Cara Mempercantik Tampilan Blog | Materi Kelas Blogger Bengkulu


Hello guys! Gimana kabarnya?

Hari ini aku pengen bikin postingan tentang mempercantik template blog. Materi ini sebenarnya sudah kubawain pas kelas Blogger Bengkulu minggu lalu di rumah Seafood Bengkulu. Tapi karena keterbatasan tempat dan perlengkapan, jadi aku nggak bisa memaparkannya dengan baik.

Photo by @bloggerbengkulu

Langsung aja ke materi yak!

So, kunci buat mempercantik blog untuk para pemula itu ada 3, pemilihan template, pengaturan tata letak, dan juga branding. Cukup 3 dulu, nanti lama kelamaan akan terbiasa dengan ketiga step ini dan bisa sesuaikan blognya dengan cara sendiri. 

Practice make perfect 

 


1. Memilih Template Blog

Setelah buka akun di blogger, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memilih template. Beberapa template dari blogger tersedia di menu utama, dan bisa dikonfigurasi sendiri dengan mengklik sesuaikan di menu tema. Meskipun begitu, template ini tampilannya sangat dasar dan kurang cantik. Karena itulah, ada pilihan lain yaitu mencari template dari penyedia template gratis di google. Keywordnya gampang yak, cari aja "template gratis untuk blogger".




Pada beberapa penyedia template blog, ada yang menyediakan template yang benar-benar gratis, ada juga yang menampilkan template gratis namun memiliki keterbatasan (misalnya, ada yang tidak bisa diedit) dan harus membeli full version template tersebut untuk mengakses fitur lengkapnya.

Pilihlah yang mana yang kalian suka, dicoba-coba saja dulu. Pake template gratis, apakah udah sesuai dimata atau belum. Atau, coba saja dulu download tema gratisan. Nanti kalau memang sreg dengan templatenya, bisa dipertimbangkan apakah ingin beli versi lengkapnya atau tidak.


 

Jika memakai template gratisan, dibagian footer bakal kelihatan bagian copyright dari tema yang dipakai. Seperti pada blog Jeruk Jalan Jalan yang kukelola, dibagian bawahnya ada tulisan Designed with love by Way2Themes. 

Kalau memang mau pake template online, gimana cara masangnya?

Biasanya, penyedia template masing-masing memberikan tutorial untuk pemasangan template. Tapi, aku akan menjelaskannya juga disini. Caranya gampang banget. Ikutin yak;



 


Jangan lupa, saat memilih template blog harus perhatikan spesifikasi template yang ada didalam paketnya. Salah satu yang paling penting adalah responsif. Karena kita harus memastikan kalau blog bisa diakses melalui gadget laptop/hp/tablet tanpa gangguan. Supaya nggak ada perbedaan tampilan blog ketika dibuka nantinya. 


 


2. Mengatur Tata Letak

Sebelum mengatur tata letak, kamu harus paham dulu bagian-bagian dari blog. Secara umum, blog terbagi jadi 3 bagian; header, body dan footer. Dalam body inilah tempat artikel dan sidebar. Nah, bagian tata letak ini bisa diatur dalam menu tataletak pengaturan.


 


Dalam pengaturan tata letak inilah kita bisa memilih widget atau pemanis blog. Misalnya, mau masukin gambar, jam, kalender, atau bahkan kolom pencarian. Beberapa tema biasanya tidak perlu diatur lagi, langsung muncul. Tapi terkadang ya, masih harus disesuaikan agar tampil sesuai yang kita inginkan.


 


Lalu, bagaimana jika widget yang diinginkan tidak ada? Nah, caranya bisa pake widget HTML. Misalnya, mau nambahin maps. Di tema nggak ketemu widget maps, ya sudah pake cara tambah lewat HTML.


 


3. Menyesuaikan Tema dengan Branding Blog

Tema dan tata letak sudah pas, terus apa lagi dong? Mungkin bisa pertimbangkan untuk melakukan branding.  Disesuaikan dengan tujuan dan gambaran umum arah ngeblog kamu. Kalau pengennya bikin blog yang cuma diary doang, mungkin tampilannya bisa lebih disesuaikan dengan kesukaanmu. Kalau mau bikin blog buat jualan mungkin dipilih template yang lebih praktis dan dinamis.

Jangan lupa untuk menambahkan halaman kontak saya dan tentang saya di blog kalian. Ini tujuannya agar blog lebih mudah dikenali dan diingat oleh pembaca. Terus ya, siapa tau ada brand yang pengen ngajak kerjasama.. hehe. Semoga kan ya :D




Semoga bermanfaat ya tips dan triknya. Kalau blognya sudah cantik, jangan lupa diisi yah. Masa blognya saja yang keren, tapi artikelnya cuma artikel pembuka saja, hehe. Sayang dong waktunya.

18 comments

  1. Jadi ingat pas pertama punya blog saya nyari template gratisan bawaan blogspot.. Trus melihat blog teman2 koq templatenya bagus2 ternyata ada yg gak gratisan.. Waktu itu saya lugu banget soal blogging ini, hehe

    ReplyDelete
  2. Sepertinya ini lebih ke blogspot ya mbak? Sebagai pengguna Wordpress, aku sementara cukup ke penggunaan themes (template) dan minimalis aja, biar loading gak berat2 amat.

    So far, kuperhatiin blogspot lebih enak dicustom dan lebih murah juga misal kalo beli template.

    ReplyDelete
  3. Benar banget kak, sampe sekarang saya masih santuy dengan tampilan blog padahal nih performa maksi harusnya ya

    ReplyDelete
  4. Aku termasuk orang yang kesulitan memperbagus tampilan blog. Ketika ngubah satu hal, eh malah yang lain terubah jg. :( Jadinya malah pake template bawaan. :( Melihat ini kujadi mengerti dikit-dikit. Semoga nanti nggak salah salah lagi. :")

    ReplyDelete
  5. Entah kenapa aku suka bingung kalo mau ganti template, wkwkwk, soalnya sering pas udah diganti, ternyata malah gak sreg, padahal awalnya suka gitu. Anak labil aku tuh kalo masalah template, hihihi

    ReplyDelete
  6. Widget di tata letak juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Gak sedikit dan gak terlalu banyak. Takutnya ngefek ke loading blog. Soalnya semakin sederhana blog, semakin menarik sih. (Kata aku penganut konsep blog minimalis tapi tampilan blog sendiri gak minimalis. Heheheeh)

    ReplyDelete
  7. Seru banget acaranya di outdoor lagi. Materinya daging banget thanks mba bisa dipraktikkan nih

    ReplyDelete
  8. saya jadi tertawa pas ingat pertama buat blog, Mbak Fira. itu norak benar. Segala pernak-pernik saya pasang. dari jam, sampai ikan mas koki hahaha. Lalu saya mulai lihat blog teman-teman kok sederhana tapi menarik. Akhirnya saya diberi tahu caranya. Dan saya pun memilih membeli template dan memasang pernak-pernik secukupnya saja.
    Ini artikelnya keren, Mbak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. Aku pakenya Wordpress mbak. Tapi izin postingan ini kusave ya. Siapa tahu ada teman yg bikin di Blogspot tapi belum paham cara memilih template utk blognya.
    Makasih infonya, mbak.

    ReplyDelete
  10. lengkap juga tutorialnya mb. Baru kali ini nemu artikel ttg mempercantik tampilan blog yg berbobot. Kebanyakan tutorial dari google umumnya percantik dgn widget dan widget. Akhirnya blognya lambat bin lemot gak karuan. haa

    ReplyDelete
  11. Dulu pas masih pakai blogspot aku bisa nambahin widget macam-macam, tapi setelah pakai WP dan hosting beli sendiri harus hemat tempat dan pasang widget yang perlu aja, hehe.

    ReplyDelete
  12. Memilih template blog ini yang kadang membuat galau yah. Ada banyak pilihan warna yang menarik tapi kadang enggak responsif. Mengatur tata letak juga pastinya penting yah, aku masih berantakan beberapa widgetnya,huhuuhu

    ReplyDelete
  13. Sekarang aku jarang langsung upload xml kalau ganti template. Karena kadang jadi nggak rapi, biasanya bukan file template di notepad/ sublime.. copy baru paste di bagian edit html :)

    Tapi sekarang udah nemu template yang cucok sih jadi pengennya nggak ganti2 lagi hehe.

    ReplyDelete
  14. Brandingku selama ini personal namun sepertinya kurang kuat karena isinya gado2 padahal aku sangat enjoy, mungkin dikuatin di narasi juga ya :3

    ReplyDelete
  15. Selain itu juga agar blog tetap cantik dan sehat harus sering di pantau apakah tampilan blog kita ini lemot atau membuat orang jadi malas membaca di blog kita

    ReplyDelete
  16. Sepertinya tampilan blogku tampak terlalu jadul, dan belakangan aku sedang ngulik soal template ini. Tapi masih maju mundur pasangnya, khawatir berantakan. Senang bisa mampir ke mari. Penjelasan yang men-detail. terima kasih banyak Mba.

    ReplyDelete
  17. Pertama kali ngeblog pake blogspot yang diredirect ke domain TLD. Selalu dan selalu yang diutak-atik pasti tampilan blog. Padahal, konten lebih penting ya? Etapi sekarang sudah pindah ke WordPress saya. Dan ternyata, di WordPress lebih banyak varian theme/template. Tapi blogku yang antah berantah itu, lebih ku fokuskan ke reader dengan tampilan yang sederhana. Gitu, sih?

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen ganti template lagi ini, yang sekarang kebanyakan yg makenya, jadi gimanaaa gitu pas BW, hihihih.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.