Belajar Muay Thai di Bengkulu Muaythai Project | Seru Banget Guys!!


Jadi ceritanya, aku ini adalah fans olahraga Muay Thai. 

Muay Thai atau Tinju Thai adalah seni bela diri dari Thailand. Sekilas mirip Kick Boxing karena teknik pertarungannya hampir sama. Pada Muay Thai, digunakan 8 titik pukulan yaitu 2 titik tangan, siku, lutut dan kaki.

Aku tahu Muay Thai karena aku nonton film Thailand Chocolate dan Raging Pheonix waktu SMP. Jeeja Yanin juga merupakan aktris favoritku kala itu.

Sayang banget waktu itu nggak ada klub Muay Thai di Bengkulu. Mungkin sekarang aku sudah kuat.

(halah)

Anyway guys, awal Desember ini aku nemu klub Muay Thai di Bengkulu. Taunya dari instagram klub lari Beerus. Mereka latihan rame-rame di @bklmuaythaiproject. Aku shock dong. Lho, ada ya?

Langsung deh aku cari kandidat buat latihan bareng. Dari dua kandidat kuat, satu akhirnya sepakat untuk menemaniku. Meskipun saat itu DM-ku belum dibalas sama empunya IG, haha.

Lokasinya disini lho:




Aku takut-takut naik tangga ke lantai satu. Yep, tempat latihannya ada dilantai satu ruko. Pintunya terbuka bebas, namun aku nggak menemukan siapapun. Aku menghabiskan waktu menunggu Fiyya dan empunya tempat latihan, haha. Pas aku bilang assalamualaikum lagi, aku kaget karena tiba-tiba ada orang muncul. Aku nggak tahu sebelumnya abang itu dimana, apakah dari tangga atas atau bawah, atau dari kamar mandi. Karena tiba-tiba aja muncul haha.

Kami kemudian berkenalan dengan awkward. Nama abang itu Bang Rumpi, dan dia adalah salah satu coach di Bengkulu Muay Thai Project. Well, aku bisa langsung tahu kalau dia pelatihnya sih.. karena otot kakinya itu lho, gils.

Fiyya tak lama kemudian datang, dan kami langsung mulai latihan. Pertama berdoa dulu dan pemanasan. Lalu aku dan Fiyya disuruh lompat tali selama 3 menit.

Lompat tali dulu guys

Meskipun sering olahraga sendiri dirumah, aku sudah hampir 5 tahun nggak main lompat tali. Haha. Agak ngos-ngosan juga neh. 

Setelah lompat tali, kami diajarin gerakan dasar. Kuda-kuda dan beberapa teknik pukulan. Paling penting untuk mengetahui dominansi tangan, apakah kalian kidal atau tidak. Aku dan Fiyya tidak, tapi ketika Dilla—temanku yang menemaniku latihan di pertemuan kedua—datang, dia disarankan untuk menggunakan kaki kirinya untuk kuda-kuda. Dua langkah kebelakang dan ditekuk sedikit. Titik berat di pinggang dan perut jadi badan agak bungkuk sedikit. 

Lalu pasang posisi tangan melindungi kepala.


Beberapa istilah awalnya diberitahu pake bahasa thailandnya, tapi kemudian coach kami pake istilah yang lebih umum, seperti Jeb untuk pukulan lurus (Mud Trong) dan Hook untuk pukulan belok (Mud Wiang san). 

Setelah pelajaran dasar kelar, kami diajarin bagaimana caranya memakai hand wrap. Tali yang panjang diikatkan ke tangan untuk menghindari cidera. 

Begini lho
Lalu.. mulai deh latihan muay thainya. Pertama-tama meninju samsak saja, diselingi dengan latihan core seperti sit up dan push up. Lalu meninju target yang diarahkan coach. Di sesi ini aku dilatih langsung dengan coach Rumpi dan Fiyya dilatih coach Irvan. Pake sarung tinju beneran pula!

Seru banget tau! 

Aku yang nggak pernah mukul orang kayaknya kentara banget, karena berkali-kali coach-nya bilang POWERNYA MANAA? Langsung merasa kayak kerupuk-kan, lalu mulai mukul-mukul lagi. Kadang salah instruksi. Maklum, selain kerupuk aku juga agak lalod untuk masalah kayak gini. Nggak sinkron aja otak sama pukulannya. Otot nggak pernah dilatih buat aktif. Kebanyakan diam dirumah dan duduk didepan komputer sih.

Aku dan Fiyya bersimbah keringat, kelelahan. Kami disuruh istirahat sebentar. Aku ngerasa sakit di sela jari, aneh aja rasanya karena jari-jariku nggak bisa ngatup, ada penghalangnya kan ya hand wrap. Setelah meninju berkali-kali aku juga ngerasa jari-jariku dalam sarung tinju jadi kaku gitu.

Sudah selesai? Belum! Masih ada latihan dengan barbel dan tali tambang! Latihannya dua set, artinya aku dan Fiyya harus bergantian buat menggunakan dua alat tersebut.

Latihan dengan tali tambang dan barbel!

Sehabis kelelahan begitu, akhirnya kami diajak pendinginan. Merileks-kan otot-otot yang sudah bekerja keras. Latihannya masih level mudah, kata coach-nya. Aku langsung berpikir bagaimana nanti latihan selanjutnya, haha. Aku sudah bayar membership buat 8 pertemuan. Ajak siapa lagi nih buat nemenin?

Tapi aku nggak nyesal udah nyobain Muay Thai buat pertama kali. Karena sesuai ekspektasiku, memang ini adalah olahraga yang menarik. Supaya sehat, supaya bisa bela diri. Selain itu, coach Irvan juga bilang kalau olahraga ini bagus buat nurunin berat badan. Dia sebelum gabung punya BB yang bisa masuk range obesitas, dan sekarang sudah proposional banget. 5 bulan aja belajar. Hebat!

Buat yang mau gabung, bolehlah colek aku. Atau kepoin langsung di instagramnya @bklmuaythaiproject supaya bisa tau apa aja sih kegiatannya dan jadwal kegiatannya.

Lokasinya di Nusa Indah ya gaes, dekat Indomaret

Buat jadwal latihan Bengkulu Muay Thai Project, bisa dilihat dibawah ini.



Jadi kalian yang mendaftar Muay Thai, bisa pilih jadwal latihan kapan saja sesuai dengan kapan jadwal kelasnya. Misalnya pas hari Selasa mau pilih yang pagi, yang Rabu mau pilih malam. Boleh banget. Datang aja dulu, nanti diajarin deh. 

Buat pricelistnya:


Sekarang masih harga promo yah, kalau sudah pindah lokasinya nanti, harganya naik juga~ Jadi yak, daftar sekarang hoho.

Oh iya, reguler itu buat umum dan student itu buat mahasiswa dan pelajar. Iya aku cuma bayar 200k untuk 8 pertemuan. Lumayan murah kan? Buat yang baru mau coba sekali, bisa pake harga trial, nanti kalau mau datang lagi dikenakan biaya visit.

Paling enak sih jadi member.. Jadi capeknya nggak setengah-setengah haha.

Bicara tentang capek, post latihan hari pertama aku pegal-pegal banget 😝 literally ga bisa angkat tangan, mesti pake koyo. Untungnya post latihan hari ini aku baik-baik saja. Practice make perfect guys 👍👍💪


Peralatan yang habis dipake latihan. See you!

14 comments

  1. Keren ikutan Muay Thai, itu olahraga idaman bagi yang suka bela diri. Serius pula latihannya penih gerak. Soal pukuan dan tendangan yang kurang bertenaga, menurut saya harus sering berlatih agar lebih luwes tetapi dengan kekuatan.
    Semangat. Semoga kian mahir menguasai jurus dan gerakan.

    ReplyDelete
  2. (((enaknya sih jadi member, capeknya gak setengah2))) kejaaaam!! Hand wrapnya emang tebel bgt. Bisa dipake pas winter di Korea. 😅 Aku pernah ijut Muay Thai di Thailand dulu. Cuma 2 minggu, nyerah. Gak kuat hayati.

    ReplyDelete
  3. Wuih...keren kk olahraganya cadas.. muay thai kan butuh tenaga ekstra..semua gerak... dulu pernah aktif di taekwondo... berhenti... sekarang lebih milih yg ringan2 aja.. seperti pingpong lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumpung masih muda hehe, badan sebesar ini rasanya nggak guna sekali karena nggak pernah dilatih kak

      Delete
  4. Jaman sekarang wanita harus pandai bela diri ya kak, supaya bisa melindungi diri dari begal yang berbahaya hehehe..... Muay Thai ini menantang banget ya, manfaatnya dobel, olahraga sambil menguasai ilmu bela diri.

    ReplyDelete
  5. Kebayang pasti bakal sakit semua badan habis pertama latihan. Secara dlu aku juga latihan taekwondo awal-awalnya badan serasa rontok kwkwkwk...
    Tapi salut dengan semangat mbak. Semoga berhasil turunin BB-nya & lanjut terus Muay Thainya. Semangatt..

    ReplyDelete
  6. Gue udah lama pengin nyoba muay thai juga buat benerin berat badan sama biar fit, tapi waktu itu lagi boke dan sekarang keburu males krn nggak ada temen. Knp jadi curhat huhu semangat latiannya selalu ya mba, bisa bela diri itu ningkatin percaya diri sih aselik :)

    ReplyDelete
  7. Awal belajar pasti badan semuanya langsung pegel-pegel seperti sudah digebukin rasanya. SEmangat terus latihan ya, Mbak. Biayanya juga cukup murah, jadi enggak terlalu berat nih di biaya.

    Semoga promonya lama, hehehe

    ReplyDelete
  8. Melihat tingginya angka kriminalitas saat ini, seharusnya kita belajar ilnu bela diri agar bisa jaga-jaga jikalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

    ReplyDelete
  9. Ih keren banget sih olahraganya, Kak
    Ini mah dijamin langsung sekel badannya ya. Olahraga yang bikin sehat, bonus body kece pastinya
    Semangaaaat

    ReplyDelete
  10. Serunya fir. Selain bisa ngobatin orang sakit, Bu dokter Fira bisa juga bela diri ha hihi. Mau dong fir gabung, biar bisa juga aku bela diri

    ReplyDelete
  11. Obesitas yg dimaksud mungkin yg belum gendut banget ya. Jadi bisa muaythai kalau gendutnya udah kayak aku yang Aman cuma renang doang

    ReplyDelete
  12. Wahh asyik bet yak. Next, kapan2 cobain dehh.. Untuk beladiri jugaa deh

    ReplyDelete
  13. disini 250 rb 8x pertemuan kak, kmren aku tanya tanya cuman belum eksekusi, wkkww


    asik kah?? buat org mager kek aku nih maju mundur deh mau muathay

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.