Coba Aplikasi SehatQ | Akses Gampang Ke Informasi Kesehatan Terpercaya


Sebagai mahasiswi kesehatan, aku sedih banget liat banyak orang yang bikin teori konspirasi tentang COVID-19. Kadang hanya sekedar komentar dibawah postingan berita, tapi ada juga yang sampai bikin postingan khusus cuma untuk memperkuat khayalan mereka tentang "rencana elit global".

Plis deh, kalau ini nggak nyata, anak-anak koas kayak kami nggak bakal diliburkan dan bakal tetap lanjut aja pendidikan di rumah sakit. Tolong dong yah cari informasi jangan dari pesan whatsapp atau facebook. Ga ada valid-validnya sama sekali!

Di kedokteran, kami belajar tentang cara pengambilan sumber untuk acuan belajar. Jurnal yang mau dijadikan acuan harus merupakan yang terbaru (5 tahun terakhir) dan harus dipublikasikan dalam direktori jurnal kredibel (yang tentu saja sudah direview banyak komite sebelum akhirnya dapat dipublikasikan). Maksudnya tuh, jangan sampai salah acuan belajar dan jangan ketinggalan update.

Eeeeh udah bagus-bagus dipublikasikan jurnal terbaru, orang-orang malah lebih percaya dengan hoax. Sedih nggak tuh.

Memang, kalau baca sendiri publikasi di penyedia jurnal kedokteran seperti Pubmed, Elsevier dll, bahasanya mungkin ketinggian buat awam. Tapi bukan berarti tidak ada yang menuliskan tentang informasi itu di Indonesia ini. Platform SehatQ.com misalnya. Ada section khusus tentang info terkini perkembangan COVID-19



SehatQ ini adalah salah satu platform info kesehatan yang bisa kamu percaya dalam mencari informasi. Pertama, meskipun penulisnya bukan orang medis (content writer) tapi beritanya ditinjau oleh dokter



Kedua, karena punya bagian refrensi yang bisa dibuka. Well, pas aku cek refrensinya itu dari berita lain dari portal berbahasa inggris, tapi di laman yang dirujuk, ada refrensi lagi ke rujukan yang benar (guideline, jurnal).

Selain menyediakan informasi kesehatan yang terpercaya sekaligus gampang dipahami buat orang awam, platform ini juga menyediakan beberapa layanan lain. Seperti live chat dengan dokter sehingga dapat berkonsultasi pribadi, tanpa perlu mengantri. Apalagi di zaman pandemi ini kan, mau pergi ke dokter langsung susah.

SehatQ ini bisa diakses juga lewat handphone/tablet. Tidak perlu lewat browser, tapi langsung download aplikasi SehatQ di playstore gitu. Gampang banget kan!



Tampilannya menarik dan rapi. Flat design dipadu dengan warna-warna minimalis memberikan kesan santai dan tidak membosankan. Padahal aplikasi kesehatan kan ya, jauh dari kesan serius dan kaku.

Bagian paling menarik selain fitur live chat dengan dokter menurutku adalah fitur booking dokter. Jadi pas di klik langsung tampil fasilitas kesehatan terdekat, dan sudah ada dong data tentang faskes di Bengkulu! Nama-nama dokter yang prakter juga ada dan bisa di booking. Meskipun begitu aku belum coba booking sih, jadi mungkin teman-teman yang sudah pernah bisa bagi pengalamannya booking dari SehatQ?

Menu lainnya yang bisa teman-teman kepoin adalah tab toko. Jadi dari aplikasi ini bisa beli obat atau perlengkapan lainnya. Di SehatQ ini juga jadi toko official beberapa merk terkenal di industri kesehatan seperti Kalbe, Omron, Kao, Pigeon, Cetaphil, dan lainnya. Jadi pasti ori lah ya. Produknya bisa diantar langsung kerumah, jadi sistemnya kayak belanja ke apotek/minimarket, tapi online. Lumayan kan ga harus keluar rumah.

Jangan lupa cek bagian Promo untuk tahu penawaran terbaik dari SehatQ! 

Sebelum kututup, buat pembaca blog ini plis-plis-plis banget jangan sebar hoax masalah kesehatan. Karena bahaya. Kalau orang-orang udah nggak percaya, bisa-bisa mereka abai dengan anjuran kesehatan yang sudah disusun untuk kebaikan mereka sendiri. Kita harusnya menghadapi COVID-19 ini bersama, saling bantu membantu menjaga supaya tidak banyak korban jiwa berjatuhan.

Semoga sehat selalu 😃

No comments

Hi! Terima kasih sudah membaca postinganku dan sampai ke bagian ini! Silahkan tinggalkan pemikiranmu tentang postingan ini di kolom komentar dibawah. Have a nice day :)

Penulis. Powered by Blogger.