itu dengan mengetahui penyebab utama anak terkena diare, maka nantinya anda bisa mencegah kejadian yang sama di kemudian hari saat anak sudah sembuh. Jangan lupa juga selalu perhatikan kondisi kesehatan anak, hal ini dikarenakan anak memiliki sistem pencernaan yang masih sangat sensitif.

Infografis dari bukalapak

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.