5 Drama Korea Rekomendasi Selama Karantina


Well hello there.

Postingan ini buat kalian yang lagi karantina mandiri di rumah. Gatau mesti ngapain, setelah mengerjakan tugas rumah ataupun tugas kantor. Pun buat kamu yang menganggur, karena sedang tidak ada pekerjaan. Daripada melamun, kuy nonton drakor!

Nonton drakor alias drama korea itu menyenangkan. Pertama, karena pemerannya punya visual yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng.. terutama pemeran utamanya. Dari drama korea jaman baheula sampai jaman sekarang, hampir ga ada yang jelek. Nilai plusnya lagi, akting mereka bagus. Jadi ya, memang feel ceritanya dapet.

Kedua, karena plotnya menarik. Makin modern dramanya, penulisnya makin pandai memainkan plot. Kalau dulu, pemeran utama pria selalu berakhir dengan pemeran utama wanita. Kalau sekarang nggak begitu. Nggak cuma masalah hubungan antar pasangan, tapi juga jalan cerita keseluruhan yang ditata rapi dan ciamik, kadang kita tidak dapat menebak endingnya bagaimana.

Ketiga karena soundtracknya yang keren-keren, udah kayak film karena soundtrack pasti lebih dari satu buat satu drama. Bahkan, fans drama tersebut bisa membeli album soundtrack official setelah drama usai (tentu dengan bonus-bonus behind the scene drama). Keempat, karena character development yang dikembangkan selama cerita selalu menarik untuk diamati. Kelima, karena keseluruhan visual drama, mulai dari pengambilan gambar, efek grafis, latar, semuanya selalu on point. Budget besar dikeluarkan hanya untuk satu judul drama. Jadi ya memang tidak main-main pembuatannya.

Selain kelima alasan pribadiku tadi, yang terpenting adalah drakor rata-rata episodenya 16. Dengan durasi kira-kira 1 jam tiap episodenya, satu judul drama bisa mengisi kekosongan hari-harimu pas karantina. Cocok banget buat situasi sekarang 😛😛

Kelima drama yang akan kuceritain ini adalah rekomendasi pribadiku. Mungkin beda dari orang-orang karena aku lebih suka drama ringan slice of life gitu karena ceritanya tu lebih ngena dibandingkan cerita fantasi atau genre-genre kerajaan gitu.

1. Reply 1988



Reply 1988 ini judul ketiga dari reply series. Sebelumnya ada Reply 1997 dan Reply 1994. Sesuai judulnya 'Reply', drama ini bercerita tentang kehidupan di tahun tersebut. Mengulang kembali kenangan. Di tahun 1988 ini, Korea Selatan digambarkan tengah bersiap menyambut event besar yaitu Olimpiade ke-24.

Hobi ngumpul bareng di kamar Taek

Ceritanya berfokus pada lima keluarga yang tinggal di gang yang sama di Ssangmun-dong. Kelima keluarga ini punya anak yang seumuran, mereka adalah Sung Duk Seon, Kim Jung Han, Sung Sun Woo, Ryu Dong Ryeol dan Choi Taek. Kelima orang ini menjadi sahabat, namun seiring dengan waktu ada benih-benih cinta diantara mereka. Cerita tentang keluarga dan cinta pertama ini dikemas dengan ringan dan menarik.

Yang membuatku suka dengan drama ini mungkin karena humornya dan karena chemistry antar cast-nya bagus banget. Bukan cuma karakter anak-anak remajanya, tapi juga orang tua mereka. Plotnya juga bagus. Kemudian, yang paling menarik dari Reply series ini, penonton harus menebak-nebak siapa suami pemeran utama wanitanya. Jadi si Duk Seon ini menikah dengan siapa? Apakah orang itu adalah salah satu dari teman kecilnya?


2. Be Melodramatic



Jangan tertipu cover, ini bukan cerita yang se-girly itu XD. Percayalah aku juga sedikit menganggap remeh drama ini. Kalau nggak salah, waktu itu tayangnya bareng sama Strangers from Hell (ada Dong Wook) sama Love Alarm (So Hyun). Karena drama korea biasanya bias dengan cast aktor-aktrisnya, drama Be Melodramatic ini kurang dapat perhatian. Bahkan ketika tamat, hanya mencatatkan rating 1,8% saja (dengan total rating keseluruhan hanya 1,4%) 😭

Tapi jangan salah, drama ini kualitas ceritanya nggak main-main. Drama garapan Lee Byeon Heon sutradara film "Extreme Job" ini punya jalan cerita yang menarik dan nggak cheesy ala-ala drama komedi romantis lainnya. Cerita ini tentang 3 sahabat yang memasuki usia 30an mereka.

Eun Jung, Jin Joo dan Han Joo

Di episode pertama, cerita mereka bertiga diungkapkan. Apa yang membuat mereka bertiga akhirnya tinggal bersama, padahal ketiganya memiliki pekerjaan yang berbeda-beda. Eun Jung adalah sutradara film dokumenter, Jin Joo adalah asisten penulis naskah drama dan Han Joo bekerja di bagian marketing perusahaan produksi drama. Dari episode ke episode mengalir aja gitu ceritanya, tentang pekerjaan, hubungan mereka ke pasangan masing-masing, kesehatan mental.. pokoknya isu-isu yang berkaitan dengan proses pendewasaan diri.

Drama ini jadi favorit banyak orang karena ceritanya yang dekat dengan kehidupan nyata dan realistis. Banyak kutipan yang aku suka dari cerita ini (dan sepertinya memang ini kekuatan dramanya, karena di akhir tiap episode pas bagian credit mereka menayangkan beberapa kutipan). Misalnya, "aku suka drama romantis penuh cinta karena aku tidak akan mencintai siapapun dikehidupan nyata,", "kita harus lebih berhati-hati menolak tawaran diusia kita, kerutan ditubuh mengusir banyak peluang", "jangan sia-siakan waktumu bicara dengan orang yang tidak bisa kamu percayai".



3. Itaewon Class



Itaewon Class, drama korea tentang bisnis seorang anak muda yang punya mimpi besar. Drama ini punya popularitas yang cukup tinggi, bukan hanya di kalangan fans versi webtoonnya, tapi sampai ke internasional. Ceritanya tentang pemuda bernama Park Sae Ro-Yi yang ingin memiliki perusahaan nomor satu di Korea Selatan, mengalahkan perusahaan Jangga.

Awalnya ia hanya anak SMA biasa yang bercita-cita menjadi polisi. Tapi mimpinya kandas dihari pertamanya pindah sekolah.. ia memukul teman sekelasnya yang ternyata anak pemilik perusahaan Jangga. Bukan hanya dikeluarkan dari sekolah, Sae Ro-Yi juga akhirnya masuk penjara karena perbuatan keluarga konglomerat itu.



Ceritanya menarik karena dari sudut pandang penonton, cita-citanya si Sae Ro-yi ini benar-benar mustahil. Apalagi si Sae Ro-yi ini, bukannya langsung buka kedai, pas keluar penjara dia langsung daftar kerja jadi nelayan dulu. Pas ditanya sama temannya, dia bilang bakal buka kedai 8 tahun lagi. Di Itaewon, salah satu distrik paling hits di Seoul.

Bagaimana caranya biar dia bisa mengalahkan Jangga? Seru banget dah pokoknya.

4. Because This is My First Life



Bahasa indonesianya, karena ini hidup pertamaku. Satu lagi komedi romantis pasangan usia 30-an yang masuk dalam list ini. Drama tahun 2017 ini bercerita tentang kehidupan Yoon Ji-Ho yang berkerja sebagai asisten penulis naskah. Ia tinggal di Seoul bersama adik laki-lakinya, tapi karena pekerjaannya sebagai asisten penulis, dia biasanya tinggal bersama penulis naskah sampai drama tersebut selesai. Nah, pas dia pulang, ternyata adiknya sudah menikah dan memboyong istrinya untuk tinggal bersama. Tidak ingin jadi nyamuk dirumah, Ji Ho memutuskan untuk mencari kontrakan.

Karena sulit mencari tempat tinggal yang layak untuk perempuan, ia bertemu dengan Nam Se Hee yang juga sedang mencari teman satu rumah untuk menggantikan penyewa yang baru saja pergi. Takdir menyatukan mereka berdua dalam hubungan yang aneh... orang yang menyewakan kamar dan orang yang menyewa tapi dalam hubungan pernikahan.



Yup, mereka akhirnya menikah. Tapi awkward banget jadinya. Bukan hanya cerita Ji Ho dan Se Hee yang diceritakan di drakor ini, ada juga dua sahabat Ji Ho yang kisah cintanya unik. Khas drama komedi romantis, tapi realistis.

5. Hospital Playlist


Drama terakhir yang ingin kurekomendasikan adalah drama yang statusnya masih on going alias masih tayang. Sampai tulisan ini dibuat, baru keluar episode 7 haha. Drama ini bercerita tentang persahabatan 5 orang dokter spesialis dari berbagai bidang yang bekerja di Pusat Medis Yuljee. Meskipun settingnya di rumah sakit, ceritanya nggak melulu tentang penyakit-penyakit langka dan serius seperti drama korea dengan topik medis kebanyakan.

Drama ini memberikan sudut pandang lain dari para dokter. Bagaimana mereka bisa tetap bersahabat, padahal jadwal operasi padat? Bagaimana kehidupan sehari-hari mereka, apa saja yang mereka lakukan di waktu senggang? Bagaimana hubungan dokter pasien yang baik?

Tambah seru lagi karena mereka berlima ini ternyata punya kesepakatan, setiap minggu harus menyempatkan main band bareng. Main aja gitu di rumahnya Yeon Seok.




Ternyata mereka sudah pernah berlatih band dulu ketika masuk fakultas kedokteran, dan baru ketika Ahn Jung Won merekrut mereka berlima dalam satu proyek, mereka berlima bisa ngumpul bareng lagi dan rutin main band. Jadi tiap episode drama ini, penonton akan disuguhkan dengan satu lagu yang dimainkan geng dokter ini.

Aku takjub pas liat behind the scenenya, ternyata kelima aktor ini memang bisa main alat musik. Jadi bukan cuma akting main doang, jadi makin seru pas nontonnya. Favoritku ya pas mereka main lagu Canon in D versi band di episode 4.



Nah itu tadi 5 drama favoritku. Ada banyak drama lain yang bisa kurekomendasikan, tapi kalau favoritku pribadi ya 5 drama diatas. Ntar bikin lagi drama rekomendasi, tapi per-genre jadi bisa lebih luas lagi :D

Oh iya, kalau mau download drama-drama diatas, masih bisa dicari di website download drakor sebenarnya. Tapi kalau mau lebih gampang lagi, kuy download telegram trus cari > DML drama.

#Staysafe
#Dirumahaja

27 comments

  1. Aihhhh jinja baik kali mbak Fira. Ini kabar bahagia banget buatku yg lagi cari grup di telegram buat nonton drakor nih wkkwkwk

    Btw aku dulu pernah nonton Reply berapa ya lupa. Yg pemainnya Salahsatu girlband, mbak.

    Di List itu aku masih nonton itaewon class. Dan penasaran sama yg hospital playlist mbak hhehehee

    Btw TFS mbak Fira

    ReplyDelete
  2. Korea Selatan ini ga pernah kehabisan ide buat bikin drama atau serial keren ya. Aku cuma tahu Itaewon Class tapi pernah nonton drakor seriaal juga bagus banget penggarapan dan alurnya. Rapi dan bikin emosi penonton terbawa. Ada saja yang mereka angkat jadi film. Profesi apa aja bisa jadi bahan, kreatif banget, Makasih ya rekomendasiny!

    ReplyDelete
  3. Lho, aku ke mana aja nih, kenapa 5 drama korea ini aku malah nggak nonton ya. Itaewon Class itu katanya bagus ya, Kak? Aku tadinya mau coba nonton, eh malah keduluan World Marriage dan Lee Min Ho keluar, jadinya sekarang fokus di dua drama itu dulu

    ReplyDelete
  4. Kl sy suka no 1 n 3 deh, no 1 karena cerita masa lalu, no 3 cerita akan masa depan

    ReplyDelete
  5. ini adekku paling suka nonton drama Korea. Pasti langsung dicari nih hehehe.
    Satu hal yang kupahami, drama Korea nih idenya selalu segar dan aktris aktornya udah pasti cakep dan serinya ngga banyak kaya sinetron. jadi ngga bosan hehehe

    ReplyDelete
  6. Dari semuanya penasaran sama Because This is My First Life kayaknya seru nih drama Korea yang memang ringan dan romantis.

    ReplyDelete
  7. Huaaa racuun, aku harus mulai nonton yang mana nih mbak. Udah dari lama pengen coba nonton drakor, pas ketemu referensi ini dong

    ReplyDelete
  8. Aku ga nonton drakor mba, suka bingung sama nama-nama tokoh ya wkwkwk..engga ding tapi aku tu orangnya suka penasaranan dan ga sabaran nunggu lanjutannya. Nah kalau nonton yg ga bersambung malah takut ketagihan..xixixi

    ReplyDelete
  9. karena nuansa seperti ini ada virus aku akan pilih hospital playlist dulu deh, koleksi drama korea aku nambah lagi Hore

    ReplyDelete
  10. Ini yang dicari, soalnya masih pemula sebagai penonton drakor. Makasih banget referensinya, kak. Bisa jadi pilihan tontonan selama di rumah aja ini.

    ReplyDelete
  11. Saya tertarik dengan yang nomor 5, kisah tentang para dokter di rumah sakit. Mungkin, karena dulu pingin jadi dokter tapi gak kesampaian karena keburu sadar diri. Jadinya, nonton kisah dokter-dokter aja deh.

    ReplyDelete
  12. Di masa pandemi Covid-19 ini, nonton drama korea jadi pilihan yg asyik utk mengisi waktu luang

    ReplyDelete
  13. Saya nonton episode pertama Itaewon Class tapi kok pemeran perempuannya kurang cakep gitu ya, jadi saya malas ngelanjutin padahal kata orang bagus. Hahaha. Yaudah deh abis puasa saya nonton lagi.

    ReplyDelete
  14. Udah nonton yang Itaewon Class, Because this is my first life, dan Hospital playlist. Bagus-bagus semua. Dari dulu pengen nonton reply 1988 tapi ga pernah kesampaian karena mager hehe.

    ReplyDelete
  15. Udah lama banget nggak nonton drakor, sebenernya tertarik tapi waktu yang belum ada apalagi banyak episode hihi. Tp aku penasaran sama reply 1998, itaewon class dan hospital playlist sih :3 kangen ada waktu buat drakoran ahahaa

    ReplyDelete
  16. Asik nnih ga kehabisan ide judul drama korea ini, lanjut terus biar ga bosen stay at home yah

    ReplyDelete
  17. Wah semua judul Drakornya aku gak tau. Aku biasanya nonton Drakor kalau pas disetel sama istriku. Jadi aku cuma ikut nonton saja. Btw, cerita film Korea ternyata bagus-bagus ya dan ceritanya banyak bercerita tentang kehidupan sehari-hari

    ReplyDelete
  18. BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE FAVORIT AKU BANGETTT. Ini udah nonton ulang yg ke3 kalinya dong. Seseru ituuu! Mau coba cek yang be melodramatic juga ahhh.

    ReplyDelete
  19. Klo aq sekarang lagi nonton hospital playlist dan the king eternal monarch...

    Tapi juga akan berencana nonton itaewon class , hehe

    ReplyDelete
  20. Seru nich. . Secara kan saat ini memang harus beraktivitas dirumah... memang sich belum sempat nonton film2 korea..mungkin ini saatnya berkenalan dengan mereka semua ya

    ReplyDelete
  21. Pengin nonton Itaewon Class yang katanya bagus banget. Sampai-sampai, temenku, laki-laki yang kayaknya nggak banget buat nge-drakor, luluh juga dan nonton plus review di IG-nya. OMG, sampek terkaget-kaget akutuh, hehehe.

    ReplyDelete
  22. Drama2 hits ini. Bahkan aku yg blm nonton ke-5 nya udah sering denger judul2nya terutama yg Itaewon Class, Hospitallity, dan Reply 1988.

    ReplyDelete
  23. Untuk saat ini yang paling pengen saya nonton sih Drama Itaewon Class sama Reply 1998. Tapi ya belum ada waktu, asik digebukin sama tugas online melulu :(

    ReplyDelete
  24. Drama korea ini jadi andalan banget, tp entah kenapa aku blm dapet feel nya buat nonton Itaewon Class

    ReplyDelete
  25. SEru juga ini rekomen 5 drakornya, semoga sempet nonton. Soalnya terkadang ndak ada kesempatan nonton, hehe, disibukkan dengan hal lain, eaa

    ReplyDelete
  26. Minggu lalu aq cba nton hospital pkaylist nton 1-4 eps rasanya sdkt membosankan entah knp, tp suka sih pemeran utamanya. Oiya yg lain blm pnh sama skli kunonton, msuk play list nih

    ReplyDelete
  27. Dari semua daftar drama Korea, pilihanku karena lebih nyaman pakai aplikasi Viu malah belakangan jadi berakhir di Hotel Del Luna dong. Hihihi. Kalau Itaewon Class sudah masuk list nonton tapi belum sempat. Aku nggak sanggup nonton langsung dua drama dalam satu sesi waktu.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.