Ketahui 3 Gejala Infeksi Virus Corona


Akhir-akhir ini, penyebaran virus corona alias COVID-19 mulai meresahkan masyarakat. Peningkatan jumlah kasus membuat orang-orang mulai menyadari bahaya virus ini. Menakjubkan jika membayangkan satu rantai tunggal RNA dapat mengguncang dunia.

Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, pemerintah menghimbau untuk tetap didalam rumah. Paling tidak, sampai kondisi dinyatakan aman. Virus ini pola penyebarannya aerosol, menempel di permukaan benda-benda. Karena bentuknya kecil sekali, kita tidak pernah tahu bagian mana yang ada virusnya. Karena itu, berdiam diri dirumah dan menghindari tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang dapat membantu memutus mata rantai penyebaran wabah ini.



Ilustrasi morfologi virus corona, dapat diamati lewat mikroskop elektron


Meskipun tingkat fatalitas virus ini lebih rendah (6,0%) daripada wabah MERS (37%) dan SARS (9,2) beberapa tahun lalu, penyebaran virus ini amat luas hingga menyebabkan pandemi global (Sumber : John Hopkins CSSE). Infeksi virus corona dapat mematikan karena menyerang saluran pernafasan. Orang-orang yang sudah terinfeksi dapat mengalami sesak hingga gagal nafas. Karena itu, orang yang terinfeksi dengan gejala berat harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.


3 Gejala Infeksi Virus Corona

  1. Demam dengan suhu diatas 38 derajat celcius
  2. Batuk kering
  3. Sesak nafas

Tiga gejala ini biasanya disertai dengan beberapa gejala lain seperti sakit tenggorokan, pilek, sakit kepala dan nyeri otot. Gejala biasanya muncul dalam waktu 2 hari-2 minggu (masa inkubasi). Karena itulah, orang yang terinfeksi harus mengisolasi diri supaya tidak menularkan ke orang lain.




Jika mengalami ketiga gejala tersebut, jangan panik. Pertama-tama, mulai isolasi diri anda dari keluarga. Caranya yaitu dengan pindah ke kamar terpisah, lalu barang-barang terutama alat makan dipisah. Kemudian, kontak puskesmas/praktik dokter yang menjadi fasilitas kesehatan pertama anda. Hubungi dulu untuk berkonsultasi mengenai gejala anda. Jika tidak dapat menghubungi fasilitas kesehatan pertama, maka dapat menelpon layanan tanggap darurat COVID-19 di daerah anda.

Anda dapat juga cek virus corona secara online melalui website klikdokter.

Anda mungkin akan diminta datang dan melakukan pemeriksaan. Sebelum dinyatakan positif terinfeksi, ada pemeriksaan swab tenggorok. Hasil swab diperiksa di laboratorium dengan alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Orang-orang positif dengan gejala berat, ada kemungkinan memerlukan perawatan intensif untuk dilakukan monitoring dan pemberian terapi. Monitoring dan terapi tersebut meliputi isolasi, implementasi PPL, serial foto toraks, suplementasi oksigen, antimikroba empiris, terapi siplomatik, terapi cairan, ventilasi mekanis, penggunaan vasopressor, observasi, serta pemilahan terapi penyakit penyerta. Orang-orang positif dengan gejala ringan mungkin akan diminta tinggal di ruang isolasi untuk dilakukan pemantauan.

Jika anda merasa pernah kontak/terpapar dengan pasien positif corona namun belum mengalami gejala apapun, ada baiknya anda mengisolasi diri mandiri selama 2 minggu untuk memastikan diri anda benar-benar aman dari virus corona. Selain itu, pastikan anda mengatur pola makan yang sehat dan berolahraga ringan selama dalam isolasi agar kondisi tubuh tetap fit.

Saat ini, para ahli kesehatan masih berusaha menemukan vaksin serta cara penanganan yang efektif untuk menghadapi virus ini. Telah dilakukan beberapa uji di beberapa negara. Untuk memastikan keamanan vaksin, bahan tersebut harus melewati beberapa uji klinis hingga puncaknya dilakukan human trial untuk memastikan bahwa vaksin tersebut aman.

Pengobatan untuk COVID-19 juga sampai sekarang masih belum ditemukan. Karena basis penyakit ini adalah virus, sebenarnya lawannya adalah imunitas tubuh. Karena itu, ada orang-orang yang dapat sembuh sendiri setelah mengalami gejala. Di Indonesia, sekitar 220an pasien sembuh dari COVID-19 per 10 April ini. Namun untuk orang-orang dengan gejala berat, memerlukan terapi gejala yang lebih intensif supaya tubuhnya lebih kuat untuk melawan virus ini.

36 comments

  1. Mampir fir. lah lamo dak kesiko.

    ReplyDelete
  2. Aku tuh suka bingung dengan pengertian batuk kering, asal batuk-batuk aja masuknya kategori apa ya? Sekarang jadi agak parno kalo batuk dikit udah ketakutan

    ReplyDelete
  3. Covid-19 ini memang membuat kehidupan berubah ya, jadi ngga bebas mau melakukan apa saja. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir

    ReplyDelete
  4. Meskipun setiap hari ada kasus baru dan kadang juga ada gejala baru, atau bahkan ada kasus orang tanpa gejala tapi positive, hal yang dasar seperti ini memang harus paham

    ReplyDelete
  5. Sedih banget sih, sekarang udah mulai bermunculan kasus tanpa gejala. Kayaknya dalam beberapa bulan ini virusnya udah mulai bermutasi sampe gejalanya udah ada yang ga khas lagi.

    ReplyDelete
  6. Tulisannya detil, kusuka. Terutama untuk langkah bagi yang merasa mengalami gejala tertentu. Jangan langsung ke rumah sakit ya, karena ada baiknya konsul dulu sama isolasi mandiri. Biar ngga parah dan pastinya di rumah sakit udah pada repot nanganin pasien yang urgent

    ReplyDelete
  7. Penting banget info ini diketahui banyak orang agar orang" bisa aware dengan gejala covid-19 ini. Thanks sharingnya fir

    ReplyDelete
  8. Dibutuhkan sistem imun yang kuat untuk bisa menghalau virus ini, ya, mba? Semoga kita semua dikuatkan sehingga tak terjangkiti oleh virus ini dan semoga wabah ini segera berakhir.

    ReplyDelete
  9. Harus aware dengan gejalanya ya. Biar bisa waspada. Betul banget, menjaga imun tubuh sangat penting. Selain dengan menjaga asupan gizi, membatasi info dari sumber yang belum tentu kebenarannya juga penting

    ReplyDelete
  10. Intinya kudu isolasi mandiri ya plus jaga asupan makanan yang bergizi. Semoga wabah cepat pergi ya, ekonomi bisa pulih lagi.

    ReplyDelete
  11. Setidaknya tahu lah gejala dari virus yang sedang naik daun ini. Supaya lebih berjaga jaga saat berkomunikasi dengan orang lain, menjaga kesehatan tubuh dan juga imunitasnya. Syukur2 bisa terhindar dari paparan virus corona ini
    Amiinn

    ReplyDelete
  12. hal yang cukup melegakan dari corona adalah bisa dilawan degan imunitas tubuh. Jadi tiap orang bisa sembuh sendiri jika terjangkit. Meski begitu, semoga vaksinnya segera ada ya.. dan Pandemi ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  13. Noted mba untuk gelasnya, memang kita harus bisa waspada. Berarti untuk penyembuhan dari virus corona ini dibutuhkan imunitas yang kuat ya

    ReplyDelete
  14. Gejala batuk kering dan sesak nafas yang memang selalu terjadi untuk melihat gejala terinfeksi covid 19 ini dan semoga pandemi ini segera berlalu.

    ReplyDelete
  15. Semoga para ahli bisa segera menemukan vaksin untuk virus korona ini ya, dan vaksinnya bisa diproduksi massal. Ngeri lihat penyebarannya.

    ReplyDelete
  16. Adis kemarin batuk kering juga. Sempat nangis dia takut Corona. Gak ada demam sih. Terus minum obat yang biasa dia konsumsi eh gak sembuh. Akhirnya ke dokter dan Alhamdulillah bukan Corona. Hehehe

    ReplyDelete
  17. Harus waspada banget saat sekarang ini yah dengan situasi seperti begini. Infeksi virus corona memang harus dipahami banget pastinya kan tapi kadang masih suka sulit bedainnya yah. Batuk kering ini sering juga terjadi dan kadang gak sadar jika itu bagian dari gejala korona. Mending langsung cek aja ya kan biar lebih tau.

    ReplyDelete
  18. Ah senangnya saat ada informasi benar yang bisa mencerahkan seperti ini. Sedini mungkin kita tahu apa yang menjadi gejala maka cepat pula kita mengambil tindakan.
    Virus ini memang berbahaya dan tidak bisa diremehkan. HArus segera diambil tindakan supaya tidak menyebar

    ReplyDelete
  19. memang yg pertama dilakukan ketika muncul gejala adalah untuk tidak panik ya kak, aku sendiri punya pengalaman menjadi suspect karena suami habis interaksi langsung dengan orang yg habis d lakukan rapid test hasilnya positif

    ReplyDelete
  20. Gejala Corona ini beda2 tipis yah sama flu biasa kecuali sesak, ini yg paling bisa bedain dgn flu lainnya

    ReplyDelete
  21. konon katanya vaksinnya sudah ada ya? tapi masih mencari yang bersedia untuk mencoba pembuktian vaksin tersebut ya? Semoga saja secepatnya bisa ditangani, si Covid pergi dari Bumi tercinta kita ini.

    ReplyDelete
  22. Mengenali gejala virus covid-19 itu, memudahkan kita untuk diteksi dini apakah kita butuh perawatan lanjutan atau tidak. Semoga kita semua terhindar dari virus ini ya, mbak..

    ReplyDelete
  23. Hari-hari saya minum imboost dan diselingi vitamin C. Alhamdulillah dapat gratis terus dibawakan suami dari kantornya.

    ReplyDelete
  24. Gejala2 ini kadang bikin parno ya kak. Semoga aja semuanya sehat2 dijauhkan dari covid dan segala virus. Kalau sakit segera berobat dan isolasi diri aja deh mendingan yak

    ReplyDelete
  25. batuk, demam, sesak napas. paling nggak itu yag harus diwaspadai, ya? memang belum tentu terkena virusnya tapi waspada lebih utama, daripada abai dan nanti merembet ke mana-mana. thanks infonya kak

    ReplyDelete
  26. Dalam kondisi seperti sekarang ini, mengetahui e gejala infeksi virus corona itu penting sekali ya. Untuk berjaga-jaga

    ReplyDelete
  27. Semoga kita sabar dengan ujian ini ya mbak.. semakin mencintai kebersihan dan tentunya lebih dekat dengan keluarga..

    ReplyDelete
  28. Kenali tanda dan gejala itu emang paling pengting untuk saat ini, gak mentang-mentang batuk langsung ke RS dan minta di Test.

    ReplyDelete
  29. Sekarang kalo mau ke tempat sesuatu harus di cek suhu agar tidak membuat kehebohan dan suhu harus di bawah 38 derajat

    ReplyDelete
  30. Tiga hal ini yang membedakan dengan flu biasanya kak, harus benar2 disadari betul jangan sampai mengabaikan. Semoga terhindar yah kita semua :)

    ReplyDelete
  31. Terima kasih mbak penjelasannya. Sekarang jadi tahu gejala-gejala infeksi virus corona itu seperti apa. Tapi zaman sekarang udah agak susah ya, batuk dan bersin dikit udah langsung dikira corona :"D ya gak salah juga sih kalau untuk waspada.

    ReplyDelete
  32. Tadi jam 4 sore denger berita di tv penjelasan langsung dari dokternya tentang tiga gejala itu. Yang penting tetep jaga diri dan tingkatkan imun juga ya dan jangan lupa senyum

    ReplyDelete
  33. semoga pandemi ini segera cepat berakhir agar kita semua dapat beraktivitas dengan normal

    ReplyDelete
  34. Tapi ada juga yg gak ada gejala saat terjangkit virus ya. Positif corona tapi gak terlihat tanda2 lagi sakit. Ini yg dikhawatirkan.
    Udah bener kita stay home, biar penyebarannya gak semakin luas.

    ReplyDelete
  35. Penting banget ini kita tahu gejala infeksi virus corona biar nggak gampang panik, tapi aku tuh masih bingung batuk kering seperti apa yang dinyatakan covid, soalnya batuk sedikit jadi suka parno gitu

    ReplyDelete
  36. Sedih banget deh, baca berita kalo yang positif covid tanggal 21 Mei kemarin di Indonesia mencapai hampir seribu orang huhuhu. Tetap jaga kesehatan agar sistem imun kita tetap kuat, ya. Stay at home, stay safe.

    ReplyDelete

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.