Welcoming 2020


Tinggal 20 jam lagi sebelum tahun baru.

Jadi pengen bikin postingan penutup akhir tahun. Soalnya 2019 punya ending yang manis buatku.

Yeah, akhirnya wisuda! Haha! Nggak nyangka wisuda itu bakal sesenang ini. Seperti sulit dipercaya kalau Desember ini sudah bisa melepas status mahasiswa (meskipun cuma untuk sementara, karena buat anak-anak kedokteran yang mau lanjut pendidikan jadi dokter, harus lanjut lagi koas).

Padahal sampai bulan November lalu masih pesimis. Ternyata terkejar juga. Nggak nyangka (lha kesebut lagi). Soalnya aku baru banget selesai penelitian akhir Oktober. Buru-buru olah data dan bikin pembahasan dalam seminggu. Trus pas tanggal 4, setelah begadang nggak tidur menyelesaikan naskah skripsi, aku nonton seminar hasil temanku. Kebetulan waktu itu pengujiku keduanya sedang menguji temanku. Persis setelah menonton seminar, keduanya menyetujui untuk mengujiku minggu depan, hari Senin tanggal 11 November 2019.

Terima kasih bimbingannya, pak, dok 😭😭
Long story short, I did it. Terima kasih banyak buat para pembimbing dan pengujiku, yang sudah membimbingku, menasihatiku dan mendukungku. Tiga tahun bukan waktu yang pendek, dan penyelesaian ini tentu berasal dari kontribusi banyak pihak; para pengajar dari FKIK, Prodi, keluarga, teman, kating, adek tingkat, dan juga asisten lab. Terima kasih banyak semuanya.

Kalau cuma aku sendiri, mungkin aku nggak bakal bisa menyelesaikannya.

Haaaah, kalau ditelisik lebih dalam lagi, banyak banget sikap dan kelakuanku yang sudah kuubah. Dan masih harus berubah menjadi lebih baik lagi, karena tugasku yang selanjutnya akan lebih berat lagi.

Skripsi selesai, lika liku pendaftaran wisuda juga sudah selesai. Tanggal 18 Desember ini akupun dapat mempersembahkan gelar s.ked pada mama dan abah.

Pake toga juga anakmu ma
Baca juga : Make Up Wisuda By Me

Satu lagi yang manis di 2019, adalah jalan-jalan ber-5. Abi pulang dari Solok dan kami trip ke Curup. Sehari doang, dan lebih banyak di jalannya doang, tapi happy. Gimana ya, soalnya lengkap. 

Baru nyadar apa arti lengkap ketika terpisahkan selama beberapa waktu. Akhirnya ada teman berantem rebutan charger. Ada yang disuruh-disuruh buat persoalan sepele (karena aku suka ngegodain adek bujangku satu ini, suruh matiin lampu atau ambilin minum).

Enak banget ya liburan tanpa mikirin skripsi
Pas awal tahun 2019 lalu, aku nggak bikin wishlist apa-apa. Tahun lalu terlalu kelam untukku, sehingga diawal tahun aku hanya berdoa agar 2019 lebih baik daripada 2018. Gitu aja.

Tapi pas Changsub berangkat wamil (wajib militer), aku meninggalkan beberapa hal yang aku lakukan sebelum ia kembali. Well, memang ga ada hubungannya antara perkembangan diriku padanya, tapi ya cuma semacam motivasi, hehe XD.

Biasalah, fangirl! 

Baca disini : Ketika Bias Berangkat Wamil..

Jadi ya, marilah kita review "janji-janjiku" dari postingan itu. Walaupun aku masih punya waktu 8 bulan lagi sampai Changsub balik militer..

  1. Lulus dan dapat gelar S.Ked. Selesai. Lanjut ke ronde berikutnya!!
  2. Blog dan sosmedku makin ramai. Belum selesai. Faktanya, aku malah mengabaikan sosial mediaku untuk beberapa bulan terakhir. Soalnya ada akun @Dcoffein yang harus diurus. Mungkin aku harus merancang strategi baru agar bisa optimisasi sosial media Dcoffein serta akun pribadiku. 
  3. Jadi minimalis. Selesai. Postingan tentang minimalisme memang belum pernah kubuat, tapi perubahannya benar-benar nyata. Sejak dulu aku memang rapi, tapi aku punya kebiasaan menyimpan barang dengan rapi pula. Semuanya ada tempat, dan makin lama makin makan tempat. Tapi sekarang udah nggak begitu, apalagi setelah sebagian besar bukuku kujual/sumbangkan. Cuma menyimpan barang-barang yang sparks joy
  4. Jadi lebih bugar. Hmm, bagian ini mungkin belum tercapai di angka. Aku sudah merasa lebih fit, tapi angka ditimbangan belum mencapai target. Ini bakal jadi fokusku tahun depan. 
  5. Menguasai bahasa inggris dan korea. Tricky banget memang list satu ini. Buat bahasa korea, sudah tentu aku belum bisa memenuhinya. Tapi kalau bahasa inggris.. aku sudah lumayan percaya diri. Tahun 2019 ini dipenuhi dengan latihan menerjemahkan jurnal. Aku juga ikut les IELTS dengan Kak Oliv selama sebulan. Cuma kelas writing dan grammar sih, tapi aku mendapat banyak kepercayaan diri selama menghabiskan waktu di kelas tersebut. Aku makin yakin kalau aku "bisa" setelah mendapat skor TOEFL memuaskan 😚😜
  6. Solo Travelling. Meskipun cuma trip singkat ke Palembang dan meskipun pas di Palembang ada tante Ayi dan Icha yang nge-guide kemana-mana, aku sudah puas. Pokoknya aku sudah punya pengalaman berangkat dan pulang sendiri, membuat itinerary dan menabung buat travelling

Baca juga : Pengalaman Naik Kereta Api Bengkulu Palembang 

Tinggal 2 lagi yang perlu kupenuhi. Bukan tugas yang sulit. Kamu pasti bisa Fir!

Seperti harapanku untuk 2019, aku berharap tahun 2020 juga lebih baik dari tahun sebelumnya. Aku dan orang-orang yang kucintai sehat dan bahagia.

Tahun depan, aku akan masuk koas. Aku nggak tahu apa yang akan terjadi, tapi aku berharap aku dapat beradaptasi dan belajar banyak. Sebenarnya aku sudah tidak sabar untuk belajar lagi, apalagi dengan ke-vakumanku selama 2 tahun ini dari kampus (cuma ngurusin skripsi doang). Aku rindu belajar setiap malam dan bersiap buat ujian di minggu keempat. Rindu dengan teman-teman belajar, meskipun sekarang mereka sudah lebih jauh progressnya dariku. Nggak enak belajar sendiri hiks.

Pasal pekerjaan, aku harap apa yang aku lakukan tahun ini dapat kulakukan pula ditahun depan. Mungkin akan ada penyesuaian, tapi kuharap tidak bersinggungan terlalu parah dengan kegiatan koasku. Soalnya tahun ini aku merasa terbantu banget dengan uang tambahan yang kudapatkan dari pekerjaanku. Meskipun nggak seberapa, tapi memberiku the sense of security. Tenang karena ada uang didompet. Tenang karena ada uang di atm. Alhamdulillah.

Gitu aja deh. Selamat datang 2020! 
 

Foto di latar ala-ala Jepang Curup 💋

13 comments

  1. Aaa keren banget sembari nyelesein gelar sarjana namun bisa memenuhi beberapa wishlist. Semoga 2020 makin keren dan tentu saja resolusi yang belum tercoret segera tercoret yak :D

    ReplyDelete
  2. Wow keren banget pencapaiannya sepanjang 2019 lho. Saluuuuuut
    Selamat ya udah wisuda, semoga ilmunya bermanfaat untuk kebaikan yang lebih luas
    Selamat datang di 2020, semoga makin sukses

    ReplyDelete
  3. Wahhh harus dengan semangat baru nih, mumpung moment nya tepat

    ReplyDelete
  4. Selamat atas wisudanya, Mbak Fira.
    Semangat melewati hari-hari 2020. Agar semakin banyak yang bisa diraih. Semangaaaat...

    ReplyDelete
  5. Selamat datang 2020, selamat koas Fir!
    makin dikit waktu libur, makin dikit waktu luang buat nulis. Nikmati hari-hari tersisamu wkwkwk

    ReplyDelete
  6. asyeeeeek... yg udah nyandang gelar S.Dok. eh tapi masih kudu jd intern dan lain3. semangat yaaa... satu langkah setidaknya sudah terlalui dg lancar

    ReplyDelete
  7. Kereeeen.. satu2 cita2nya terwujud.. semangat terus Firaaaa.. itu juga cita2ku untuk belajar Bahasa Korea.

    ReplyDelete
  8. penuh perjuangan banget ya fir di tahun 2019
    alhamdulillah sudah berhasil jadi sarjana
    semangat untuk melanjutkan mimpi-mimpi ^_^

    ReplyDelete
  9. Waah selamat calon dokter, kalau S.Ked itu belum boleh praktek ya berarti? Anyway, aku juga suka belajar bahasa Korea. Entah kenapa dari dulu bahasa-bahasa Asia Timur selalu menarik hati, mungkin karena yang ditonton drama-drama dari negara-negara itu juga hahhaa. Sukses selalu dan semoga tercapai list nya yang belum tercentang.

    ReplyDelete
  10. Selamat dan semangat calon dokter. Happy koas. Selamat menyambut dunia luas nan ajaib yang menunggumu di 2020 yaaa.

    ReplyDelete
  11. Selamat dan semangat kak, sukses terus kak.

    ReplyDelete
  12. Baca ini jadi mengingatkan saya dengan masa-masa berjuang bersama skripsweet, yay akhirnya wisuda juga ya Mbak. Pastinya lega tapi eits perjuangan masih panjang setelah jadi alumni jadi tetap semangat ya dan semoga targetnya yang belum tercapai tahun lalu bisa tercapai tahun ini

    ReplyDelete
  13. Selamat ya, sudah berhasil wisuda di akhir 2019. Semoga tahun 2020 bisa koas dan makin semangat tentunya. Baik menjalani kehidupan sehari-hari dan menuju menjadi dokter yang baik, juga mengimbangi tetap semangat ngeblog untuk berbagi kisah.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.