Ini P2P Lending yang Aman dan Menguntungkan




Generasi milenial bisa dibilang adalah generasi yang paling diberkahi. Mereka lahir dan tumbuh diantara pesatnya arus informasi. Berita dari belahan dunia lain dapat dengan mudah tersebar, sehingga memungkinkan milenial membaca situasi dan bergerak lebih cepat dibandingkan generasi sebelum-sebelumnya.

Dalam dekade ini, banyak milenial yang mulai mencari peluang investasi untuk mengembangkan potensi finansialnya. Kalau di zaman dahulu orang harus menempuh jalan berdagang dan melakukan pekerjaan kasar untuk mendapatkan profit, milenial hanya perlu memilih produk investasi yang sudah terdaftar di layar ponsel masing-masing.

3 Langkah Mencari Produk Investasi Yang Cocok Untuk Milenial

Sejak akhir 2019 lalu, aku sudah mulai mencari-cari produk investasi. Yah meskipun belum punya pekerjaan tetap, aku punya beberapa pekerjaan sampingan yang bisa kuarahkan untuk investasi.

Meskipun tidak tahu banyak, aku punya beberapa batas yang jelas dalam memilih.

1. Pastikan Produk Investasi yang Diminati Berizin dan Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pertama, harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Ini syarat mutlak karena aku tidak mau mempercayai perusahaan abal-abal untuk memegang data dan uangku.  Amit-amit deh kalau sampai dataku disebar luas dan digunakan orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Gunakan Search Engine Untuk Mencari Review

Kedua, nama perusahaannya bersih. Mesti di cross-check dulu, minimal ke google  mengenai nama dan review perusahaan yang akan aku percayai untuk investasi. Caranya milenial banget kan ya hehe. Pencarian berkaitan dengan keyword ini penting untuk memastikan kita tidak jatuh di lubang yang sama. Lebih bagus lagi kalau ada banyak review positif mengenai perusahaan tersebut.

3. Pilih Produk Investasi yang Punya Website dan Aplikasi Terurus

Terakhir, perusahaan yang kupilih harus banget punya website dan aplikasi yang jelas. Ini syarat yang jelas harus diajukan setiap milenial dalam memilih produk investasi. Zaman sekarang lho, nggak mungkin satu perusahaan nggak punya tim pengembangan yang terintegrasi dengan IT. Aplikasi dan website yang baik memudahkan penggunanya dalam mengontrol dan memahami produknya.

Bagiku, menerima keuntungan adalah hal kesekian, karena namanya juga mencoba. Main dulu, lihat situasi, lalu cari cara untuk menang lewat pengalaman. Apalagi yang namanya investasi, ada untung ada rugi, harus punya basic buat mencari peluang.

AKSELERAN Produk Investasi Pendanaan Milenial

Ketiga kategori yang kusebutkan barusan ada dalam Akseleran, sebuah perusahaan Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan menguntungkan.




PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia sudah resmi mengantongi izin final usaha dari OJK dengan bukti surat keputusan KEP-122/D.05/2019 pada 13 Desember 2019. Merupakan industri financial technology alias Fintech yang berfokus pada bidang pembiayaan produktif bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Maksudnya pembiayaan perusahaan di sini jadi Akseleran itu sebagai wadah P2P Lending alias pinjaman dari masyarakat atau institusi untuk para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UK) maupun perorangan yang memiliki usaha minimal selama satu tahun.


Ngerti kan ya? Jadi istilahnya mempermudah orang yang ingin memberikan pinjaman (lender), dan juga orang yang ingin meminjam uang (borrower) untuk usahanya.

Sudah tahu nih kalau produk investasi pendanaan ini prosedurnya mengenai pinjaman. Pastilah muncul pemikiran yang tidak-tidak karena sebelumnya banyak perusahaan yang bermasalah dalam hal ini. Gagal bayarlah, ditipu lah, dan lain-lain. Sesuai dengan kataku tadi, kalau ragu, coba cari kata kuncinya! Ternyata nihil. Perusahaan yang sudah menyalurkan pinjaman sejak 20017 ke ribuan UKM ini rupanya memiliki sistem yang bagus sehingga tidak terjadi ketidakpuasan masyarakat di jejak digitalnya.

Selain dari website www.akseleran.co.id, masyarakat juga dapat mengakses Akseleran melalui Aplikasi Mobile di Google Play Store untuk perangkat Android maupun dari Apple App Store untuk perangkat iOS. Sebagai layanan P2P Lending, Akseleran merupakan platform marketplace yang mempertemukan para pelaku usaha sebagai peminjam yang membutuhkan tambahan modal usaha dengan para pemberi dana atau pendana.

Sambil cari-cari info, aku lumayan takjub juga dengan website akseleran yang menarik di mata dan mudah dibaca. Juga versi mobilenya yang tersedia di Google Play Store (Android) maupun dari Apple App Store (iOS). Semuanya lengkap mulai dari pendaftaran, produk yang dapat dipilih (jika kita memulai sebagai peminjam), jalur layanan pengguna yang gampang dihubungi, mailing list yang bermanfaat dan skema keuntungan yang jelas. Tanggal berapa akan dibayar dan berapa yang akan didapat.

Lebih jelas daripada saham yang harganya bisa naik atau turun tergantung pasar. Kalau di jasa ini, sistematika bagi hasilnya dijelaskan dengan lengkap (meskipun saya belum pernah pay out, melihat skema yang diperlihatkan membuat saya jadi sedikit tenang).

Milenial Jadi Lender? Kenapa Tidak?

Anggapan kalau milenial itu tidak bisa menjadi pemberi pinjaman itu salah. Zaman sekarang jangan mau jadi yang meminjam, jadilah pemberi pinjaman. Apalagi dengan adanya fasilitas Akseleran yang memudahkan masyarakat untuk menjadi pemberi pinjaman. Mulai dari uang Rp100 ribu sudah bisa berpartisipasi dalam pergerakan roda UKM.

Prosedur pendaftarannya gampang, cukup data pribadi dan tanda tangan (Akseleran bekerja sama dengan PrivyID untuk menyimpan tanda tangan digital). Jangan lupa masukkan kode referral saya yaitu : AKSLMARGHFIRA328620 untuk mendapatkan dana Rp100 ribu untuk tambahan memulai investasi pendanaan. Setelah itu, ya verifikasi data. Mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang benar kan ya. Lalu voila! Sudah bisa mulai invest dong!
Imbal hasil yang ditawarkan Akseleran bagi para pemberi pinjaman lumayan menggiurkan, yaitu hingga 21% per tahun. Hal ini dapat diraih dengan memberikan pinjaman ke perusahaan yang sudah terpercaya yak, jadi jangan lupa untuk cross-check juga profil perusahaan yang terdaftar di Akseleran saat memilih perusahaan mana yang akan dipilih untuk diberi pinjaman.

Yang masih bingung, bisa ikutin step by step ini yak!






Akhir kata, aku cuma mau mengingatkan ke milenial di luar sana. Jangan lupa pikirkan masa depan, jangan hobi nongkrong dan ngopi saja. Kita perlu melek investasi atau mengembangkan dana, apalagi dengan kemajuan arus informasi seperti sekarang.

Akseleran bisa jadi salah satu pilihan produk investasi pendanaan milenial. Selain karena sistemnya yang memudahkan orang-orang meminjam dan memberi pinjaman, juga karena nilai imbal hasilnya yang lumayan. Skema pelaporan juga jelas jadi nggak bakal digantung-gantung (seperti kamu yang digantungin statusnya sama gebetan, hehehe).

36 comments

  1. sekarang mau berinvestasi lebih mudah ya & gak harus mengeluarkan dana yang berjuta-juta juga bisa lewat peer to peer lending Akseleran. yang juga dijamin oleh OJK. Kalau hobi nongkrong di rumah gpp ya, sambil berinvestasi hehehe

    ReplyDelete
  2. benar banget kita harus pastikan instrumen infestasi yang akan kita pilih sudah berizin di OJK, pahami juga review dari nasabah sebelumnya agar tidak terjebak

    ReplyDelete
  3. Investasi melalui Akseleren ternyata modal awalnya sangat terjangkau ya.
    Sistemnya P2P dan sudah diawasi OJK juga.
    Makasih banget infonya, harus ambil bagian ini.

    ReplyDelete
  4. aku juga udah coba nih Fir, pake Akseleran. Baru sebulan udah keliatan perkembangan investasi kita. Meski aku baru mulai invest kecil-kecilan hehehe, masih coba-coba soalnya.

    ReplyDelete
  5. wahhh baru belajar juga tentang investasii.. emang rada2 sensitip kalo masalah finansial si yaa.. wkwk

    ReplyDelete
  6. Nah, ini pentingnya terdaftar di OJK biar ga amsiong. Apalagi sampai melibatkan debt collector nanti, kan serem banget tuh. Bisa jadi solusi investasi banget yak di era digital sekarang!

    ReplyDelete
  7. Besaran investasinya sangat terjangkau ya..
    Semua bisa punya investasi, begitu juga dgn milenial..
    Thx to Akaeleran

    ReplyDelete
  8. Senang banget kalau bisa investasi dengan akseleran dengan modal 100 ribuan sudah bisa berinvestasi dengan nyaman dan aman.

    ReplyDelete
  9. Selain investasi yang terjangkau dan terpercaya karena diawasi OJK, akseleran juga menawarkan persentase keuntungan yang besar juga ya pertahunnya untuk pemberi pinjaman. Wow

    ReplyDelete
  10. Aku juga sedang belajar p2p lending di akseleran ini dan memang detail sekali jadi sangat aman untuk belajar pemula. Bisa baca2 referensinya di blog juga, serba transparan pula

    ReplyDelete
  11. Menjanjikan bnget ini kak. Yg pentingvterjamin n sudah legal serta tanggung jawap jg. Dizaman sekarang emang sudah harus selalu update dengan investi seperti jni. Apalagi kalau mudah n anti ribet

    ReplyDelete
  12. Wah benar nih tiga hal ini penting banget sebelum kita menentukan lending yang aman dan menguntungkan bagi kita. Dewi biasanya melihat review dan memastikan terdaftar di OJK, tips yang ketiga oke banget nih, makasih ya kak....

    ReplyDelete
  13. Aku mulai tertarik nih sama investasi. Pengen bener2 tau ttg cara2nya. Akseleran bisa bantu kayaknya yg masih banyak nanya kayak aku:D

    ReplyDelete
  14. Model-model bisnis seperti akseleran ini justru sangat cocok dengan perkembangan zaman serta generasi milenial karena tidak terpaku tempat dan tidak butuh modal besar.

    ReplyDelete
  15. Jika kelebihan dana bisa jadi peminjam dana ya dengan jaminan dana bisa kembali dan ada lebihannya, cara investasi yang cukup menggiurkan, dengan ada websitenya lebih transparan juga ya sistemnya

    ReplyDelete
  16. Saya pribadi pengin punya bisnis sendiri, dan banyak juga aspek yang harus dipelajari agar tidak salah mengambil keputusan. Salah satu nya saya dapat belajar dari artikel blog ini.

    ReplyDelete
  17. noted banget nih buat aku yg lagi cari-cari investasi apa, karena ingin juga coba-coba tapi ga mau asal coba-coba hihi. Dan buat 3 hal diatas tadi, memang benar harus diawasi OJK, review pencarian d Google, dan website yg profesional ya

    ReplyDelete
  18. Kini saatnya generasi milenial melek literasi keuangan ya, saatnya berinvestasi.
    Kini ada akseleran yang mendukung kemudahan berinvestasi

    ReplyDelete
  19. Besaran investasinya memang cocok banget untuk pemula, jadi gak was-was ya, karena senilai arisan bulanan aja. Aku pun pengin banget nyobain invetasi di P2P landing ini. Kalau melihat penjelasan dari blog temen-temen sih kayaknya emang aman dan paling penting ringan.

    ReplyDelete
  20. Sistem yang memudahkan ini yang banyak dicari orang ya Kak
    aku juga demikian,penting baanget. Makasih sudah share soal akseleran kak, aku juga baru tahu nih

    ReplyDelete
  21. Yang muda seperti dokter fira ini cocok banget memang gabung di akseleran ini.

    ReplyDelete
  22. Dulu kupikir invest itu harus jutaan, ternyata dengan Akseleran punya uang 100rb aja bisa mulai invest yaa..

    ReplyDelete
  23. Mulai investasi sejak dini, dengan begitu kita akan mendapatkan keuntungan terbaik di masa mendatang. Nggak ada salahnya untuk investasi mulai dari sekarang, bukan?

    ReplyDelete
  24. jadi tertarik sama akseleran nih, minimal dana investasinya juga gak gede banget, buat ibu rumah tangga kaya saya cocok juga nih, sisa hemat belanja bisa diinvestasiin disini :)

    ReplyDelete
  25. Aku jg mulai tertarik nih sama investasi, tapi nyari2 yg aman yg mana,
    Thanks untuk info akselerennya ya

    ReplyDelete
  26. Saya belum pernah invest sih yg berhubungan dgn pendanaan seperti ini. Tapi klo baca Akseleran semudah ini daftar & cara investasinya mungkin harus dipertimbangkan ya. Risikonya kecil & modal yg dibutuhkan juga gak terlalu besar dibanding investasi lainnya.

    ReplyDelete
  27. saya pakai ini akseleran, memang mudah si

    ReplyDelete
  28. Sudah terdaftar di OJK itu yang terpenting, investasinya pun gak gede ya

    ReplyDelete
  29. Sekarang investasi gak harus mahal ya kak... hanya butuh pinter-pinternya kita aja milih jenis investasinya, semoga menguntungkan :)

    ReplyDelete
  30. Ternyata investasi bisa dari yang kecil ya kak,cocok banget nih buat saya yang mau belajar investasi. Sering2 bagi informasi ttg investasi ya kakkk

    ReplyDelete
  31. Sekarang kalau mau investasi udah mudah, cepat mana bisa murah lagi ya mbak. Dan yang paling penting, terpercaya

    ReplyDelete
  32. Mau berinvetasi semakin dimudahkan ya kak, dan asiknya lagi gak perlu nyiapin modal berjuta²....

    ReplyDelete
  33. Zaman now berinvetasi bisa dari mana saja,malah gak perlu modal banyak, udah busa berinvetasi. Keren ....

    ReplyDelete
  34. untuk sebuah dana darurat, investasi memang bisa menjadi pilihan yang tepat kalau menurutku. Pastinya suatu saat akan sangat membantu

    ReplyDelete
  35. Akseleran ini pas banget untuk investasi di masa pandemi korona ini ya Mba... kita bisa tetap invest meski sedang ada di rumah :)

    ReplyDelete
  36. Sekarang mau berinvestasi udah lebih mudah dan praktis ya. Bisa terfasilitasi dg contohnya Akseleran ini. Lumayan mulai 100rb rupiah aja udah bisa investasi. Dapetnya 21% lumayan juga ya...

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.