Lacak Nomor Asing Yang Suka Iseng Pake Aplikasi Get Contact



Malam itu spesial. Aku memberi tubuhku sendiri istirahat yang cukup. Yang biasanya baru tidur jam 2 malam, sudah bersiap tidur dari jam 9. Apa karena capek natap SPSS seharian atau mau menghindari riwehnya skripsi.. pokoknya hari itu aku pergi tidur lebih cepat.

Aku tertidur lebih cepat daripada sleep timer playlist spotify yang kuputar untuk menemani 30 menit... kurasa. Tapi kemudian terdengar lagu Energetic - Wanna One, satu lagu yang tidak ada playlist pengantar tidurku. Ah, ini lagu ringtone panggilan ya?

 ((playlist pengantar tidur)) 



Siapa yang nelpon malam-malam nih?

Aku tidak ingat berapa kali aku semi-terbangun untuk mematikan panggilan yang kupikir alarm (Well, semuanya lagu korea sih, pembedanya ya cuma tempo lagu). Tapi aku ingat aku melihat jam di handphoneku menunjukkan pukul 2 pagi. Dan aku ingat sempat meng"halo-halo" kan handphone sebelum menutupnya karena tidak ada jawaban sama sekali.

Iya, aku selalu angkat telpon meskipun ke nomor yang tidak dikenal.

Ketika aku benar-benar terbangun dengan alarm pertama hape, kulihat panggilan yang kujawab tadi malam ada 8 kali. Ada yang sampai 1 menit panggilan, mungkin saat aku angkat, posisiku masih tidur jadi ya sama-sama nggak ada yang tidur.

Yang jadi pertanyaan, kenapa? Dan siapa?

Beraninya mengusik malam spesialku :[

Langsunglah aku mulai investigasi dengan membuka aplikasi Get Contact, sebuah aplikasi yang sudah kuinstall dari lama untuk mengenali nomor yang digunakan untuk menelpon nomor kita. Jadi ketika kita ditelpon nomor yang tidak tersimpan di kontak, aplikasi tersebut akan berjalan otomatis dan mencari nomor yang menelpon kita.

Kenapa Get Contact bisa pintar? Kok bisa tau?

Jadi sebenarnya pas kita install, Get Contact akan minta izin untuk akses daftar kontak kita. Nomor yang tersimpan di hape kita akan dibaca dan disimpan oleh Get Contact. Nah, jadi semacam sharing informasi dengan Get Contact. Jadi orang lain bisa melacak nomor spam dari nama kontak nomor tersebut yang disimpan dalam hape kita.

Baca Juga : Aplikasi Yoga Pilihan Untuk Kamu Yang Malas Ke-Gym


Ya misal kan ada temennya si anu mau ngerjain kamu, tapi ternyata temennya anu ini nomornya disimpan anu, dan anu pake Get Contact, jadilah kamu bisa melacak, oh ternyata ini nama orang yang iseng tadi malam, temennya anu toh! 

Gampangnya gitu. Selain itu, ada beberapa fitur Get Contact lainnya yang menarik dan mungkin-sebanding dengan "menjual" daftar kontak kita ke aplikasi tersebut.

  • Bisa tau apa "nama" kita yang disimpan oleh teman dikontaknya. Misalnya nih, tags yang muncul dinamaku itu ada #Fira #Blog Fira Firdaus #Fira FK Unib.. 
  • Mengamankan nomor dari panggilan spam/nomor tidak dikenal Fitur blokir spamnya bisa dalam bentuk ingatkan saja atau langsung blokir nomor yang tidak dikenal. Dengan konsekuensi panggilan penting dari orang bisa ikut terblokir (contoh: mamang grab yang mau antar pesanan, abang paket yang mau konfirmasi paket sudah diantar..)

Oh iya, Get Contact ini adalah aplikasi gratis dengan beberapa fitur berbayar. Jadi jangan kaget kalau ternyata jatah pencarian kontakmu dibatasi. Plus ada juga fitur yang kamu nggak dapat karena cuma pengguna gratisan.

Kalau kalian penasaran apa saja keuntungan pengguna premium, nanti tunggu postingan berikutnya yah (soalnya tadi karena kesal cuma bisa cari satu penelpon, aku langsung klik beli premium, haha. Lalu pulsaku kepotong wkwk. Makanya ntar dijadiin postingan aja kali ya).

Balik lagi ke cerita. Jadilah setelah kumasukkan dua nomor iseng ini, ada nama yang muncul.

Jeng-Jeng!!


Yang satu nomornya 082388209040 dengan tag #Bang Nasir Simpati Star #Nasir Lamno #Bang Nasir #Nasir #Nasir Pulo Raya #Nasir Calang #Rakan. Aku cukup yakin pengganggu satu ini bernama Nasir dan kukatakan pengganggu karena aku tidak kenal dengan oran yang namanya Nasir. Orang ini yang menelpon sampai 5 kali dari jam 11 sampai 2 pagi. Satu lagi nomornya 081262426259. Sayangnya Get Contact belum menemukan data nomor ini. Mungkin nomornya memang privat, mungkin juga nomor baru yang belum digunakan. Bisa jadi nomor simcard keduanya si Nasir.

Hm, terus diapain fir?

Get Contact ada solusi selain blokir. Yaitu laporkan bahwa nomor ini pernah mengganggu kita dan dapat menambahkan tag/nama untuk nomornya. Jadi lain kali orang lain butuh mengenali nomornya, akan muncul tanda "PENGGANGGU" yang kuhadiahkan ke dua nomor ini karena sudah merusak malam spesialku. Plus, karena kumasukin blog, lain kali kalau ada orang yang googling nomor tersebut, akan muncul riwayat keisengan dan gangguan yang mereka berikan.

Sekian. Consider downloading this app, ok? Jangan dibiarin aja pengganggu, nanti malah makin berani. Kalau kasusnya belum besar buat dilaporin ke polisi, viralkan aja. Supaya ada efek malu (ingat, jejak digital bertahan lama lho!)

Baca juga : Website Kalkulator Kehamilan

13 comments

  1. aku juga suka pakai apps getcontact jadi tau siapa kita tagnya gimana wkwkw selain itu bisa liat tag kontak teman lain. selain getcontact, aku pakainya truecaller jg sih, auto ketauan kalau ditelpon penipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener banget, pokoknya udah ada penangkal jadi ga gampang dikerjain kita

      Delete
  2. wah aplikasi nya sangat membantu ya

    ReplyDelete
  3. Aku juga pernah kak pakai aplikasi ini buat cek beberapa kontak yg mengganggu, dan ini aplikasi sangat berguna banget kak..
    Recommended lah.
    Thanks kak infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hehe. Sebarin ke yang lain yak supaya lebih banyak lagi yang tau

      Delete
  4. Haaa.. Good idea mbak. Viralkan si Nasir pengganggu. Wkwk.. Btw, kli aja itu fans rahasia mbak .Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kalau kenal neng, ini nggak haha. Mana jam 1 malam pula, maunya apa XD dinyanyiin nina bobo?

      Delete
  5. ini berguna banget buat orang yang iseng atau meneror tanpa ada namanya atau apalah.. terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya haha, makanya sering-sering dipromoin ke orang, supaya lebih banyak lagi nomor telpon yang terdaftar hehe

      Delete
  6. aku juga pernah pake aplikasi ini, tapi cuma yang biasa aja, yg gratis. jadi pas itu ada org gak ku kenal yg chat wa dan ngirim foto serem, dan karna aku takut, aku jadi nyari ni org sapa maksudnya apa. alhasil aku download deh aplikasi ini. dan ternyata itu nomor temen dari yang dulu pake nomerku. aku juga gak tau knp nomerku masih bisa dipake sama temennya pengguna sebelumnya, padahal kan aku beli nomer ini pake kartu perdana.
    jadi gtu pengalamanku pake aplikasi ini. trs habis itu blm aku pake lagi. malah baru tau klo ada fitur-fitur keren lainnya.
    trs kalo mau upgrade ke premium, harus bayar brp ya? worthed gak sama fasilitasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat premium bayarnya gratis satu bulan pertama, nanti baru bulan kedua disuruh bayar 29ribu. Karena kemarin penasaran banget jadi aku ok-in aja, masa bodoh mau dipotong pulsa, eh ternyata nggak, hehe. Cuma jangan diisi aja pulsanya pas tenggat waktu.

      Kelebihannya lebih ke pencarian lebih banyak (bisa cari sampai 500 nomor) dan bisa liat siapa yang ngepoin nomor telpon kita.

      Delete
  7. Ini perlu banget nih buat yang sering diteror nomor ga jelas. Nice info Fira!

    ReplyDelete
  8. wkwk iseng-iseng berhadiahh.. cukup seru nih kalo dicoba :v hahaaa

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.