Menyambut Bengkulu International Coffee Day 2020



Sebagai seorang pecinta kopi, aku sangat senang ketika mengetahui Oktober mendatang akan diadakan acara International Coffee Day di Bengkulu. Yup, tahun ini, tanggal 1 Oktober 2020 lebih tepatnya. Bukan cuma event lokal tapi internasional.

Bengkulu merupakan provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia. Menjadi salah satu komoditas unggulan daerah yang terus digenjot potensinya. Warga Bengkulu sendiri pasti tau lah ya, kalau jalan-jalan ke daerah Kepahyang atau Curup, pasti disepanjang jalan bisa liat perkebunan kopi di kiri-kanan. Lagunya tuh, kalau anak-anak ibukota nyanyi Naik-naik Ke Puncak Gunung begini; "kiri kanan~ kulihat saja, banyak pohon cemara~" kalau anak Bengkulu nyanyinya; "kiri kanan~ kulihat saja, banyak pohon kopi~"

Petani kopi sedang panen

Menguatkan Branding Kopi Bengkulu dengan Sertifikat Indikasi Geografis

Memang sudah saatnya memberi perhatian khusus terhadap kopi, apalagi dengan peningkatan penikmat dan pengusaha kopi di Indonesia ini. Banyaknya tempat nongkrong berpengaruh loh, dengan permintaan kopi. Hal ini diperhatikan betul oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Beliau terus melakukan upaya mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini semata untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain.

Kalau kata beliau tuh, "Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain.

Serah terima sertifikat IG Kopi Bengkulu

Benar banget dong. Kopi kita kan memang enak. Pun ketika menikmati espressonya saja, rasanya nggak kalah dengan kopi luar daerah atau bahkan luar negeri. Tau nggak sih, Bengkulu itu masuk "Segitiga Emas Robusta" di pulau Sumatera. Jadi memang diperhitungkan sebagai salah satu yang mantap rasanya. Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. Udah bersertifikat guys. Jadi kekayaan alam kita udah terlindungi juga, nama kopi Bengkulu gitu.


Pemasaran Kopi Bengkulu Melalui Bencoolen Coffee di DKI Jakarta

Kopi robusta Bengkulu

Branding kopi ga berakhir dengan pengesahan nama doang, tapi juga dibikin brand Bencoolen Coffee hingga ke Ibukota Jakarta. Klimaksnya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” komentar Anies Baswedan di acara MoU kerjasama pemasaran Kopi Bengkulu

Bencoolen Coffee dikunjungi Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta

Kenapa DKI Jakarta? Karena Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.“Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” kata Anies Baswedan.

Mudah-mudahan makin banyak orang yang coba dan menyukai kopi Bengkulu, ya!

 

Penghargaan yang Didapat Kopi Bengkulu

Tau nggak, ternyata Kopi Bengkulu kita berhasil memperoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.

Piagamnya guys

Presiden AVPA mengapresiasi langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dengan kopi negara produsen lain.

"Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat,” ungkap Phillipe.


Bengkulu International Coffee Day 2020!

Selain dari prestasi, pemasaran dan juga sertifikat, nggak lengkap memang tanpa Festival. Aku sih menyambut gembira banget, karena pengen liat produk kopi yang bakal dipamerkan. Pasti nggak ketinggalan tuh, para barista-barista yang akan meracik kopinya sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati masyarakat. Pesertanya juga kalau festival internasional harusnya juga sampai mengundang orang luar daerah (kalau bisa luar negeri juga!) untuk mencicipi Kopi Bengkulu.

Acaranya akan diselenggarakan tanggal 1 Oktober mendatang. Hal ini tentu saja hasil kerja keras  Gubernur Rohidin membranding kopi Bengkulu. Dapat pujian juga dari Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," ungkapnya

International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober yang akan datang harus disambut ya guys. Jangan sampai ga datang. Kuy meriahkan dan jangan lupa share di sosmed. Jadi nggak cuma pemerintah aja nih yang semangat buat naikin nama Kopi Bengkulu, tapi kita juga sebagai masyarakat. Apalagi kalau kamu doyan kopi kayak aku, duh, nggak boleh dilewatkan yak.


Ngopi dulu kuy. Ini charcoal latte, espressonya dari kopi robusta Bengkulu dong ya


#InternationalCoffeeDay2020 #HariKopiInternasional2020
#KopiBengkulu #KopiLokal #KopiGadingCempaka

29 comments

  1. Bengkulu memang punya potensi yang sangat besar terutama di potensi kopinya. Hanya saja selama kurang di push ke permukaan, well, salit buat pemerintah yang mulai mau mengangkat Kopi Bengkulu ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah bang, untungnya sekarang sudah mulai dilirik. Fira paling antusiasnya sama bencoolen cafenya sih, semoga bisa lebih banyak lagi cabangnya.

      Delete
    2. betul kurang disosialisasikan lewat tulisan yg mudah dibaca khalay ramai. saya ajah baru ngeh kalau bengkulu terkenal akan kualitas kopi terbaiknya

      Delete
  2. Luar biasa Bengkulu dapat menggaungkan Kopi Tanah Air di kancah Internasional.

    ReplyDelete
  3. Wihh kerenn. Pengen ikut dong, seru kayaknya nih acaranyaπŸ‘πŸ»

    ReplyDelete
  4. Bangga sih pastinya sebagai masyarakat Bengkulu. Semoga kedepannya kopi dr Bengkulu makin dikenal bukan hny di tingkat nasional. Tapi jg tingkat internasional πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  5. Selain terkenal dengan budaya, Bengkulu ternyata dikenal sebagai provinsi ketiga terbesar dalam produksi dan penanaman kopi. Semoga event yg akan datang membuat Bengkulu semakin dikenal banyak kalangan :'

    ReplyDelete
  6. wahh mantap ada acara ini apalagi bagi para pecinta kopi

    ReplyDelete
  7. Nice info gan. Tapi oktober masih lama ya

    ReplyDelete
  8. aku juga pecinta kopi.. pengen datang ke event kopi, seandainya sedang di bengkulu..

    ReplyDelete
  9. Waah jadi tambah kangen pulang ke Bengkulu πŸ˜„

    ReplyDelete
  10. Keren bangeet niih, apalagi sebagai fansnya si kopi

    ReplyDelete
  11. Kopi Bengkulu emang enak sih Fir, terkenal. Aku aja sampe baju sekotak ke Padang buat oleh-oleh.

    ReplyDelete
  12. iyup
    insyaallah event ini ga akan kelewatan Fir
    dah ga sabar pengen datang

    ReplyDelete
  13. ayo meriahkan hari kopi internasional dengan mulai banyak membuat konten tentang kopi dan senja

    ReplyDelete
  14. Wih pasti seru banget ini event coffe, buat pecinta kopi mah wajib banget ke event ini. Hahaha

    Meskipun aku bukan pecinta kopi, tapi penasaran juga sih sama keseruan event ini.

    ReplyDelete
  15. Ugh jadi penasaran pengen mencicipi kopi asli Bengkulu. Bisa delivery order nggak nih? hehe

    ReplyDelete
  16. masih di bulan oktober namun antusiasnya udah dimulai ya kak! ah aku mau juga ngerti mengenai perjalanan kopi Bengkulu dan nyobain rasanya. Hmm, trip ke Bengkulu dan belajar kopinya sepertinya menyenangkan :3

    ReplyDelete
  17. Ternyata gak di Aceh, di Bengkuli pun ada kopi. Dan kemarin juga baru tau asa kopi di NTT yang bisa bersaing secara internasional. Ah, kopi tuh sesuatu bgt ya!!

    ReplyDelete
  18. Pasti udah pada deg-degan nih para pecinta Kopi tuk menyambut bukan Oktober mendatang.
    Semoga acaranya lancar ya.

    ReplyDelete
  19. Pengen ke Bengkulu dan pastinya pengen nyoba kopinya. Coba ah liat di Pontianak, moga aja ada kopi Bengkulu, pengen nyobain ahhh.

    ReplyDelete
  20. Waah, kereen kopi Bengkulu 😍😍😍 selamat atau MoU nya. Semoga nanti kopi muara enim juga bisa maju kaya gini yaaa

    ReplyDelete
  21. Info seperti ini yg harus diperbanyak kak.. biar pada tahu kelebihan kopi negeri sendiri... bencoolen coffe..kapan2 mampir ah

    ReplyDelete
  22. Wah, salah satu potensi dari Bengkulu ternyata kopi ya. Semoga sukses event Coffee Day di bulan Oktober mendatang ya.

    ReplyDelete
  23. Wahh ternyataa memang seru banget ya.. jadi penasaran nihh

    ReplyDelete
  24. Boleh dong mba kirim kopinya ke surabaya hehe

    ReplyDelete
  25. Kirain udah mau dekat acaranya lho. Rupanya october. Kayaknya bakal jd acara spektakuler deh di bumi rafles.. Jangan bilang pecinta kopi klo blm nyicip robusta bengkulu

    ReplyDelete
  26. Mantap. Semoga suatu saat saya bisa nyicipin kopi Bengkulu.

    ReplyDelete
  27. Mantap. Semoga suatu saat saya bisa nyicipin kopi Bengkulu.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.