7 Tips Persiapan Travelling ke Solo bagi Traveller Muslim


Aye gaes! Kali ini aku pengen ngomongin tentang persiapan travelling. Ya siapa tau ada kesempatan. Kalau boleh milih tempat yang ingin kudatangi, aku pengen banget ke Solo. Dulu, pas  masih preklinik aku pengen banget ke Solo, karena mba Retno, one of my highschool bestie kuliah disana. Well, mba Retno sekarang udah pulang ke Bengkulu sih, tapi ya tetap pengen ke Solo.

Solo punya beragam destinasi wisata yang keren dan indah untuk dijelajah. Misalnya aja ikon Solo yang kupakai buat foto header, jembatan tugu keris. Tempat wisata lainnya kayak Kampung Batik Laweyan, Pasar Klewer, Grojogan Sewu Tawamangu, dan tentu saja Keraton Surakarta. Tempat-tempat wisata ini menjadi magnet dan daya tarik bagi para pelancong, termasuk wisatawan muslim.

Jika Anda traveller muslim yang sedang merencanakan perjalanan ke Solo, pastikan dulu untuk menyimak 7 tips ini.

1. Tentukan dan Cari Tahu Destinasi Wisata

(sumber : nyero.id)
Salah satu tips yang harus dilakukan traveller muslim sebelum berkunjung ke Solo adalah menentukan destinasi wisata. Cari tahu informasi mengenai destinasi wisata tersebut, seperti jarak dari tempat penginapan, harga tiket masuk, jam buka destinasi wisata, dan transportasi yang digunakan. Jangan lupa catat informasi tersebut.

2. Susun Rencana Perjalanan

Setelah mencari tahu dan menentukan destinasi wisata di Solo, pastikan Anda menyusun rencana perjalanan. Rencana perjalanan sangat dibutuhkan agar perjalanan ke Solo lebih terarah dan efisien.

Mulailah dengan menetapkan lama liburan ke Solo, jumlah destinasi wisata yang terdekat yang bisa dikunjungi dalam satu hari, hingga destinasi wisata yang paling jauh. Setelah itu susun jadwal perjalanan sesuai dengan lama waktu perjalanan.

Setelah menyusun rencana perjalanan, Anda bisa memperkirakan bujet untuk tiket pesawat, penginapan, tiket masuk ke tempat wisata, konsumsi, serta transportasi yang akan digunakan di Solo. Lebih bagus lagi kalau punya kenalan di Solo, jadi bisa sekalian silaturahmi kan yak.


3. Hindari Pengepakan Barang terlalu Mepet

Tips selanjutnya adalah hindari pengepakan dalam waktu yang mepet. Tujuannya adalah agar semua barang yang dibutuhkan untuk travelling tidak terlupakan atau terlewat. Lakukan pengepakan 2 atau 3 hari sebelum berangkat agar waktu pengepakan bisa santai dan barang yang penting dapat terbawa.

Ingat banget dulu pas mau otw travelling ke Jakarta bareng Clara dan Kak Salma. Clara terlambat datang dan membuatku sangat panik. Saking paniknya, aku lupa untuk ganti sendal menjadi sepatu kets. Yup, aku tidak mengepak sepatu karena berpikir akan memakainya. Bayangkan, berangkat travelling dan sekaligus ikut lomba (Meridien Cup, lomba tim medis dalam kegawatdaruratan) dan tidak membawa sepatu. Akhirnya aku merepotkan orang karena jadi minta anterin sepatu, huhu.

4. Siapkan Perlengkapan Travelling

Tips persiapan sebelum keberangkatan lainnya adalah siapkan perlengkapan travelling. Jangan membawa perlengkapan yang berlebihan. Siapkan barang yang diperlukan. Untuk menghindari lupa membawa barang, catat barang-barang yang akan dibawa saat liburan. Selain itu, bawa pakaian yang nyaman dan bawa sesuai dengan jumlah hari travelling di Solo. Pastikan juga untuk membawa perlengkapan salat.


5. Bawa Ponsel dan Kamera

Ponsel dan kamera merupakan perlengkapan travelling yang wajib dibawa ke Solo. Ponsel penting agar Anda bisa menghubungi keluarga atau penginapan tempat Anda reservasi. Ponsel juga memiliki fitur kamera yang bisa digunakan untuk mengambil foto berbagai aktivitas saat di Solo.


(sumber : phinemo.com)

Perlengkapan lainnya yang harus dibawa adalah kamera. Walaupun ponsel memiliki fitur kamera yang memudahkan Anda untuk berfoto saat liburan, kamera bisa menangkap keindahan alam tempat wisata dengan gambar yang lebih bagus dan berkualitas. Jangan lupa bawa charger, ya.


6. Bawa Obat-obatan dan Perlengkapan Sanitasi

Tips selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah membawa obat-obatan dan perlengkapan sanitasi. Siapkan semua obat-obatan yang diperlukan dalam perjalanan, seperti minyak angin, plester, obat flu, obat batuk, bahkan obat anti mabuk.

Selain itu, lengkapi peralatan travelling dengan membawa perlengkapan sanitasi, seperti sampo, sikat gigi, sabun, dan pasta gigi. Walau perlengkapan sanitasi telah disiapkan oleh penginapan, tidak ada salahnya berjaga-jaga. Bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati.


7. Gunakan Aplikasi Travelling

Sekarang tidak perlu susah lagi memesan tiket pesawat atau melakukan reservasi hotel. Dengan membuka aplikasi travelling, Anda tinggal memilih tiket pesawat dengan jadwal yang diinginkan. Aplikasi travelling juga memudahkan Anda untuk memilih penginapan atau hotel yang sesuai dengan bujet liburan Anda. Saat bertransaksi pun menjadi lebih mudah dan efisien.

Inilah 7 tips persiapan travelling ke Solo bagi traveller muslim. Guna memudahkan persiapan perjalanan ke Solo, gunakan aplikasi atau situs web Airy. Aplikasi atau situs web Airy juga menyediakan Airy Syariah untuk membantu Anda memesan hotel syariah di Solo atau penginapan syariah lainnya dengan mudah.

14 comments

  1. Terima kasih tipsnya. Saya belum pernah ke solo. Nambah info nih untuk tempat wisatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipsnya mantap. apalagi soal packing jangan mepet waktu. kebiasaan buruk saya noh, terlalu santai akhirnya saat liburan banyak barang yg gak kebawa padahal perlu

      Delete
  2. Saya baru sekali ke Solo, Mbak Fira. Dan itu juga hanya mutar-mutar sebentar di kotanya. Pasar Klewwr, Masjid Agung, Benteng. Jadi pengin ke Solo lagi. Termasuk mengunjungi Jembatan Tugu Keris.

    ReplyDelete
  3. Jembatan Tugu Keris termasuk baru nih, waktu masih kuliah (2010-2016) dan sering riwa riwi ke Solo, Tugu itu belum ada. Waktu udah nikah dan jalan-jalan ke Solo bareng keluarga, kaget juga udah berdiri tugu keris yang menjulang itu.

    ReplyDelete
  4. Aku juga pernah Solo Traveling di Bali, ah gara-gara menang lomba waktu itu. Dan aku setuju banget dengan tips-tips di atas, oh ya tambahan satu lagi bawa powerbank biar gak kehabisan baterai saat dokumentasi hehe

    ReplyDelete
  5. Aaaak jadi ingin liburan, beneran emang ya harus pakai perencanaan biar di sana waktunya nggak kebuang sia2 :3 terus jangan lupa cari diskonaaan :3

    ReplyDelete
  6. TfS kak...penasaran sama aplikasi travelingnya..secara selama ini kalau mau jalan... dadakan tanpa persiapan dan apalagi memiliki aplikasi

    ReplyDelete
  7. Nah bener tuh packing musti disiapkan jauh hari. Pluuusss...kalau perempuan hati-hati ganti tas menjelang berangkat. Temenku ganti tas, eh...menuju bandara baru ngeh, paspor ada di tas sebelumnya. Weesss...panik deh. Jadi ngerepotin kaan, minta anterin paspor.

    ReplyDelete
  8. Bulan lalu aku sempat solo traveling ke Solo, loh.. Gak aku posting di blog sih tapi aku buatin vlognya di You Tube channel Vita Masli (laah malah promote). Sayangnya aku gak nginap just one day trip langsung ke Jogja, probably next time aku pake Airy Syariahnya deh. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  9. Wah, tipsnya cakep, kebetulan sy baru sekali ke Solo, tp cuma sebentar, besok2 pengen ke sana lagi. Pengen explore lebih banyak.
    Krn klo cuma sehari rasanya gak cukup ya.

    ReplyDelete
  10. Temanku juga ada di Solo nih, mbak. Ngajakin ketemuan terus. He. Memang kalau mau travelling itu kita harus mempersiapkan sesuatu sebaiknya ya

    ReplyDelete
  11. Liburan ke Solo memang perlu dipersiapkan secara matang, dari destinasi, lokasi menginap dan transportasi yang akan digunakan. Karena kalau dadakan, kayak saya, pas tahun 2018, main ke Solo tanpa persiapan, jadinya kami hanya bisa main di Keraton dan Belanja Batik di Kauman saja. Enggak sempet ke mana-mana karena terjebak macet, waktu itu pas lagi ada pawai. Padahal pengen ke Jembatan Tugu Keris, tapi malah gak sempat. Huhuhuhu. sedih...

    ReplyDelete
  12. Airy ini aku sukanya karena ada opsi syariahnya. Jadi kalo mau kemana2 tenang nginep di hotel yang ga gabung sama anu anu. Hahaha.

    Soalnya kan bawa anak, males ngejelasin ke mereka kalo banyak tanya kenapa ini itu inu.

    ReplyDelete
  13. Ih ak barusan ke solo tapi gak lama, karena cuma mampir aja hehe. Tapi pas mau pulang ke jogja ak juga sempet liat ikon kota solo yang mirip pedang itu hihi..

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.