Mengetahui Cara Hitung Bulan Kehamilan dengan Kalkulator Kehamilan



Kehamilan adalah salah satu titik puncak kegembiraan yang dapat terjadi pada kehidupan manusia. Kabar gembira digambarkan dengan kehadiran dua buah garis biru diatas sebuah alat, menyiratkan kondisi positif hamil. Positif hamil menjadi suatu hal yang mengembirakan tidak hanya untuk pasangan yang berbahagia, namun juga keluarga besar.

Kalau sudah tentu hamil, hal yang tidak boleh dilupakan adalah segera menghitung usia kehamilan. Karena perhitungan usia kehamilan penting untuk mengetahui perkembangan janin dan nutrisi serta pantangan apa saja yang harus diingat. Selain itu, mengetahui usia kehamilan juga dapat menentukan perkiraan tanggal kelahiran.

Untuk mengetahui usia dari kehamilan kita maka yang perlu anda ketahui adalah hari pertama menstruasi terakhir atau sering di singkat dengan HPHT. Walaupun memang belum terhitung janin sudah dalam bentuk didalam rahim tetapi hari hari terakhir menstruasi anda sudah terhitung sebagai usia kehamilan dalam minggu pertama janin anda.

Testpack kehamilan


Oleh sebab itu wanita yang sedang dalam program hamil, harus terus mencatat siklus menstruasi bulanan. Lebih baik melakukan pengecekan selama 6 hingga 8 bulan terakhir sehingga lebih akurat dan terpercaya. Dengan kebiasaan kita dalam mencatat ini maka membantu untuk bisa mengetahui usia kehamilan anda. Kan bingung juga kalau lupa HPHT, hehe.

Soalnya, usia kehamilan biasanya diketahui kurang lebih sekitar dua minggu sebelum terjadinya pembuahan. Hal ini dikarenakan pembuahan biasanya terjadi sekitar dua minggu atau pada hari ke 11 hingga hari ke 21 setelah terjadi menstruasi terakhir anda. Perlu diingat bahwa usia kehamilan berbeda dengan usia janin. Usia janin lebih cenderung sulit untuk dipastikan. Makanya, jangan pernah lupa mencatat siklus menstruasi. Paling nggak ya, hari pertama dan hari terakhirnya.

Nah, buat menghitung usia kehamilan, sekarang sudah lebih mudah lagi dengan Kalkulator Kehamilan.  Kalkulator ini berguna untuk anda yang ingin mengetahui usia kehamilan anda beserta perkiraan hari lahir sang buah hati. Dahulu perhitungan tersebut dilakukan secara manual tetapi karena perkembangan zaman yang sangat melesat ini membuat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apa yang belum kita ketahui.

Salah satu kalkulator online yang tersedia gratis: PopMama!

Kalkulator ini bisa membantu anda untuk menghitung secara pribadi. Setelah menentukan usia kehamilan, calon ibu bisa pergi ke dokter untuk memeriksakan diri. Kalau sudah pasti hamil, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Dari segi kehamilan, ibu mesti tau apa saja nutrisi yang baik buat janin, obat apa saja yang harus dihindari, perlu pemeriksaan apa saja untuk memastikan kehamilannya sehat. Tes ultrasonografi atau USG mungkin diperlukan untuk memeriksa kondisi janin.

Tapi calon ibu juga tidak boleh lupa, selain kesehatan janin, kesehatan calon ibu juga harus diperhatikan agar pertumbuhan janin juga sehat. Ibu harus tetap makan makanan bergizi, melakukan olahraga yang baik untuk ibu hamil dan memeriksakan kesehatannya. Pemeriksaan tekanan darah dan berat badan adalah salah satu pemeriksaan yang penting.

Pokoknya, sampai hari-H kelahiran semua harus dipastikan baik agar berjalan lancar. Semangat!

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.