Peran Kalsium Untuk Ibu dan Bayi

Gambar dari pixabay

Kalsium merupakan salah satu zat yang cukup dibutuhkan oleh semua orang terutama untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang dan kalsium ini umumnya bisa didapat dari susu. Namun mengapa untuk ibu hamil sendiri khususnya, perlu lebih banyak asupan kalsium selama masa kehamilannya? Pasalnya, ibu hamil diwajibkan untuk mengonsumsi kalsium yang tinggi.

Asupan kalsium saat hamil ini sendiri dapat berfungsi untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang ibu hamil sendiri. Tak hanya untuk kesehatan tulang ibu saja, tapi juga kalsium ini dapat menunjang perkembangan tulang bayi. Janin nantinya akan menyerap kalsium yang dimiliki ibu, khususnya saat memasuki kehamilan trimester ketiga.


Gambar dari pixabay

Jelas banget kan ya, kenapa ibu hamil butuh asupan kalsium yang lebih besar? Apalagi, rata-rata, konsumsi kalsium yang dibutuhkan oleh janin adalah 30gr di awal saat masa kehamilan. Sementara itu, kebutuhan kalsium janin adalah kurang lebih 50mg per harinya selama trimester kedua dan akan terus meningkat menjadi 250mg per hari selama trimester ketiga. Hal ini pun wajib menjadi perhatian utama bagi ibu hamil.

Manfaat pentingnya kalsium bagi ibu hamil sendiri tergolong cukup banyak. Manfaat pertama adalah dapat membantu untuk memersiapkan produksi ASI eksklusif bagi ibu hamil nantinya. Kemudian, kalsium dapat membantu menghasilkan lebih sedikit lemak di dalam tubuh dan mengurangi risiko obesitas setelah melahirkan.

Kalsium juga dapat bermanfaat untuk memertahankan detak jantung normal bagi ibu hamil selama masa kehamilan. Hal ini sangat penting mengingat ibu hamil pasti akan mengalami banyak hal khususnya pada kondisi kesehatannya. Kalsium juga dapat membantu untuk menyetabilkan tekanan darah pada ibu hamil.


Gambar dari pixabay

Untuk janin atau bayi sendiri, kalsium bisa bermanfaat untuk menjaga dan membentuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi agar kuat. Kalsium juga dapat membantu pembentukan syaraf dan otot pada bayi agar semakin optimal. Tak hanya itu, asupan kalsium yang tinggi juga dapat menunjang jantung bayi yang kuat.

Simak juga informasi seputar kehamilan lainnya di https://www.guesehat.com/kebutuhan-kalsium-ibu-hamil. Dengan Anda memerhatikan setiap detail yang dijelaskan di website tersebut, maka kesehatan ibu dan bayi akan semakin baik. Jangan lupa untuk baca informasi lain mengenai kesehatan yang tak kalah penting bagi Anda di guesehat.com.

13 comments

  1. Wahh ternyata penting bangett yaa.. memang semua harus diperhatikan sejak dini ya berartii

    ReplyDelete
  2. itulah kenapa pada ibu hamil, utamanya di trimester akhir, diberikan resep suplemen kalsium. selain untuk persiapan kala masa menyusui nanti, jg bs cegah Preeklampasi atau keracunan kehamilan

    ReplyDelete
  3. Berfungsi ganda ya mba satu untuk ibu dan satu lagi untuk calon bayi. Perlu banget ditingkatin biar ibu dan bayi nggak kekurangan serta sama2 sehat dan tumbuh optimal :)

    ReplyDelete
  4. Bahkan sampe sekarang aku masih rutin minum susu.
    Kalo inget kuliah gizi, langsung kepikiran buat "harus minum susu fullcream". Biar banyak cadangan lemak, serta kalsium yang ditabung untuk hari tua hehe

    ReplyDelete
  5. Makanya udah diatur pemakanan 4 sehat 5 sempurna.. apalagi untuk ibu hamil, perlu banget makan makanan sehat yang serat kalsium untuk membantu tumbuh kembang bayi dalam janin

    ReplyDelete
  6. Nah, memang kebutuhan kalsium ini penting banget terkhusus buat bumil. Waktu hamil saya lumayan rutin minum susu dan suplemen kehamilan untuk mebantu memenuhi kebutuhan kalsium ini. Alhamdulillaah setelah lahir anak saya jadi lumayan cepat tumbuh giginya karena tidak kekurangan kalsium.

    ReplyDelete
  7. Kebutuhan kalsium tdk hanya dari susu lho, banyak juga sumber makanan lain yg mengandung kalsium..
    Mgkn bs dicoba untuk yg tdk suka susu

    ReplyDelete
  8. Yes. Selain asam folat, para bumil terutama di semester awal juga butuh banget sama asupan kalsium.

    ReplyDelete
  9. Nanti jika saya udah nikah dan punya istri hamil saya akan suruh banyak minum susu dan makan buah kurma agar janinnya sehat terus

    ReplyDelete
  10. Selain susu dapetin kalsium dari asupan apa lagi ya Mba
    aku belum ada anak, sudah pengen hahaha semoga segera diberikan momongan amin

    ReplyDelete
  11. Catet ni. Biar kalau hamil dan banyak konsumsi kalsium, tubuh nggak obesitas saat melahirkan. Hehe

    ReplyDelete
  12. Kalsium memang penting, khususnya untuk bayi. Untuk menguatkan tulangnya juga

    ReplyDelete
  13. Bener banget memang info ini. Ibu hamil butuh kalsium yang lebih banyak dari ibu-ibu yang nggak
    Hamil. Karena kalsiumnya nggak cuma buat sang ibu tapi juga buat janinnya. Kalau kalsium kurang ada yang Gigi ibu jadi keropos.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.